Halimah, Nur (2011) Profil pendidik dalam perspektif Al-Qur’an: Analisis surat Luqman ayat 12–19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia. Pendidikan adalah gerbang menuju kehidupan yang lebih bermakna. Dan salah satu faktor penentunya adalah seorang pendidik yang profesional dibidangnya, yang mampu mengantarkan peserta didik menjadi pribadi muslim sejati (insan kamil). Akan tetapi realitas yang ada saat ini menunjukan bahwa pendidik belum mampu sepenuhnya mencetak sosok lulusan pribadi yang berakhlaqul karimah, kebanyakan dari mereka hanya mahir dalam aspek kognitif saja. Padahal yang kita ketahui pendidik bukan hanya melatih kecakapan kognitif semata, tetapi juga penanaman moral, mendidik rohani mereka untuk menjadi manusia yang lebih bijak dan tanggung jawab. Pendidikan dimulai sejak anak masih dalam kandungan, usia dini, hingga masa tua. seperti halnya Luqman yang arif, penuh kasih dan perhatian terhadap pendidikan putranya, sehingga cara, karakteristik dan muatan yang sampaikannya diabadikan dalam surat Luqman. Dan hingga saat ini, surat Luqman dijadikan landasan dasar pendidikan anak.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis merumuskan sebagai berkut: Bagaimana sifat seorang pendidik dalam surat Luqman ayat 12-19?. Bagaimana karakter seorang pendidik dalam Surat Luqman ayat 12-19?. Adapun tujuan penulisan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui sifat seorang pendidik dalam surat Luqman ayat 12-19, dan mengetahui karakter yang dimiliki oleh seorang pendidik yang terdapat dalam Surat Luqman ayat 12-19.
Dalam penulisan ini penulis mengunakan metode menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian diatas, antara lain: (a) metode deduksi, (b) metode induksi, (d) metode analisis diskriptif, dan (e) Metode tafsir tematik (Tafsir Maudhu'i). Mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena yang ada, maka penulis menggunakan pendekatan historis filosofis dan Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber utamanya adalah Al-Qur’an dan tafsir Al-Mishbah, tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Jalalain dan Tafsir al-Maroghi sebagai sumber utama dan sumber- sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian. Sesuai dengan sifat jenis data yang diperoleh, maka tekhnik analisa data yang dipergunakan adalah content analiysis, yaitu suatu teknik analisa data yang diharapkan mengkaji isi suatu objek kajian. Dalam hal ini, Sujono dan Abdurrahman mengutip teorinya Holsti mengatakan bahwa: content analysis adalah teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha-usaha, menemukan karakteristik pesan, dan dilakukan secara obyektif dan sistematis (Moloeng, Lexy.h. 163).
Dari pembahasan pada bab-bab sebelumnya tentang surah Luqman ayat 12-19 dapat disimpulkan bahwa profil pendidik dalam surat ini memiliki sifat dan karakteristik yang menyatu seluruh totalitas kepribadiannya. Diantaranya sifat yang harus dimiliki pendidik adalah: (1) Rabbaniyyah, (2) Zuhud, (3) Ikhlas, (4) Pemaaf, (5) Jujur, (6) Adil, (7) Sabar, (8) Kasih Sayang. Sedangkan karakteristik pendidik adalah: (a) Kebersihan, (b) Bersifat kebapaan, (c) Mengetahui tabiat peserta didik, (d) Menguasai materi.
ABSTRACT
Education is an important part of human life. Education is the gateway to a more meaningful life. And one of the determining factors is a professional educator in their fields, capable of delivering personal learners become a true Muslim (perfect beings). However, the current reality shows that educators have not been able fully to print the figure of private graduates who well behaved, most of them are only proficient in the cognitive aspects only. Yet we know educators not only to train cognitive skills alone, but also cultivation of moral, spiritual educate them to become wiser and human responsibility. Education starts since the child is still in the womb, early age, until old age. like Luqman the wise, loving and caring towards his son's education, so that way, the characteristics and load him convey Luqman enshrined in the letter. And until recently, Luqman letter made the basic foundation of education of children.
Based on the above description, the authors define as berkut: How does the nature of an educator in the letter Luqman verse 12-19?. How does an educator character verses 12-19 in Surah Luqman?. The purpose of writing is to be achieved is to know the nature of an educator in the letter Luqman verse 12-19, and knowing the character possessed by an educator is contained in the Letter of Luqman verse 12-19.
In this paper the author uses the method using several methods that are relevant to the theme of the assessment above, among others: (a) the deduction method, (b) the method of induction, (d) descriptive analysis method, and (e) method of thematic interpretation (Tafsir Maudhu'i .) Given the field of study as well as problems and phenomena that exist, the author uses the historical approach to philosophical and The type of research is the research library (library research) is a qualitative descriptive. The main source is the Quran and Tafseer Al-Mishbah, Tafseer Ibn Katheer, Tafseer Jalalain and Tafseer al-Maroghi as a primary source and other sources relevant to the theme of the study. In accordance with the nature of the type of data obtained, the data analysis technique used is content analiysis, namely a data analysis technique that is expected to review the contents of an object of study. In this case, Sujono and Abdurrahman citing Holsti theory says that: content analysis is any technique that is used to draw conclusions through the efforts, found the message characteristics, and conducted in an objective and systematic (Moloeng, Lexy.h. 163).
From the discussion in previous chapters about the surah Luqman verse 12-19 it can be concluded that the profile of educators in this letter have the nature and characteristics of a unified whole totality of his personality. Among these properties must be owned educators are: (1) Rabbaniyyah, (2) PIETY, (3) Ikhlas, (4) forgiving (5) Honest, (6) Fair, (7) Patience, (8) Valentines. While the characteristics of educators are: (a) Cleaning, (b) is fatherhood, (c) Identifying the nature of the learner, (d) To control the material.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profil; Pendidik; Al-Qur’an; Profile; Educators; Al-Quran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 13:59 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 13:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41372 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |