Khoidarofah, Nurul (2011) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Wahid Hasyim Dinoyo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dampak globalisasi yang terjadi pada saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu di tanamkan sejak dini. Terlebih dengan dirasakannya berbagai ketimpangan hasil pendidikan dilihat dari perilaku lulusan pendidikan formal saat ini, semisal korupsi, perkembangan seks bebas pada kalangan remaja, narkoba tawuran, dan sebagainya. Pendidikan agama adalah salah satu pendidikan yang mempunyai fokus untuk lebih memberikan nilai-nilai dan norma-norma yang memberi arah, arti dan tujuan hidup manusia.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Wahid Hasyim Dinoyo. (2) Faktor- faktor apa sajakah yang dapat mendukung dan menghambat pembentukan karakter peserta didik di kelas VIII SMP Wahid Hasyim Dinoyo?. (3) Upaya apa saja yang dilakukan untuk mendukung keberhasilan implementasi pendidikan karakter di SMP Wahid Hasyim Dinoyo?
Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Wahid Hasyim- Dinoyo; (2) Untuk mendeskripsikan beberapa faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Wahid Hasyim Dinoyo; dan (3) untuk mendeskripsikan beberapa upaya yang dilakukan untuk mendukung keberhasilan implementasi pendidikan karakter di SMP Wahid Hasyim Dinoyo
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian ini.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di kelas VIII SMP Wahid Hasyim pada tahun ajaran 2011/2012 terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII terdapat beberapa nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam pembelajaran antara lain: nilai kejujuran, nilai kecerdasan, ketangguhan, nilai kepedulian, kedisiplinan dan beberapa nilai-nilai karakter yang lain. Adapun dalam pelaksanaan pendidikan karakter di kelas dimulai dari tahap perencanan. Pada tahap perencanan dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Wahid Hasyim ini dimulai dari mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang tidak dimaksudkan untuk membatasi nilai-nilai yang dapat dikembangkan pada pembelajaran SK/KD. Pendidikan karakter yang diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di SMP Wahid Hasyim ini guru memberikannya dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter yang diharapkan melalui pembelajaran dengan menggunakan beberapa strategi yang mendukung untuk pelaksanaan pendidikan karakter. Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaan pendidikan karakter di kelas adalah: peran aktif guru, partisipasi siswa, lingkungan/ suasana pembelajaran yang mendukung, teman, partisipasi orang tua. Upaya yang dilakukan dalam mendukung keberhasilan implementasi pendidikan karakter di SMP Wahid Hasyim Dinoyo adalah guru menciptakan suasana yang kondusif dengan strategi- strategi pembelajaran yang bervariasi, dalam kegiatan ekstrakulikuler didukung dengan adanya shalat dhuha berjama’ah, shalat duhur berjama’ah dan kantin kejujuran sebagai penunjang pengaplikasian siswa dalam menerapkan nilai-nilai karakter.
ABSTRACT
The impact of globalization is happening at the moment to forget the people of Indonesia to bring the nation's character education. Though education is a foundation of the nation's character is very important and needs to instill early on. Especially with the inequality of educational outcomes felt different views of the behavior of the current graduates of formal education, such as corruption, the development of free sex among teenagers, drugs, fights, and so forth. Religious education is one that has a focus on education to better provide the values and norms that give direction, meaning and purpose of human life.
Based on the above background, the problems that arise are (1) How does the implementation of character education on the subjects of Islamic Religious Education in the junior class VIII Dinoyo Wahid Hashim. (2) what are the factors that can support and inhibit the formation of the character of students in class VIII Junior Wahid Hashim Dinoyo?. (3) what efforts are being made to support the successful implementation of character education in junior Wahid Hashim Dinoyo?
The review and discussion of this thesis aims to: (1) describe the implementation of Character Education Lesson In Islamic Education in Junior Class VIII-Dinoyo Wahid Hashim, (2) To describe some of the factors supporting and inhibiting the implementation of character education in the Islamic religious education junior class VIII Wahid Hashim Dinoyo, and (3) to describe some of the efforts made to support the successful implementation of character education in junior Wahid Hashim Dinoyo
This study used a qualitative descriptive approach, with qualitative descriptive analysis techniques as well, namely in the form of exposure and the overall depiction of the actual circumstances of the relevant data, both written and oral object of study in these institutions. In the process of data collection, the authors used several methods, the methods of observation, interview and documentation. To support the presentation of data, the authors also include a variety of attachments associated with this research.
The results of research on the author can be submitted here that the implementation of character education in junior class VIII Wahid Hashim in the academic year 2011/2012, especially in the subjects of Islamic religious education in class VIII there are some character values that are applied in the study include: the value of honesty, the value of intelligence, toughness, the value of caring, discipline and some of the values of the other characters. As for the implementation of character education in the classroom starting from the planning stage. At the planning stage in the subjects of Islamic religious education in junior class VIII Wahid Hashim begins with identifying the values of the characters that are not intended to limit the values that can be developed in learning SK / KD. Implemented character education in the subjects of Islamic Religious Education in school the teacher gave Wahid Hashim to internalize the values of the expected character through learning by using several strategies that support for the implementation of character education. Factors inhibiting and supporting the implementation of character education in the classroom are: the active role of the teacher, student participation, the environment / atmosphere that supports learning, friend, parent participation. Efforts are made to support the successful implementation of character education in junior Wahid Hashim Dinoyo teachers create an atmosphere that is conducive to learning strategies are varied, in extracurricular activities supported by the Duha prayer in congregation, congregational prayers and canteen Ḑuhūr honesty as supporting application of the students in applying the values of the characters.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan; karakter dan Pendidikan Agama Islam; education; character and Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:58 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41442 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |