Rosyadi, Abdul Bazed (2011) Manajemen kelas dalam mengefektifkan proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110153.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam menghadapi tugasnya, guru-guru seringkali menghadapi permasalahan dengan kegiatan-kegiatan di dalam kelasnya. Permasalahan ini meliputi dua jenis, yaitu yang menyangkut pengajaran dan yang menyangkut pengelolaan kelas. Amat sering terjadi guru-guru menangani masalah yang bersifat pengajaran dengan pemecahan yang bersifat pengelolaan kelas. Misalnya, seorang guru berusaha membuat penyajian pelajaran lebih menarik agar siswa yang tidak masuk menjadi lebih tertarik untuk masuk mengikuti pelajaran, padahal siswa tersebut tidak senang berada di kelas itu karena dia merasa tidak diterima oleh kawannya. Pemecahan seperti ini tentu saja tidak tepat. ” Membuat pelajaran lebih menarik” adalah masalah pengajaran, sedangkan ”diterima atau tidak diterima oleh kawan” adalah masalah pengelolaan. Adapun rumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana prosedur manajemen kelas, (2) Bagaimana manajemen kelas dalam mengefektifkan proses belajar mengajar, (3) Apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Malang.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui prosedur Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar PAI di SMA Negeri 1 Malang, untuk mengetahui apakah dengan Manajemen Kelas dapat meningkatkan efektifitas belajar mengajar PAI di SMA Negeri 1 Malang, dan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas pembelajaran PAI dalam Manajemen Kelas di SMA Negeri 1 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya prosedur yang dilakukan guru PAI untuk pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Proses Balajar Mengajar PAI di SMA Negeri 1 Malang adalah sebagai berikut: (a) peningkatan kesadaran pendidik sebagai guru (b) peningkatan kesadaran siswa (c) pengenalan terhadap tingkah laku siswa (d) pembuatan kontrak sosial atau tata tertib kelas (e) menetapkan alternatif pemecahan melalui berbagai macam pendekatan dalam Manajemen Kelas, antara lain pendekatan manajerial dengan konsep kebebasan terbimbing dan pendekatan psikologis (pendekatan modifikasi tingkah laku, pendekatan iklim sosio-emosional, dan pendekatan proses kelompok). 2. Cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa. Disamping itu, guru juga harus memperhatikan unsur-unsur dalam efektifitas pembelajaran yang meliputi; bahan belajar yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan siswa, suasana belajar yang kondusif dan komunikatif antara guru dengan siswa, dan memanfaatkan media yang ada di sekolah dengan sebaik-baiknya, dengan kata lain sumber belajar tidak melalui pembelajaran di dalam kelas saja tetapi juga dapat dilakukan di luar kelas, seperti taman sekolah, musholla, laboratorium,dan sebagainya. 3. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi manajemen kelas dalam mengefektifkan Proses Belajar Mengajar PAI dalam Manajemen Kelas di SMA Negeri 1 Malang adalah: (a) faktor eksternal, meliputi faktor lingkungan dan faktor instrumental, seperti kurikulum, program atau bahan pengajaran, sarana dan fasilitas, serta faktor guru itu sendiri (b) faktor internal, meliputi kondisi fisiologis dan psikologis siswa berupa minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa.
ABSTRACT
In the face of its tasks, teachers often face problems with activities in the classroom. These issues include two types, namely about teaching and classroom management concerns. Very often teachers deal with issues of classroom teaching is the management solution. For example, a teacher trying to make lessons more interesting presentations for students who could not be more interested to go follow the lesson when students are not happy to be in that class because he did not feel accepted by their peers. Solving this kind of inappropriate. "Making learning more attractive" is a matter of teaching, while the "accepted or not accepted by your friends" is a management problem. As for the formulation of research problems are as follows: (1) How classroom management procedures, (2) How effective classroom management in the learning process, (3) What are the factors that may affect the effectiveness of learning PAI in SMA Negeri 1 Malang.
Basis of the above background, the writing of this thesis aims to determine the procedures in the Classroom Management Teaching and Learning PAI in SMA Negeri 1 Malang, to determine whether classroom management can improve the effectiveness of teaching and learning PAI in SMA Negeri 1 Malang, and to find factors that could factor affect the effectiveness of learning in PAI Management Classes in SMA Negeri 1 Malang.
This study used a qualitative approach to the type of descriptive research, namely data collection in the form of words rather than numbers with the aim of describing the situation or activity that happens on the pitch (field research) and selected systematically according to the category by using language that is easily digested or understood by the general public. In order to obtain the required data, researchers used a technique of collecting data through observation, interviews and documentation.
From the results of the study suggest that the procedure that teachers do PAI for classroom learning guide PAI training in SMA Negeri 1 Malang are: (a) awarenessraising as teachers for teacher education (b) increase students knowledge (c) the introduction in the behaviour of students (a) transformation of the social contract or order of the classes (e) create an alternative address by using different approaches in class managementalong with other managerial approach is guided by the concept of freedom and psychological approaches (behavioural approach, approach the socioemotional climate, and group process approach). 2. Active student learning inside and outside the classroom and how good teachers teach with the methods vary as well as trying to provide adequate facilities for students to support student learning and achievement. In addition, teachers also must consider the elements in the effectiveness of learning that includes; learning materials are always tailored to the needs of students, an atmosphere conducive to learning and communicative between teachers and students, and media used in schools as possible, in other words, there is no source of learning through learning in the classroom but can also be done outside the classroom, such as school gardens, small mosque, laboratories, and so on. 3. Factors that may affect the management class in influencing PAI Teaching and Learning Classroom Management in SMA Negeri 1 Malang are: (a) external factors, including environmental factors and instrumental factors, such as curriculum, programs or instructional materials, facilities and amenities, as well as the factors teachers themselves (b) internal factors, including physiological and psychological conditions of students in the form of interests, talents and abilities of each student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kelas; Efektivitas Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI); Classroom Management; Teaching and Learning Effectiveness of Islamic Religious Education (PAI) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41467 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |