Indayati, Nur (2011) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dewasa saat ini, banyak kritik yang mengatakan adanya kelemahan serta kekurangan yang ada pada pelaksanaan serta keberadaan Pendidikan Agama Islam. Adanya kegagalan pendidikan agama islam ini disebabakan salah satunya karena dalam praktik kegiatan pembelajrannya hanya memperhatikan aspek kognitif (pengetahuan) semata, dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan konatif-volitif (psykomotorik), yakni kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajararan agama islam, akibatnya terjadi kesenjangan antara pengetahuan dan pengamalan. Namun dalam hal ini yang lebih disoroti adalah menyangkut keberadaan serta kemampuan guru. Karena keberadaan peserta didik banyak dipengaruhi oleh keberadaan guru, dimana guru sebagai salah satu sumber ilmu juga dituntut kemampuannya untuk dapat mentrasfer ilmunya kepada para peserta didiknya.
Sesuai dengan pengamatan sepintas peneliti, proses pelaksanaan pendidikan di salah satu lembaga yang ada di Kota Malang ini, sedikit banyak telah menerapkan berbagai metode dan cara yang digunakan untuk pembelajaran pendidikan agama Islam Sekolah ini mengaplikasikan berbagai metode dan cara yang cocok/sesuai dengan materi ajar, disamping adanya pembaharuan kurikulum juga diikuti dengan keaktifan para guru dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar. Sesuai latar belakang diatas dapat diambil rumusan masalah bagai mana strategi yang diterapkan oleh sekolah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, bagaimana hasil dari penerapan strategi tersebut, serta factor apa yang dianggap mendukung dan menghambat dalam penerapan strategi tersebut. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh sekolah tersebut dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, serta bagaimana hasil dari penerapan strategi tersebut terhadap prestasi belajar serta faktor apa saja yang dirasa mendukung dan menghambat dalam proses pembelajaran tersebut.
Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat Deskriptif Kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penlitian yang ada di lembaga tersebut diatas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Untuk mendukung dari pemaparan data penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian seperti foto, dokumen-dokumen dari kegiatan siswa.
Pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2010/2011 ini sangat baik, ini terbukti dengan banyaknya strategi pembelajaran yang digunakan oleh sekolah dan memiliki guru Pendidikan Agama Islam yang sangat kreatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan strategi kooperatif dan strategi belajar aktif yang didalamnya terdapat model pembelajaran mengomentari gambar, mencari pasangan jawaban, peta konsep, dan tidak luput dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan peneladanan.Adapun prestasi yang dimiliki siswa-siswi SMP Negeri 4 Malang dalam bidang akademik khususnya dalam pendidikan agama Islam menurut pengamatan kami hasilnya cukup baik, ini terbukti dengan melihat pada nilai akhir hasil ujian semester 1 dan ulangan harian di semester 2. Dengan demikian, strategi pmbelajaran pendidikan agama Islam telah membuahkan hasil, ini terbukti pada perolehan hasil nilai akhir ujian semester dan ulangan harian. Selain itu untuk mengukur keberhasilan dari suatu kegiatan pembelajaran salah satunya dengan melihat nilai hasil test ataupun ujian. Terlepas dari itu, memang ada sebagian siswa yang kurang berminat serta kurang bisa menerima dan mencerna materi-materi pendidikan agama Islam yang disampaikan guru, sehingga nantinya berakibat pada perolehan hasil nilai akhir ulangan siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SMP Negeri 4 Malang sedikit banyak telah memenuhi tarjet yang telah ditentukan dan diusahakan. Adapun faktor yang mendukung serta menghambat pelaksanaan strategi pengembangan pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Malang sangat berfariasi diantaranya sebagai berikut: Faktor pendukung: Kegiatan sekolah yang mendukung, Tata tertib yang tegas dan disiplin, Guru yang berkualitas, Lingkungan sekolah yang kondusif, Ekstrakurikuler yang mendukung, Sarana dan Prasarana sekolah, Perpustakaan, Audio visual dan Lab. yang memadai, Semangat dan kemampuan para siswa. Demikain juga faktor yang menghambat kegiatan tersebut adalah: Latar belakang siswa, Kemampuan penangkapan siswa yang heterogen, Kesadaran siswa untuk berdisiplin, Pihak guru yang terkadang teledor/lalai, Arus informasi yang semakin bebas.
ABSTRACT
Nowadays, many critics say that there are weakness and deficiency on the implementation as well as the existence of Islamic Education Department. The failure of Islamic Education Department is caused by the practical activity of learning which has prioritized cognitive aspects only, but forsaking the orientating affective and conative-volitive (physicomotoric) aspects, those are a will and determination to do the values of Islam’s education, with the result that the discrepancy between knowledge as well as implementation has happened. However the more to be illuminated is about the existence and the ability of the teacher. Since the existence of the students is influenced much by the teacher, in which teacher as one of the source of knowledge is demanded for his skills to transfer his knowledge to student.
Appropriate to the researcher’s observation at glimpse, the process of education in one of institution in Malang city has little or more implemented many kinds of methods and ways used for islam’s education learning. This school applies a variety of methods and ways which accords with teaching material, besides improving of the curriculum, also followed by the teachers being active in doing their duties to teach. Being relevant with the background above, we can take a problem’s formula, what the strategy implemented at school in islam’s education learning to improve student’s learning performance is, what the result of that implementation is, and what factors are deemed to support or inhibit the implementation of that strategy. The purpose of this research is to know how the strategy implemented by the institution in islam’s education learning improves student’s learning performance, what the result from implementing that strategy for learning performance is, and what is felt supporting as well as inhibiting the learning process.
This research is included in descriptive-qualitative research. In the way of amassing the data, the author has used few methods, those are observation, interview, and documentation. Whereas for the analysis of the data, the author has used qualitative-descriptive analysis technic, an explanation of data in written about data related, either written or spoken from the object in that having been observed institution above, where the author has thoroughly described about the facts. To support the data’s explanations, the author also attaches few attachments related with the research such as photos and documents of students’ activities.
The implementation of the strategy of islam’s education learning in SMP State 4 Malang academic year 2010/2011 is very good, it is proved by many learning strategies used by that institution and it has very creative teachers of islam’s education in developing student’s learning performance, that is by use of a cooperative and active learning strategy which inside has a learning model of commenting pictures, looking up match answers, concept map, and a speech model, discussion, answering-questioning as well as modeling. Concerning about the performance of SMP state 4 Malang students in academic field especially for islam’s education, in our opinion, it is adequate. It is proved by seeing the final mark of the result of the first semester’s examination and daily test of the second semester. Thereby, islam’s education learning strategy has caused the result, proved on getting the last mark of the result of semester’s examination and daily test. In addition, to measure the success of one learning activity ,as a way, is by seeing the mark of test’s result or examination. Apart from this, there are some students truly not interested and able to accept and swallow the materials of islam’s education delivered by their teachers, so that it can give an effect for students’ getting final mark on the test. Therefore, we can say that the process of islam’s education learning in SMP state 4 Malang has little or more completed the decided and efforted target. About the factors supporting and inhibiting the implementation of Islam’s education developing strategy in SMP state 4 Malang, it can be so various. Those are: Supporting factors : school advocating activity, resolute and discipline rule order, qualified teachers, comfortable school area, motivational extracurricular, facility and infrastructure of school, library, equal audio-visual lab, the spirit as well as ability of the students. And such are the inhibiting factors’ activity : the background of students, the understanding of them which is heterogenous, the awareness of students to be discipline, some teachers who are sometimes careless, the current information growing up more and more freely.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Pendidikan Agama Islam; Strategy; Islam’s Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:53 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41445 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |