Azizah, Siti Nur (2011) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk mental siswa Tunagrahita SMPLB Negeri Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110173.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam adalah usaha untuk membimbing kearah
pembentukan kepribadian peserta didik secara sistematis dan pragmatis supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam, sehingga terjalin kebahagiaan dunia akhirat. Seluruh umat muslim wajib mempelajari agama Islam, tak terkecuali bagi mereka yang menyandang keterbelakangan mental (Tunagrahita) karena mereka juga berhak untuk hidup bahagia baik di dunia maupun diakhirat. Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus tentu tidak sama dengan pembelajaran biasa, namun biasanya guru mengabaikan hal ini, banyak yang beranggapan bahwa tunagrahita sudah tidak mempunyai harapan atau suatu cita-cita, sehingga mereka tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan kegiatan pembelajaran akibatnya siswa tidak maksimal dalam pemahaman pelajaran khususnya pelajaran Agama Islam. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Mental Siswa Tunagrahita SMPLB Negeri Kota Blitar.
Rumusan masalah yang harus dijawab dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan guru agama dalam membentuk mental siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Kota Blitar?(2) Bagaimana mental siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Kota Blitar setelah diterapkannya strategi dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam?.Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan oleh agama SMPLB Negeri Kota Blitar dalam membentuk mental agama islam siswa dan Mendeskripsikan mental siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Kota Blitar setelah diterapkannya strategi dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Metode pengamatan yang dilakukan adalah pengamatan terbuka yaitu untuk mengetahui keadaan kelas ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Untuk interview, penulis menggunakan interview semi terstruktur, interview dilakukan dengan guru PAI SMPLB Negeri Kota Blitar. Sedangkan untuk analisanya penulis menggunakan analisis data kulitatif yaitu upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasanya guru PAI di SMPLB Negeri Kota Blitar dalam kegiatan pembelajaran menggunakan strategi, seperti ceramah, drill dan demonstrasi. Upaya penggunaan strategi dalam pembelajaran diharapkan mampu membentuk mental baik bagi perkembangan siswa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pendidikan agama Islam di SMPLB Negeri Kota Blitar Mampu merubah kehidupan siswa dan siswi menjadi lebih baik. Tentunya dengan penyampaian materi dan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat. Seperti kemampuan membaca huruf hijaiyah gerakan sholat maupun akhlak. Dari penjelasan diatas saran penulis yaitu guru PAI harus lebih meningkatkan kreatifitas dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kelas tungrahita maksimal dalam belajar dan mempunyai mental yang baik.
ABSTRACT
Islamic religious education is an attempt to guide learners towards the formation of personality in a systematic and pragmatic so that they live according to Islamic teachings, so the interwoven world of happiness hereafter. All Muslims must learn the religion of Islam, not least for those with mental retardation (Tunagrahita) because they also have the right to live happily both in this world and the Hereafter. Learning for special needs children certainly not the same as ordinary learning, but teachers usually ignore this, many of them think that tunagrahita already do not have hope or an aspiration, so they do not mean it in carrying out learning activities as a result students are not optimal in understanding Islamic lesson in particular lessons. Departing from the author's background and want to discuss it in the paper and took the title Learning Strategy of Islamic Religious Education Teachers Students In Shaping Mental State Tunagrahita SMPLB Blitar City.
The formulation of a problem that must be answered in this paper are: (1) How is the learning strategies adopted Islamic Religious Education teachers of religion in shaping students' mental tunagrahita in Blitar City State SMPLB? (2) How do student mental SMPLB tunagrahita in Blitar City State after the implementation of strategies in Islamic Religious Education learning activities?. The purpose of this study was to describe the Islamic Religious Education learning strategies adopted by the religious SMPLB Blitar City State religion in shaping students mental and mental Describe student SMPLB tunagrahita in Blitar City State after the implementation of strategies in learning activities Islamic Religious Education.
Research conducted by the author of this is included in the descriptive qualitative research. In the process of collecting data writer use method of observation, documentation and interviews. Observation method does is open observation is to determine the state of the class as learning activity takes place. For the interview, the author uses a semi-structured interviews, interviews conducted with teachers PAI SMPLB Blitar District. As for the analysis the authors use data analysis citizens and governments of the efforts made by working with data, organizing data, sorted them into units that can be managed, search and discover patterns, find what is important and what is learned, and decide what can be told to others.
Results from studies conducted the author can be delivered that PAI teacher in Blitar City State SMPLB in learning activities using strategies, such as lectures, drills and demonstrations. Efforts to use the learning strategy is expected to form a good mental for the development of students. The results stated that Islamic religious education in Blitar City State SMPLB Able to change the lives of male and female students for the better. Of course, with the delivery of material and use appropriate learning strategies. Like the ability to read hijaiyah letters prayer movement and behavior. From the above explanation the authors suggested that PAI teacher should further enhance creativity in the learning activities so that maximum Tunagrahita grade students in learning and have a good mental.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Pembelajaran PAI; Mental; Tunagrahita; Strategy; Learning PAI; Mental; Tunagrahita | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41471 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |