Maryam, Siti (2011) Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Almaarif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110164.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sebagai seorang pendidik harus memiliki kemampuan memilih dan menerapkan metode mengajar yang efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menciptakan suasana yang menunjang terciptanya tujuan pembelajaran. Dengan kata lain guru harus memiliki keterampilan dasar mengajar yang variatif dalam cara mengajarnya demi terwujudnya kualitas pendidikan yang lebih baik dan lebih berorientasi pada siswa.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) penerapan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Almaarif 01 Singosari Malang. (2) Untuk mengetahui penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Almaarif 01 Singosari Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tahap-tahap penelitian yaitu melakukan (1)Perencanaan tindakan (planning), (2)Pelaksanaan tindakan (action), (3)Pengamatan (observation), dan (4)Refleksi (reflection), kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang berulang sampai mencapai hasil yang diharapkan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, interview, dokumen, catatan lapangan dan pengukuran tes hasil belajar. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi, interview, catatan lapangan, dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, di dapatkan data tentang prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII B telah meningkat, sebagaimana telah nampak pada siklus pertama dan kedua. Pada siklus pertama nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,1 dan kemudian pada siklus kedua nilai rata-rata siswa adalah 81,5.
ABSTRACT
As educator we must have the ability to select and implement teaching methods that are effective, efficient, and in accordance with student needs. Therefore, teachers are required to have the ability to create an atmosphere that supports the creation of learning objectives. In other words, teachers should have basic teaching skills wich is variatif in the way of teachingin order to echieve a better quality of education and more oriented toward students.
The purpose of conducting this study tetermine: (1) the aplication of the discussion method in improving students achievement in MTs Almaarif 01 Singosari Malang. (2) the implementation of discussion methods whether it can improve students achievement in MTs Almaarif 01 Singosari Malang or not.
This study is a classroom action reseach. The stages of reseach are (1) planning the action (2) Implementation of the action (3) observation and (4) Reflection, these studies are serie that repeats untel reaching expected results. The use of data collection techniques use: observation, interviews, decumens, field notes and measurements of the test result of learning. Qualitatieve data consisted observation, interviews, field notes, and documentation were analyzed qualitatively.
Based on the results of reseach that has been described previously, in getting data on learning achievement in the subjects of fiqih grade students had increased, as had been evident in the firs and second cycles. In the firs cycles the average is 75.1 and then on the second cycle the average value is 81.5
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Diskusi; Belajar; Prestasi Belajar; Methods Discussion; Learning; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:58 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41446 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |