Laili, Alfiatul (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Analisis peran guru Pendidikan Agama Islam di R-SMA-BI Negeri 1 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di R-SMA-BI Negeri 1 Batu, diperlukan upaya-upaya guru khususnya adalah guru PAI, karena siswa SMA masih sangat perlu mendapat bimbingan dalam pelajaran PAI. R-SMA-BI Negeri 1 Batu merupakan salah satu rintisan SMA bertaraf internasional di Kota Batu yang bertujuan agar para siswanya yang beragama Islam mampu dalam pelajaran PAI. Sedangkan pada kenyataaannya porsi jam pelajaran PAI 2 jam perminggu. Oleh karena itu, peneliti ingin mencoba mengungkapkan bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI.
Tujuan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui desain pembelajaran yang digunakan guru PAI, 2. Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di R-SMA-BI Negeri 1 Batu.
Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas, disini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini antara lain, yaitu: 1. Desain pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI di R-SMA-BI Negeri 1 Batu sudah sesuai dengan kurikulum yang ada. Metode yang dipakai sudah sangat mendukung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Para guru PAI telah melakukan penggabungan atau memvariasikan serta mengevaluasi desain pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dalam bentuk rancangan perencanaan pembelajaran, 2. Peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah a) Pembelajaran yang efektif dan menarik, b) Guru harus menjadi suritauladan yang baik, c) Mengadakan remidi atau tugas tambahan, d) Memberikan motivasi kepada siswa, e) Memperbanyak pelajaran praktek ibadah, f) Ekstrakurikuler BDI (Badan Dakwah Islamiyah), g) Adanya sarana dan prasarana pembelajaran PAI, h) Meningkatkan hubungan kerjasama antara GPAI dengan kepala sekolah dan guru-guru yang lain R-SMA-BI Negeri 1 Batu, i) Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara guru dengan siswa, j) Mengadakan evaluasi siswa.
Peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa menunjukkan siswa berperilaku positif, akan tetapi lebih baik lagi dipertahankan dan ditingkatkan. Diharapkan untuk selalu memberikan tauladan, perhatian, keikutsertaan dalam mengawasi sikap dan perilaku. Dan sebagai siswa hendaknya mentaati aturan-aturan, mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada untuk bekal masa depannya.
ABSTRACT
In order to improve student achievement in the State R-SMA-BI Negeri 1 Batu, required the efforts of teachers in particular are teachers PAI, because high school students still need guidance in learning PAI. The State R-SMA-BI Negeri 1 Batu is one of the pioneering international school in Batu Town that aims to make students who are Muslims capable of PAI lesson. While in reality a portion of PAI hour lessons is only 2 hours every week. Therefore, researchers wanted to try to reveal how the role of PAI teachers in improving student achievement PAI lesson.
Objectives to be discussed in this study were 1. To find out which teachers use instructional design PAI, 2. To determine the role of teachers in improving student achievement in PAI Lesson of The State R-SMA-BI Negeri 1 Batu.
To find out the problem and get clear data, here the authors use this type of qualitative research using a descriptive approach. The collection of data through observation, interviews and documentation. While the analysis of data using qualitative descriptive analysis method.
The results of this study, among others, namely: 1. Instructional design used by PAI’s teacher in the State R-SMA-BI Negeri 1 Batu is in conformity with the existing curriculum. The methods used have been very supportive in improving student achievement. PAI’s Teacher had been merged or varying the design and evaluate learning that has been created by teacher in planning the design of learning, 2. The role of PAI’s teacher in improving learning achievement students are a) learning effective and interesting, b) Teachers must be good deed, c) Hold remidi or additional duties, d) Provides motivation to students, e) Increase the lesson of worship practices, f) Extracurricular BDI (Da'wah Islamiyah Organization), g) The existence of learning facilities and infrastructure of PAI, h) Improve the relationship between GPAI collaboration both head master and other teachers of State R-SMA-BI 1 Batu, i) Increase the good cooperation relations
between teachers with students, j) Conducting an evaluation of students.
The role of PAI’s teacher in improving learning achievement students showed positive student behavior, but better maintained and improved. Expected to always provide models, attention, participation in overseeing the conduct and behavior. And as students should obey the rules, follow the activities available for the future.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru PAI; Prestasi Belajar Siswa mata pelajaran PAI; PAI Teacher; Student Achievement subjects PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 14:48 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 14:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41374 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |