Arifin, Mochammad (2011) Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Di SMA Mataram Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110175.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Cepatnya Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang pesat dan telah mewarnai seluruh aspek kehidupan manusia. Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi setiap warga negara, untuk mencapai mutu pendidikan tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui profesional gurunya. Karena Guru adalah agen pembelajaran yang memiliki fungsi yang sangat urgen didunia pendidikan, maka Guru dituntut sebagai profesional person dalam proses pembelajaran di sekolah. Guru di harapkan dapat menciptakan suasana yang dapat menumbuhkan gairah belajar,
Profesionalisme guru sangat penting untuk ditingkatkan dan dikembangkan dari sini diamati peneliti sebagai usaha untuk melihat lebih jauh perkembangan profesional guru khususnya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Mataram Lumajang.
Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mrndiskripsikan profesionalisme guru PAI, mengetahui kualitas pembelajaran pendidikan agama islam dan untuk mengetahui profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam,
Pendekatan terhadap permasalahan tersebut ditempuh dengan dua cara yaitu, pendekatan teoritis yang disajikan pada Bab I tentang Pendahuluan, Bab II tentang Kajian teori, dan Bab III tentang Metode Penelitian. Sedangkan pendekatan empiris dikemukakan pada Bab IV yaitu, tentang laporan hasil penelitian, BAB V tentang pembahasan hasil penelitian dan dilanjutkan dengan Bab V yaitu Bab VI Penutup.
Penelitian ini dilakukan di SMA Mataram Lumajang. Dan Untuk mencapai tujuan diatas penulis mengunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang di tujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, dan persepsi pemikiran orang baik secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi di gunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Kehadiran peneliti sebagai orang pengamat secara penuh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penulis mengunakan metode pengumpulan data dengan tiga metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini, penulis mengunakan teknik analisis data dengan cara reduksi data, observasi terus meneru dan pengambilan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data mengunakan pengamatan dan tringulasi. Adapun tahap- tahap penelitian yang peneliti gunakan yaitu tahap persiapan yang di perlukan di lapangan. Penulis menyajikan hasil pembahasan dan analisis penelitian berdasarkan pengamatan dan pengecekan keabsahan data secara sistematis.
Dari hasil penelitian di SMA Mataram Lumajang dapat disimpulkan bahwa profesional guru PAI di SMA mataram sudah memenuhi standart keprofesionalan diantaranya: Guru SMA Mataram Lumajang mempunyai kualitas akademik, Mempunyai keahlian dalam dunia pendidikan, mempunyai sertifikat keguruan melalui pelatihan-pelatihan keguruan. Mempunyai kode etik dalam kegiatan pembelajaran, Mempunyai kompetensi kinerja guru mulai dari kompetensi pedagogig, personal, social dan profesional. Adapun kualitas pembelajaran SMA Mataram Lumajang, seorang guru profesional sudah membuat perncanaan pembelajaran, dalam pelaksanaan guru mengunakan metode bervariasi, melakukan interaksi dengan peserta didik dan mengunakan media dan sumber sesuai dengan ketentuan dalam pembelajaran sedangkan evaluasi Guru SMA Mataram selalu mengadakan penilaian pada setiap selesai satu pokok bahasan untuk mengukur keberhasilan belajar siswa dalam menerima pelajaran, selain itu guru juga akan mengetahui peserta didk yang belum menguasai pelajaran yang disampaikan guru. Sedangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam guru harus membuat perangkat pembelajaran sendiri, mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) baik di tingkat sekolah, kabupaten maupun tingkat provensi selain itu wajib mengikuti pelatihan- pelatihan, seminar, penataran dan workshop maupun yang lainnya atas nama sekolah.
Penelitian skripsi dilakukan dengan harapan semoga menjadi tambahan referensi yang bermanfaat untuk mengaplikasikan dan mengembangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam, baik guru PAI diSMA Mataram Lumajang maupun di sekolah lain.
ABSTRACT
IPTEK have been decorate all of the human aspect. The government has determined the policy to improve the quality of education for the citizen. To achieve the quality of education, one of the way is a professional teacher. The teacher is the source in learning which has the urgent function in education world, so the teacher is claimed as professional person in learning process at school. The teacher supposed to create the situation which is can growing the passion for studying.
The teacher professionalism is very important for improvement. Here, it is research by the researcher as the effort for making the progress of professional teacher especially the isl;amic teacher to improve the quality of the Islamic learning of SMA Mataram Lumajang.
From this problem, the purpose of this discussion is describe the islamic teacher professionalism and knowing the teacher professionalism for improving the quality of Islamic learning.
Basically, There are two kinds of research significance as follows:(1) the theoretical significance which is find in Chapter I about Introduction, Chapter II about Literature and Chapter III about Research Methodology (2) Empiric significance which is find in Chapter IV discuss Finding and Discussion, Chapter V contains conclusion and suggestion on the basis of the research finding.
This research is done at SMA Mataram Lumajang. The writer uses a qualitative approach. It is one of the approach of the research to describe and analyze the phenomena, event, social activity, and the person perception in individual or group. Here, the writer is as an observer. The writer uses three kind of the data collecting method, they are observation, interview and documentation.
In this research, the writer uses the data analysis technique with data reduction, the further of the observation and taking the conclusion. And Then, check the legitimate data by using observation and measuring. There are the research stage is used in this research (1) the preparation which is needed in the field study. The writer performance the result of the discussion and the research analysis based on the observation and checking the legitimate data.
From the result of the research of SMA Mataram Lumajang is can concluded the Islamic professional teacher of SMA Mataram Lumajang has the academic quality, the expert of education world, the teacher certificate which get in the teacher training, ethic code in the learning activity, the teacher competence from pedagogic competence, personal, social, and professional. The learning quality of SMA Mataram Lumajang, the professional teacher has made a planning action, using the variety method, making the interaction with the student, using the media and source based on the certain learning while the evaluation of the SMA Mataram Lumajang teacher arrange the assessment in every topic discussion to measure the student success in receiving the lesson. Beside that, the teacher will know the student which has not dominate the lesson. While, the teacher professionalism for improving the quality of the Islamic lesson, the teacher must make the programs by himself, follow the MGMP in the school level, district or province level, follow the trainings process, seminar, and workshop etc. This research is done with the wise become the useful reference to make application and develop the teacher professionalism for improving the quality of Islamic learning for the teacher of SMA Mataram Lumajang or another area.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesonalisme; Guru PAI; kualitas pembelajaran PAI; Profesionalism; PAI teacher; The quality of PAI learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41469 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |