Kiromi, Ivonne Hafidlatil (2012) Implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dan Talking Stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII A di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110122.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan atau sikap yang mereka butuhkan. Dalam proses pembelajaran, motivasi sangat dibutuhkan sebab tidak semua anak didik aktif. Dengan meningkatnya motivasi yang tumbuh dalam diri siswa, maka akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Salah satu alternatif guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, guru menerapkan strategi Index Card Match dan Talking Stick dalam proses pembelajaran, karena strategi ini mengajak siswa untuk ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga hasil pendidikan yang sesuai dapat terwujud dengan harapan kita.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendskripsikan proses perencanaan pembelajaran dalam menggunakan strategi index card match dan talking stick (2) Untuk mendiskripsikan perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah digunakannya strategi index card match dan talking stick. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif, dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran al-qur’an hadist kelas VII dan semua siswa kelas VII A SMPI Al-Maarif 01 Singosari.
Proses perencanaan pembelajaran dalam penelitian ini melalui strategi index card match dan talking stick, yang terdiri dari 2 siklus 3 kali pertemuan. Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam perncanaan, peneliti menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, membuat instrumen observasi untuk mengamati siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dan sebelum pelaksanaan siklus pertama, diadakan pre test terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap pelajran al-qur’an hadist. Proses pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sesuai dengan rencana yang telah disusun, pada siklus I, pertemuan pertama indikator yang harus dicapai yaitu mengetahui arti nun mati/tanwin dan mim mati, mengetahui hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mat. Kemudian pertemuan kedua, memberikan pemahaman kembali dari materi sebelumnya serta indikator yang harus dicapai adalah mengetahui perbedaan nun mati/tanwin dan mim mati, memberikan contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. Pada siklus II, hampir saja sama dengan siklus I, yaitu memberikan pemahaman kembali teerhadap materi yang telah dilakukan kemudian memberikan latihan soal, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa faham dengan materi yang telah diberikan.
Proses pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran, dilakukan setiap pertemuan/siklus berlangsung. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat peningkatan motivasi siswa serta tingkat keberhasilan belajar siswa. Dari hasil pengamatan, dari pre test sampai siklus II siswa mengalami peningkatan, yaitu pre test yang rata-rata 6.71 mengalami peningkatan pada siklus I yaitu menjadi 7.23 kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II yaitu 8.05. Sedangkan pada motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari pre test 20 menjadi 24 pada siklus I kemudian menjadi 30 pada siklus II. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dibuktikan bahwa penerapan metode index card match dan talking stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMPI Al-Maarif 01 Singosari.
ABSTRACT
In learning process it is still found out the tendency of minimalizing students’ involvement. Teacher's domination in learning process causes students’ tendency more passive so that they wait for teacher’s service more than they look for and find out by themselves knowledge, skill or attitude which they need. In learning process, motivation is needed very much because not all students are active. By improvement of motivation which grows in students’ selves, so they will gain a good learning result. One of teachers’ alternatives to increase students’ motivation and learning result is application of index card match and talking stick strategies in learning process, because this method invites students to take a role actively in the learning process. So, the suitable educational result can be realized with our hope. The purposes of this research are (1) to describe the planning process of learning in applying the strategies of index card match and talking stick (2) to describe the diference between before and after using learning strategies index card match and talking stick. The research method used by the researcher/author is the research of class action method which uses qualitative approach. In collecting data, the author uses several methods, they are: observation, documentation, and interview. Who becomes respondent is the teacher of the subject of Quran Hadits class VIIA and all students of class VIIA SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari.
The planning process in the research is through the strategies of index card match and talking stick which consists of to cycles and three meetings. The first cycle consists of two meetings and the second cycle consists of a meeting. In the planning, the researcher arranges performing plan of learning, makes the observational instrument to observe students in learning activities. And before the performance of the first cycle, formerly it is held pre-test to know how far students’ understanding is toward the subject of Quran Hadits. The performing process of learning in this research is done suitably with a plan that has been arranged in the first cycle. In the first meeting, the indicator that has been reached is knowing the meaning of ‘the dead Nun’/‘the Tanwin’ and ‘the dead Mim’, knowing law of reading of ‘the dead Nun’/’the Tanwin’ and ‘the dead Mim’, then the second meeting gives re- understanding from the previous material and indicator that has to be reached is knowing the different of ‘the dead Nun’/’the Tanwin’ and ‘the dead Mim’, giving big sample of dead Nun/Tanwin and dead Mim in the second cycle, almost the same with the first cycle. It is giving the understanding toward material that has been done than giving practice of question that which aims to know how far student understand toward the material that has been given.
The performing process of evaluation in the learning is done when each meeting the last. This evaluating is done to know the level of improvement of student motivation and learning result. From the result of observation, from pretest to the second cycle student experience improvement, it is pretest which is averagely 6.71 experiencing improvement in the first cycle to 7.23 than experiencing improvement in the second cycle to 8.05. While in student learning motivation it experiences improvement from pretest 20 to 24 in the first cycle than to 30 in the second cycle. From the result of the research that has been done, it can be proved that the application of the strategies of index card match and talking stick can increase motivation and learning result of class VII A students of SMP Islam Al-Maarif 01
Singosari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Index Card Match dan Talking Stick; Motivasi dan Hasil Belajar; Learning strategies; index card match and talking stick; motivations; and learning result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:54 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41450 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |