Zulmiati, Anisa (2012) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionlisme guru PAI di SMPN 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
08110120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran dikatakan berhasil apabila peserta didik memahami serta
menguasai materi yang disampaikan oleh seorang guru. Sedangkan secara operasionalnya keberhasilan itu banyak pula ditentukan oleh manajemen pendidikan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor didalamnya. Fakor-faktor tersebut diantaranya yakni: Guru, Materi, dan siswa. Akan tetapi faktor guru adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi suatu proses belajar mengajar. Guru professional adalah guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran. Kompetensi disini meliputi pengetahuan, sikap, dan kerampilan professional, baik yang bersifat pribadi, sosial, maupun akademis. Peningkatan profesionalisme guru tidak akan berjalan optimal tanpa adanya peranan kepala sekolah.
Berdasarkan hal diatas maka penelitian ini akan mencari 3 hal, yaitu 1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam menigkatkan profsionalisme guru PAI di SMPN 13 Malang, 2) bagaimana profesionalisme guru PAI di SMPN 13 Malang, dan 3) apa saja faktor yang mendukung dan menghambat profesionalisme guru PAI.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, karena untuk menggambarkan atau mendiskripsikan fenomena fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) profesionalisme guru PAI di SMPN 13 Malang sudah sangat baik, dalam melakukan proses belajar mengajar guru PAI selalu melakukan persiapan sebagaimana para guru pada umumnya. Selain menyipakan perangkat guru PAI juga selalu memperhatikan meode yang tepat untuk dignakan. 2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMPN 13 Malang sudah terwujud dengan memberikan pengawasan, bimbingan, serta melakukan kegiatan supervisi yang telah terjadwal masing-masing guru, yang dilaksanakan sebelum dan setelah guru melakukan proses belajar-mengajar. Kepala sekolah juga memberikan kebijakan kepada setiap guru untuk menyisihkan 10 % dari tunjangan profesinya, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. 3) Faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru PAI di SMPN 13 Malang yakni, untuk faktor pendukung dirasakan sudah sangat mencukupi, dimulai dari kepala sekolah yang selalu memberikan perannya dengan optimal, serta fasilitas-fasilitas yang diberikan disamakan dengan bidang studi pelajaran lainnya. Sedangkan faktor penghambat profesionalisme guru PAI d SMPN 13 Malang adalah dari faktor siswa saja.
ABSTRACT
Learning is successful when students understand and master the material
presented by a teacher and operationally the success is determined by management education that is influenced by several factors in it. Factors that includes; Teachers, Materials, and students. However, the teacher factor is the most dominant factor in influencing the learning process. Professional teachers are teachers who have the competencies required to perform the tasks of education and teaching. Competencies include knowledge, attitudes, and professional skill, both personally, socially, and academically. The teacher professionalism enhancement will not run optimally without a principal role.
Based on the above, this study will look for three things: 1) How does the role of principals in improving professionalism of PAI teacher at SMPN 13
Malang, 2) how professionalism of PAI teachers Malang in SMPN 13, and 3)
what are the factors that support and prohibit professionalism of PAI teacher.
In this study, researchers used a qualitative research, due to depict or describe what a phenomenon at this the sites. The techniques of data collection use the method of observation, documentation and interviews.
These results indicate that: 1) the professionalism of PAI teachers at SMPN 13 Malang has been very good; PAI teacher is always preparation as teachers in general for making of learning process. In addition to prepare the equipments, the PAI teachers also always take appropriate mode to be used. 2) The role of principals in improving the professionalism of PAI teachers at SMPN
13 Malang has been established to provide oversight, guidance, and supervision activities have been scheduled for each teacher, who carried out before and after the teacher do the teaching-learning process. Principals also provide policies to each teacher to set aside 10% of the allowances of his profession, to develop their potential. 3) supporting and inhibiting factors of professionalism of PAI teacher in SMPN 13 Malang that is, for the supporting factors are very adequate, starting from the school principal who always gives the optimal role, as well as facilities provided compared to the other subjects field. While the inhibiting factor of professionalism of PAI teachers in SMPN 13 Malang is factors of student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Profesionalisme Guru PAI; Principal Role; Professionalism of PAI Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:57 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41439 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |