Kamiarsih, Yanti (2012) Pola asuh dan peran orangtua dalam memilih pendidikan bermutu guna pembentukan Karakter Islami: Studi kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Anak adalah amanah di tangan orangtuanya. Hatinya masih suci ibarat permata yang mahal harganya. Apabila ia dibiasakan pada sesuatu yang baik dan dididik, niscaya ia akan tumbuh besar dengan sifat-sifat baik dan akan bahagia dunia dan akhirat. Anak juga merupakan perhiasan dunia yang akan menyenangkan hati orangtuanya, dan cara yang dapat ditempuh adalah melalui pola asuh orangtua dan pemilihan pendidikan yang tepat dan bermutu. Di mana pendidikan merupakan sarana yang mengantarkan seseorang pada pola berfikir universal, maksudnya adalah melalui pendidikan maka seseorang cenderung mempunyai nilai positif dan luas wawasan dibanding mereka yang tidak berpendidikan. Berangkat dari pemikiran inilah penulis ingin mengkaji dalam skripsi dengan judul Pola Asuh dan Peran Orangtua Dalam Memilih Pendidikan Bermutu Guna Pembentukan Karakter Anak Secara Islami di Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan model pola asuh orangtua dan menjelaskan peran orangtua dalam memilih pendidikan bermutu guna pembentuan karakter anak secara Islami di Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian ini dapat penulis simpulkan sebagai berikut: Pertama, model pola asuh yang dapat dilakukan orangtua guna membentuk karakter anak secara Islami adalah menekankan pada hal-hal: 1) menanamkan disiplin; 2) menanamkan perilaku mulia; 3) bimbingan dan nasehat; 4) membentuk akidah dan keimanan anak-anak; 5) membentuk keilmuan dan pengetahuan anak; 6) membentuk sisi sosial anak.
Kedua, model pemilihan pendidikan bermutu guna pembentukan karakter anak secara Islami adalah memilihkan sekolah dengan kriteria sebagai berikut: 1) faktor kurikulum; 2) kualitas yang ditawarkan sekolah; 3) peraturan disiplin yang dijalankan oleh sekolah; 4) pengaruh lingkungan yang dihadirkan oleh guru serta teman belajar; 5) ekstra kurikuler yang ada; 6) program yang ada di sekolah tersebut mampu mendisiplinkan siswa; 7) mampu melatih anak untuk mengasah kreatifitas karena banyaknya program yang diselenggarakan oleh lembaga; 8) mampu mengajak anak untuk bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungannya.
Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa model pola asuh dan peran orangtua dalam memilih pendidikan bermutu guna pembentukan karakter anak secara Islami yang penulis tawarkan dalam pembahasan skripsi ini adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membentuk anak mempunyai karakter yang Islami. Disiplin dan uswatun hasanah oleh orangtua di rumah dan pendidikan orangtua di sekolah (guru) merupakan salah satu cara untuk menjadikan anak mempunyai karakter Islami. Melihat beberapa kriteria yang telah disebutkan maka kecenderungan untuk memilih pendidikan di madrasah, sekolah umum berbasis Islam dan pesantren dengan alasan di lembaga pendidikan tersebut selain kurikulum umum dan Islam diajarkan, lingkungan Islami serta program- program terpadu yang membentuk karakter anak secara Islami telah disediakan dan diupayakan. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.
ABSTRACT
Child is entrusted in the hands of parents. His heart was like a sacred jewel of expensive. If he is accustomed to something good and educated, surely he will grow up with good qualities and be happy the world and the hereafter. Child is also a world of jewelry that will please the parents, and how that can be achieved is through parental upbringing and selection of appropriate and quality education. Where education is a means to bring someone to the universal thinking patterns, that is through education then the person tends to have a positive value and broad insight than those who are not educated. Departing from this idea the author wanted to examine the thesis entitled The Role of Parenting and Parents in Choosing a Quality Education To Children In Islamic Character Formation in the Village District Sidorejo Ponggok Blitar.
The purpose of this study was conducted to describe the model of parenting the parents and explain the role of parents in selecting quality education to children in Islamic character pembentuan Village District Sidorejo Ponggok Blitar.
In this research the authors used a qualitative descriptive research methods. In the course of data collection, the author uses the method of observation, interview and documentation. As for the analysis, the authors used a qualitative descriptive analysis techniques, namely the data is written or verbal behavior of people and observed that in this case the authors attempt to research thoroughly describe the nature of the real situation.
The results of this research the authors can conclude the following: First, the model of parenting that can parents do to shape the character of the Islamic way is the emphasis on things: 1) instill discipline, 2) instill noble behavior, 3) guidance and advice; 4) form a belief and faith of children; 5 ) establish the scientific and knowledge of children; 6) establish the child's social side.
Second, the selection of models for the formation of a quality education in Islamic character of the child is choose the school with the following criteria: 1) curriculum factors, 2) the quality of the school offered, 3) the rules of discipline which is run by the school; 4) the environmental impact presented by the teacher and learned friend; 5) that there are extra curricular; 6) program at the school is able to discipline students; 7) is able to train children to hone creativity because of the many programs organized by the institution; 8) capable of taking children to socialize well to its environment.
From these results the authors conclude that the model of parenting and the role of parents in choosing a quality education for the establishment of the Islamic character of the writer to offer in the discussion of this paper is one
alternative that can be done to establish the child has an Islamic character. Discipline and Hanz hasanah by parents at home and parents in school education (teacher) is one way to make children have an Islamic character. Looking at some of the criteria already mentioned the tendency to choose education in madrassas, Islamic schools and boarding schools based on the grounds at the institution in addition to the general curriculum and taught Islam, an Islamic environment and integrated programs that form the Islamic character of the child has been provided and intended . Even if there are other alternatives that may be better than what was said or written in this thesis, then it can be used as input or additions to this thesis continues to grow and do not stop here.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Asuh Orangtua; Peran Orangtua; Karakter Anak; Parents Parenting; Role of Parents; Kids Character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 11:00 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 11:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41417 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |