Rahmawati, Yuni Novita Sari (2011) Aspek-aspek pendidikan dalam Al-Qur’an: Analisis surat-surat Makkiyah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an merupakan pedoman ummat Islam sebagai Kalamullah (firman Allah) yang mutlak kebenarannya, berlaku sepanjang zaman dan mengandung ajaran dan petunjuk tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia di dunia dan di akhirat kelak. Ajaran dan petunjuk Al-Qur’an tersebut berkaitan dengan berbagai konsep yang amat dibutuhkan oleh manusia dalam mengarungi kehidupannya.
Berbagai konsep sebagai acuan telah termaktub di dalam Al-Qur’an seperti hukum-hukum Islam, ilmu-ilmu pengetahuan, aqidah, tauhid, akhlak dan masih banyak yang lainnya. Selain itu Al-Qur’an mengajarkan kita tentang pendidikan yang sangat dibutuhkan sekali agar kelak menjadi insan kamil yang mempunyai derajat tinggi baik di dunia maupun diakhirat. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Al-Qur’an mengandung berbagai aspek pendidikan Islam dan dijadikan konsep untuk menjadi acuan materi pendidikan Islam.
Di dalam Al-Qur’an terdapat aspek ketauhidan yang sangat penting untuk dipelajari, karena itu adalah modal utama keimanan seorang muslim. Selain itu pula pendidikan akhlak juga sangatlah penting bagi kita semua, kalau manusia tidak memiliki akhlak maka rusaklah dunia. Kemudian sosial masyarakat yang berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari agar terjalinnya tali persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah antar sesama agama maupun berlainan agama.
Berdasarkan uraian di atas, maka skripsi yang berjudul “Aspek-Aspek Pendidikan dalam Al-Qur’an (Analisis Surat-Surat Makkiyah)” ini, akan menegaskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: a). Aspek pendidikan apa saja yang terkandung dalam apa saja yang terkandung dalam Q.S. An-Nahl: 106, Q.S.Al-Ankabut: 8, Q.S. Az-Zumar: 9, Q.S. Al-Kafirun:1-6, Q.S. Al-Ikhlas:1-4. b). Bagaimana konsep pendidikan dalam Q.S. An-Nahl: 106, Q.S.Al-Ankabut: 8, Q.S. Az-Zumar: 9, Q.S. Al-Kafirun:1-6, Q.S. Al-Ikhlas:1-4.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek dan konsep pendidikan yang terkadung dalam Q.S. An-Nahl: 106, Q.S.Al-Ankabut: 8, Q.S. Az-Zumar: 9, Q.S. Al-Kafirun:1-6, Q.S. Al-Ikhlas:1-4.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat induktif, yang berupa statemen-statemen atau pernyataan yang terdapat dalam beberapa tafsir al-Qur’an yang ada relevansinya dengan tema yang dikaji. Dan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis yakni teknik Content Analysis berupa analisis ilmiah tentang isi atau pesan suatu komukasi dengan beberapa pendekatan, yaitu induksi, deduksi guna menganalisa data primer, yaitu dari tafsir Al-Misbah, Ibnu Katsir, Al-Qurtubi, Al-Aisar, Machmud Sakib, dan Abuddin Nata tentang penafsiran Q.S. An-Nahl: 106, Q.S.Al-Ankabut: 8, Q.S. Az-Zumar: 9, Q.S. Al-Kafirun:1-6, Q.S. Al-Ikhlas:1-4.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwa Q.S. An-Nahl: 106, Q.S.Al-Ankabut: 8, Q.S. Az-Zumar: 9, Q.S. Al- Kafirun:1-6, Q.S. Al-Ikhlas:1-4 memiliki aspek dan konsep pendidikan sebagai materi pendidikan Islam yang harus dipelajari. Aspek dan konsep tersebut meliputi ketauhidan, yang mana ketauhidan tersebut terbagi menjadi tiga bagian, yakni tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid asma wa sifat, kemudian mengandung segi akhlak yang mana umat muslim harus memiliki akhlak terhadap Allah, dan akhlak kepada orang tua, begitu pula dengan sosial kemasyarakatan yang dapat membentuk terjalinnya tali persaudaraan dan lahirlah ukhuwah Islamiyah baik antara agama maupun berlainan agama. Yang semua itu harus dipelajari dan diajarkan kepada umat muslim agar terciptanya insan kamil. Kemudian dengan adanya sosial kemasyarakatan yang dibutuhkan untuk berinteraksi sesama masyarakat, umat muslim membentuk ukhuwah islamiyah yang mana dengan adanya itu dapat membina hubungan persaudaraan baik antara sesama muslim maupun non muslim. Dan dengan terbentuknya empat ukhuwah yakni, ukhuwah islamiyah dalam hal ubudiyah, fi insaniah, fi wathaniyah wa nasab dan dinul Islam, maka terciptalah kedamaian di dunia ini.
ABSTRACT
Holy Quran is a Muslim orientation as Kalamullah (Allah saying), whose the truth is absolute. Holy Quran also applies in all day life and contains the education and guidance about everything related with human life in this world and hereafter. Holy Quran’s education and guidance relates with any concepts needed by human in sailing through their life.
Several concepts as guidance, had written in Holy Quran such as Islamic law, science, faith, unity of God (Tauhid), behavior and others. In addition, the holy Quran educates us about the important education in order to achieve insan kamil who have high position in the world and hereafter. As explained that holy Quran contains any aspects of Islamic education and concept which can be a reference of Islamic education material.
Holy Quran has an important Tauhid (unity of God) aspect to be learned, because it is the main point of Muslim’s belief. In addition, the education of behavior is also important for all of us. If human has not a good behavior, the world will be damaged. Social societies also often influence in daily life, in order to get a good relation and Islamic unity (ukhuwah islamiyah) inter-faith or other faiths.
Based on the explanation above, the researcher whose thesis entitled “Education Aspects in the Holy Quran (An Analysis of Surah Makiyah)” formulates some statements of the problems; a) What kind of Education Aspects inside Q.S. An-Nahl: 106, Q.S.Al-Ankabut: 8, Q.S. Az-Zumar: 9, Q.S. Al- Kafirun:1-6, Q.S. Al-Ikhlas:1-4. b) How the Education Concept inside Q.S. An- Nahl: 106, Q.S.Al-Ankabut: 8, Q.S. Az-Zumar: 9, Q.S. Al-Kafirun:1-6, Q.S. Al- Ikhlas:1-4.
The objective of the study is to find out the aspects and the concepts of Islamic education containing in the Q.S An Nahl: 106, Q.S Al Ankabut: 8, Q.S Az Zumar: 9, Q.S Al kafirun:1-6, and Q.S Al Ikhlas:1-4. This research includes in qualitative descriptive research inductively that statement inside several tafsir Al Quran refers to the research object of the theme. The analysis technique which researcher used in analyzing this research is Content Analysis Technique. It is a kind of scientific analysis about content or message of communication with some approaches; they are inductive and deductive in order to analyze the main data. The main data consists of Tafsir Al Misbah, Ibnu Katsir, Al Qurtubi, Al Aisar, Machmud Sakib, and Abuddin Nata which told about the interpretation of Q.S An Nahl: 106, Q.S Al Ankabut: 8, Q.S Az Zumar: 9, Q.S Al kafirun:1-6, and Q.S Al Ikhlas:1-4.
The result of this research can be communicable that Q.S An Nahl: 106, Q.S Al Ankabut: 8, Q.S Az Zumar: 9, Q.S Al kafirun: 1-6, and Q.S Al Ikhlas: 1-4, have aspects and concepts of Islamic education as Islamic education materials which have to be learned. The aspects and concepts contain the belief of the unity of God which divided into three parts; tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah and tauhid asma wa sifat. Then, it contains of behavior side which all Muslim have to have a good attitude or behavior towards their God, and Muslim moral to their parent. Also with society which can walked out with a good relation and Islamic unity either inter-faith or others faith. All those things have to be learned and taught to Muslim society in order to achieve insan kamil. Then, through the social society, Muslim can form a good Islamic unity either inter-faith or others faith. By banding four aspects of Islamic unity; ukhuwah islamiyah in ubudiyah, in insaniyah, in wathaniyah, and nasab wa dinul islam, peaceful can be born on this earth.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aspek-Aspek Pendidikan dalam Al-Qur’an; Education Aspects in the Holy Quran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:53 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41444 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |