Khalida, Nurdiyana (2011) Penanaman Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak anak pada keluarga muslim di Desa Bulu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110165.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama dalam keluarga merupakan awal pembentukan kepribadian anak, baik dan buruknya kepribadian anak tergantung pada pendidikan serta lingkungan yang mengasuhnya. Disini peran orang tua sebagai guru (pendidik) anaknya sangat menentukan kualitas anak tersebut, terutama dalam membina akhlak anaknya. Sehingga orang tua dituntut untuk menjalankan kewajibannya menegakkan pilar-pilar pendidikan agama Islam dalam keluarga khususnya pada anaknya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Penanaman Pendidikan Agama Islam dalam keluarga muslim 2. Problematika pembinaan akhlak anak dalam keluarga muslim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, untuk analisis datanya penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif, dimana data yang peneliti peroleh berupa kata-kata atau gambar bukan merupakan angka-angka. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dilapangan menyatakan, bahwa penanaman Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak anak dalam keluarga Muslim di Desa Bulu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo, sudah berjalan dengan cukup baik dan cukup mendapatkan perhatian yang serius dari para orang tua dan pihak perangkat Desa Bulu sendiri, dan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh orang tua dalam keluarga Muslim materinya adalah akhlak, keimanan dan pengamalan syariat. Sedangkan problematika yang muncul diantaranya adalah bahwasanya seorang anak dalam keluarga akan berprilaku dengan mencontoh perilaku dari kedua orang tuanya atau orang yang berada dalam lingkungan keluarganya.
Keluarga atau orang tua yang berhasil menanamkan Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak anaknya dengan cara orang tua memperhatikan perkembangan akhlak anaknya secara maksimal, sehingga anak dapat menjalankan ibadah shalat lima waktu, dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik, dan juga sudah dapat menjalankan apa yang telah ditanamkan oleh orang tua tentang Pendidikan Agama Islam.
Sedangkan problematika yang terjadi diantaranya adalah orang tua yang terlalu memanjakan anak sehingga anak dapat melakukan suatu hal yang buruk, seperti pergaulan bebas, tawuran dan tidak menghormati orang tua.
ABSTRACT
Religious education in the early formation of the family is the child's personality, for better or worse depending on the education of the child's personality and a caring environment. Here the role of parents as teachers (educators) will determine the quality of her child, especially in fostering their children morals. So that parents are required to carry out its obligations to uphold the pillars of Islamic religious education in families, especially in children.
Objectives to be in to accomplish in this study were to determine 1.Planting Islamic Education in Muslim families 2. Problem of moral development of children in Muslim families.
This study used descriptive qualitative approach, in the process of data collection the author uses the method of observation, interviews and documentation, for data analysis techniques the author uses descriptive data analysis, where the researchers obtained data in the form of words or pictures are not the numbers.As for checking the validity of data using triangulation techniques.
Based on the results of field research that researchers do declare, that the cultivation of Islamic Education for foster children morals in a Muslim family in the village of Bulu Kraksaan Probolinggo District, has been running pretty well and getting enough serious attention from the parents and the village of Bulu own devices , and the implementation of Islamic Education by parents in Muslim families is the material character, faith and practice of the Shari'a. While the problems that arise that include a child in the family will behave with the modeled behavior of both parents or people who are in a family environment.
Family or parents who managed to instill Islamic Religious Education in fostering moral children in a way parents pay attention to character development of children to the maximum, so the kids can run the worship five daily prayers, fasting can run well, and also was able to run what had been implanted by parents about the Islamic Religious Education.
While the problems that occur include parents who are too indulgent of the child so the child can do something bad, such as promiscuity, fight and do not respect their parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; akhlak anak keluarga muslim; Islamic Education; Muslim family morals of children | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2022 15:17 | ||||||
Last Modified: | 11 Nov 2022 15:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41377 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |