Zainah, Sy. (2011) Penerapan reward dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Munir Ismail Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110178.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Belajar fikih merupakan hal yang sangat penting yang mana fiqih adalah syariat Islam yang harus dikerjakan oleh umat muslim. Fiqih mengatur segala hukum Allah yang berhubungan dengan segala pekerjaan mukalaf yang mana hukum ini diambil dari alqur’an dan as-sunnah dengan jalan Ijtihad. Seorang itu akan berhasil dalam belajar, kalau pada dirinya ada keinginan untuk belajar. Inilah prinsip dan hukum pertama dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, keinginan atau dorongan untuk belajar inilah yang dinamakan motivasi. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi siswa adalah bisa dilakukan dengan menggunakan penerapan reward kepada siswa, karena dengan memberikan reward siswa merasa dihargai segala prestasi dan juga usahanya. Reward merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh guru yang berupa barang atau pujian atau sebagainya sebagai umpan balik atas keberhasilan siswa, atau karena siswa mendapatkan nilai baik atau siswa bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
Atas dasar latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana penerapan reward yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih siswa di MTS Munir Ismail, implikasi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Munir Ismail.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas bersifat kuantitatif dan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dan skala likert.
Adapun data-data yang bersifat kualitatif maka digunakan analisa data penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah bentuk reward yang sering diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah bentuk rewad verbal berupa pujian(bagus, pintar, jawabanmu sudah bagus akan tetapi kurang tepat) dan bentuk reward non verbal berupa pemberian simbol atau benda. Kemudian setelah diterapkan reward ada peningkatan motivasi belajar siswa dibuktikan pada siklus I ada 43% yang memperoleh nilai B, ada 57 % yang memperoleh nilai C, dan yang memperoleh nilai A dan D kosong, kemudian pada siklus II ada peningkatan, diperoleh ada 89% yang memperoleh nilai B, dan 11% yang memperoleh nilai C, pada siklus ketiga baru ada anak yang memperoleh nilai A, sebanyak 35%, anak yang mendapatkan nilai B sebanyak 60% dan yang mendapatkan nilai C hanya 5%.
Berdasarkan hasil penelitian, di atas penulis memberikan saran sebagai berikut: hendaknya pemberian reward kepada siswa perlu diperhatikan, salah satunya yaitu sering diadakan program kompetisi atau perlombaan fiqih dikelas ataupun disekolah, dan memvariasi metode pengajaran, serta orang tua siswa lebih memperhatikan lagi kepada anaknya agar siswa dapat mempraktekkan pelajaran fiqih dalam kehidupan sehari-hari.
ABSTRACT
Learning fiqh is very important that where Islamic jurisprudence is to be done by Muslims. Fiqh manage all of God's law relating to all employment law mukalaf which is taken from the Quran and as-Sunnah by way of Ijtihad. One that will succeed in learning, if in itself there is a desire to learn. This is the principle and the first law in education and teaching activities, the desire or urge to learn this is called motivation. One way to increase student motivation is that it can be done using the application of reward to the students, because by giving reward students feel appreciated all the achievements and also his business. Reward is an award given by the teacher in the form of goods or a compliment or so as feedback on students success, or because students get good grades or students can answer questions properly and correctly.
On the basis of the above background, then the formulation of the problem is about how the application of rewards provided teachers in increasing students motivation to study jurisprudence at MTS Munir Ismail, the implications of the reward system in improving student motivation on the subjects of fiqh in MTS Munir Ismail.
This type of research that researchers use is classroom action research are quantitative and qualitative data collection is done by using the method of observation, and Likert scale.
The data is then used qualitative data analysis qualitative research. Results obtained from studies conducted by researchers are often given the form of rewards that teachers in increasing students' motivation is a form of verbal praise rewad (nice, smart, your answer was good but less precise) and non-verbal form of reward in the form of symbols or objects . Then, after application of the reward is increased student motivation evidenced on the first cycle there were 43% who earn a B, there are 57% who obtained a value of C, and the obtained value of A and D is empty, then on the second cycle is increased, there is obtained 89% of obtain the value of B, and 11% who obtained a value of C, the new third cycle there are children who get an A, as much as 35%, of children who get a B as much as 60% and a gain value of C is only 5%.
Based on research results, the above authors give the following advice: should the reward to the students to consider, one that is often held a competition or race jurisprudence programs in class or school, and varying teaching methods, and parents pay more attention again to his son for students can practice the lesson jurisprudence in everyday life.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Reward; Motivasi Belajar Fiqih; Reward; Motivation Learning Fiqh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 11:01 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 11:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41423 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |