Responsive Banner

Peran guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai Al-Akhlak Al-kKrimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif 01 Singosari

Alfina, Fitria Indah (2012) Peran guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai Al-Akhlak Al-kKrimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08110035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Guru agama dalam hal ini guru Aqidah Akhlak memegang peranan yang strategis dalam menanamkan nilai-nilai al-Akhlak al-Karimah pada siswa, peranannya sangat besar sekali dan tidak tergantikan oleh apapun. Peran guru Aqidah Akhlak dalam proses belajar mengajar sangat luas, tidak terbatas hanya sebagai pendidik dan pengajar saja. Akan tetapi akhir-akhir ini peranan guru Aqidah Akhlak mulai dipertanyakan eksistensinya secara fungsional karena disebabkan oleh munculnya serangkaian fenomena para siswa yang terlibat dalam aksi kejahatan dan lulusan pendidikan yang secara moral cenderung merosot, ini menunjukkan bahwa para siswa dan lulusan pendidikan tidak mempunyai pondasi al-Akhlak al-Karimah . Maka disini peran guru khususnya guru Aqidah Akhlak harus ditingkatkan dan diperhatikan lagi dalam menanamkan nilai-nilai al-Akhlak al-Karimah, agar para siswa mempunyai perilaku yang baik.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka skripsi ini ingin mengkaji tentang peran guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Al-Akhlak Al-Karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‟arif 01 Singosari. Dan rumusan masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah peran dan strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Al-Akhlak Al-Karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‟arif 01 Singosari? Adapun yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Ingin mengetahui peran dan strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Al-Akhlak Al-Karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‟arif 01 Singosari.

Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan interview. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian, sehingga memperoleh data- data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‟arif 01 Singosari.

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya dapat disampaikan bahwa Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Al-Akhlak Al- Karimah peserta didik di MTs Al-Ma‟arif 01 Singosari sangatlah penting, dan strategi yang penulis tawarkan dalam pembahasan skripsi ini adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam upaya Menanamkan Nilai-Nilai Al-Akhlak Al-Karimah peserta didik, kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.

ABSTRACT

Religious teacher in this part is Faith and Morality teacher plays a strategic role in installing the values of al-Akhlak al-Karimah in students, a very big role and is not replaced by anything. The role of religious teachers in teaching and learning is vast, not only as educators and teachers. However, recently the role of religious teachers began to be questioned its existence because of the emergence of some phenomena caused by series of students which engage in acts of crime and alumni’s morality which are likely to decline, this shows that students and alumni do not have the foundation of al-Akhlak al- Karimah. So here the role of teachers, especially teachers of religion should be improved and considered again in installing the values of al-Akhlak al-Karimah, so that the students would have good behavior.

Based on the background above, the thesis is to examine the role of Faith and Morality teacher in installing the values of al-Akhlak al-Karimah of Students in junior secondary school Al-Ma'arif 01 Singosari. And the research questions raised in this thesis are: How is the role and strategy of Faith and Morality teacher in Installing al-akhlak al- Karimah of Students in junior secondary school Al-Ma'arif 01 Singosari? The objectives of this study are: Want to find out the role and strategy of Faith and Morality teacher in installing al-Akhlak al-Karimah of Students in junior secondary school Al-Ma'arif 01 Singosari.

According to the type, this research includes descriptive qualitative research. The methods used in collecting the data are techniques of observation, documentation, and interview. With this method, it is expected to obtain the required data in the study, so that the data will be concrete in accordance with the needs of the research that is conducted at Students in junior secondary school Al-Ma'arif 01 Singosari.

The results of this study from the writer have done is that the role of faith and morality teacher in installing the values of al-Akhlak al-Karimah of Students in junior secondary school Al-Ma'arif 01 Singosari is very important, and the strategy that writer given in this thesis is one of alternative can do to installing the values of al-Akhlak al- Karimah of Students in junior secondary school, if there is better alternative, can be used as other suggestion so that this thesis can be develop an never-ending research.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asrori, Muhammad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAsrori, MuhammadUNSPECIFIED
Keywords: Guru Aqidah Akhlak; al-Akhlak al-Karimah; Teacher Education Religion Islam; al-Akhlak -al-Karimah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 14 Nov 2022 11:01
Last Modified: 14 Nov 2022 11:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41422

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item