Choliq, Abdul (2011) Penerapan metode Halaqah dalam kegiatan pembelajaran di pesantren: Studi kasus di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan pesantren memiliki keunikan dibanding pendidikan di luar pesantren. Salah satu keunikan tersebut adalah terdapat dalam sistem pembelajarannya yang dikenal sejak zaman klasik yaitu metode halaqah. Secara sederhana, halaqah dapat diartikan sebagai sebuah majelis yang membentuk lingkaran dan di dalamnya dibahas disiplin ilmu tertentu. Namun ternyata makna halaqah semakin berkembang seiring dengan berkembangnya SDM dan tuntutan zaman yang kian menampakkan daya saing di tengah-tengah kemajuan informasi dan komunikasi.
Di samping itu, pembelajaran dalam forum halaqah agaknya dinilai oleh sebagian orang terkesan kuno dan ketinggalan zaman. Padahal bila dilihat dari sisi materi apa saja yang disampaikan, siapa saja peserta yang ikut dan pendamping dalam mengarahkan jalannya kegiatan halaqah, maka akan ditemukan sesuatu yang berbeda, terlebih lagi apabila komponen di dalamnya merupakan mahasiswa sedangkan tutornya adalah orang yang pernah mencicipi dunia akademik hingga mendapat gelar paling tinggi yaitu professor doktor. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Penerapan Metode Halaqah dalam Kegiatan Pembelajaran di Pesantren (Studi Kasus di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang).
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran secara umum tentang penerapan metode halaqah yang di dalamnya dibahas berbagai disiplin ilmu pengetahuan, baik ilmu agama maupun ilmu umum bahkan eksakta. Selain itu juga untuk mengetahui efektivitas pembelajaran halaqah yang dihubungkan dengan teori belajar sehingga bisa dinilai efektif atau tidak.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasannya metode halaqah yang penulis tawarkan dalam pembahasan skripsi ini adalah salah satu usaha pesantren dalam membantu mewujudkan tujuan umum pendidikan nasional yang secara umum adalah membentuk insan yang cerdas dan kompetitif, alasannya karena dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang didampingi oleh professor doktor. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih mental sekaligus melatih gaya berbicara para santri ketika menyampaikan paper di depan banyak orang. Hal ini menurut penulis sangat bermanfaat bagi para santri yang kesemuanya adalah mahasiswa di perguruan tinggi, salah satu manfaatnya adalah mereka bisa mengetahui ilmu-ilmu yang masih belum atau bahkan tidak sama sekali diberikan di perguruan tingginya, sehingga dengan demikian wawasan keilmuan para santri cukup terbuka serta bisa dijadikan sebagai kompetensi pelengkap dan kompetensi pendukung dari kompetensi utama mereka sesuai dengan spesialisasi ilmu yang dipilih di perguruan tinggi masing-masing. Kalaupun masih ada usaha atau alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.
ABSTRACT
Education is unique among boarding schools outside the boarding school education. One of these is contained in a unique learning system, known since the classical era Halaqah method. Simply put, Halaqah can be interpreted as an assembly to form a circle and within it addressed specific disciplines. But it turns out the meaning Halaqah growing along with the development of human resources and the growing demands of the times appeared competitiveness amid the progress of information and communication.
In addition, learning in the forum Halaqah presumably considered by some people seem old-fashioned and outdated. Yet when viewed from the side of whatever materials are delivered, everyone who participated and co-participant in directing the course of events Halaqah, it will find something different, even more so if the components in it is the student while the tutor is one who never tasted the academic world to get highest degree of doctorate professors. Departing fro m the author's background and want to discuss it in the paper and took the title Application halaqah Method in Learning Activities at School (Case Studies in Institutions of Higher School Luhur Malang).
The purpose of this study was to determine how the general picture about the application of the method in which Halaqah discussed various scientific disciplines, both science and religion generally even exact science. It is also to examine the effectiveness of learning Halaqah associated with learning theory that can be judged effective or not.
Research conducted by the author of this is included in the descriptive qualitative research. In the course of collecting data, the authors use the method of observation, interview and documentation. As for analysis, the authors used a qualitative descriptive analysis techniques, namely the form of data written or oral of people and observed behavior, so in this case the author seeks to undertake research which is described as a whole about the actual situation. In addition, to support the description of the actual situation on the ground, here the authors include a table as supplementary data.
Results from studies conducted the author can be submitted here that the authors offer methods Halaqah in the discussion of this essay is one of the business schools in helping to realize the common goal of national education in general is to form an intelligent human being and competitive, the reason being that in these activities discussed various sciences professor who was accompanied by a doctor. This activity also aims to train mentally as well as train the students speaking style when delivering papers in front of many people. This is according to the author is very beneficial to the students all of whom are students in college, one benefit is that they can learn the sciences which have yet to or even not at all rendered in high school, so that the depth of knowledge the students quite open and can be used as complementary competencies and supporting competencies of their core competencies in accordance with the selected specialization of science in their respective colleges. Even if there are businesses or other alternatives that may be better than what is presented or written in this paper, then it can be used as an input or an additional for this thesis continues to grow and do not stop there.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Halaqah; Pembelajaran; Method halaqah; Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:47 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41480 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |