Penggunaan media foto untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-A MAN Kota Blitar

Mukhammad, Afif (2008) Penggunaan media foto untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-A MAN Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03160019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Proses belajar mengajar yang di selenggarakan di sekolah atau lembaga formal, dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan diri siswa secara terencana, baik perubahan dalam pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan atau sikap. Proses belajar mengajar di sekolah atau di lembaga formal sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Lingkungan belajar tersebut antara lain meliputi: siswa, guru, karyawan sekolah, bahan atau meteri pelajaran (buku paket, majalah, makalah dsb), sumber belajar lain yang mendukung dan fasilitas belajar (laboratorium, pusat sumber belajar, perpustakaan yang lengkap dan sebagainya).

Media foto adalah wahana pengantar pesan yang menggunakan foto sebagai alat bantu. Foto merupakan media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi. Foto ini dapat mengatasi ruang dan waktu. Sesuatu yang terjadi ditempat lain dapat dilihat oleh orang lain yang jauh dari tempat kejadian setelah peristiwa tersebut telah terjadi atau telah berlalu.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media foto mampu meningkatkan motivasi belajar serta penerapannya pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-A MAN Kota Blitar.

Penelitin ini di lakukan di MAN Kota Blitar Jl. Jati No. 78 Blitar pada kelas X-A. jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media foto pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok bentuk-bentuk pasar mampu meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya siswa kelas X-A MAN Kota Blitar. Hal tersebut dapat dilihat dengan hasil test yang kami lakukan sebelum dan sesudah menggunakan media foto, sebanyak 35 siswa nilainya mengalami kenaikan, 7 siswa nilainya tidak berubah serta 4 anak yang mengalami penurunan, meskipun mengalami penurunan nilai namun masih cukup. Selain dapat dilihat dari nilai dapat dilihat dari hasil wawancara serta pengamatan yang kami lakukan.

Sebagai saran dari peneliti yang diharapkan adalah dapat menjadi penrtimbangan bagi peningkatan mutu pendidikan ekonomi adalah sebagai berikut : (1) Guru hendaknya mengetahui metode apa yang dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. (2) Guru harus pintar-pintar memilih materi yang sesuai dengan media foto sebagai proses pembelajaran. (3 )Pengembangan dalam penggunaan media foto untuk proses belajar harus dikembangan sesuai dengan materi dan peserta didik agar memberikan manfaat yang lebih maksimal. (4) Selain media foto sebagai media pembelajaran tentunya masih banyak media-media lain yang harus guru fahami agar bisa bermanfaat dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bashith, Abdul
Keywords: Media Foto; Motivasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:46
Last Modified: 05 Aug 2016 09:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4137

Actions (login required)

View Item View Item