Responsive Banner

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI di SMAN 02 Batu

Muhammad, Nur (2008) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI di SMAN 02 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03160032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (834kB)

Abstract

INDONESIA:

Dalam dunia pendidikan saat ini ukuran keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari seberapa tinggi prestasi yang diraih siswa dalam belajar. Untuk meningkatkan prestasi siswa bisa dipengaruhi oleh minat baca yang tinggi oleh siswa dan dengan memanfaatkan perpustakaan secara optimal, dari sini maka prestasi belajar siswa akan meningkat. dari pembahasan tersebut, maka penelitian ini meneliti tentang pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 02 Batu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 02 Batu, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 02 Batu.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (penelitian menjelaskan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengungkap pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca. Dan dokumentasi untuk mengungkap data prestasi belajar. Adapun analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai t hitung = 3,308>t tabel=2,00. Pengaruh variabel minat baca terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai t hitung =6,394>t tabel = 2,00. Pengaruh variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai F hitung =458,094>F tabel = 3,15.

Kesimpulannya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 02 Batu, ada pengaruh positif yang signifikan dari minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 02 Batu, ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 02 Batu. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi semua pihak yang terkait dapat menjadikannya sebagai masukan dan sumber-sumber informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Effendi, Evi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDEffendi, EviUNSPECIFIED
Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah; Minat Baca; Pretasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 05 Aug 2016 16:46
Last Modified: 05 Aug 2016 16:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4145

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item