Permatasari, Linda Dwi (2011) Penerapan strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang sangat penting dalam suatu lembaga-lembaga sekolah yang mempunyai integritas tinggi, yang dapat membentuk kepribadian yang luhur, berakhlak dan berestetika. Namun pada kenyataannya Pendidikan Agama Islam semakin dianaktirikan, seolah-olah meningkatkan prestasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak diperlukan, akan tetapi berbeda dengan mata pelajaran umum yang semakin diminati dan semakin ditingkatkan karena siswa akan mendapatkan kontribusi secara langsung jika prestasi mata pelajaran umum mempunyai prestasi yang bagus dan memuaskan. padahal Pendidikan Agama Islam merupakan pondasi utama dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran umum.
Berangkat dari pemikiran tersebut maka peneliti menggunakan strategi pembelajaran Murder dalam mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu belajar dengan menggunakan otak, mempelajari gagasan-gagasan, memecahkan berbagai masalah, dan menerapkan apa yang dipelajari yang dilaksanakan di kelas XI IPa 3 SMAN 10 Malang Sampoerna Academy.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch) yang mengikuti model Lewin yang terdiri dari empat komponen, yaitu: a) perencanaan (Planing), b) Pelaksanaan (Acting), c) Pengamatan (Observing), dan d) Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tulis dan non tes dalam aspek (Kognitif. Afektif dan Psikomotor) dan pemberian angket pada siswa saat pre tes dan pada akhir siklus III. Berdasarkan data yang dihasilkan oleh peneliti melalui tes tulis, non tes dalam aspek (Kognitif. Afektif dan Psikomotor ) dan pemberian angket, Penerapan Strategi Pembelajaran Murder (mood, understand, recall, digest, expand, review) terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam Penerapan strategi pembelajaran pembelajaran Murder dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adannya peningkatan nilai non tes yang melingkupi siswa kelas XI IPA 3 mencakup kognitif, afektif, dan psikomotorik mengalami peningkatan setiap siklusnya, pada siklus I peningkatan terjadi sebanyak 20% pada siklus II peningkatan terjadi sekitar 40% dan pada siklus III mengalami peningkatan 50-60% siswa sehingga hasil tes mereka menjadi lebih baik dari pada siklus I.
Penerapan strategi pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adannya peningkatan nilai tes tulis dan tes lisan siswa kelas XI IPA 3 dengan hasil rata-ratasebagai berikut: pada siklus I =125,40 %, pada siklus II =147,27 % dan pada siklus III =159,90 %. Dengan peningkatan nilai siswa sehingga hasil tes mereka menjadi lebih baik dari pada siklus I. dari sini dapat kita lihat bahwa terbukti prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan strategi pembelajaran Murder (mood, understand, recall, digest, expand, review).
Semoga penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan di dalam dunia pendidikan terutama dalam pengelolaan pembelajaran yang efektif di dalam kelas, sehingga dapat mengkasilkan output yang berkualitas, professional, dan berbudi luhur. Dengan penelitian ini diharapkan juga guru-guru dapat memecahkan berbagai kesulitan belajar pada peserta didik dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam menjadi lebih baik.
ABSTRACT
Islamic Education is very important for institute school have a high integrity and popular school because with Islamic education to become someone have a good attitude, good authoritarial and perfect. But be in fact Islamic Education more and more shoved aside by education in school, so to incrase achievement for Islamic education not important, but different with general learning always more and more have high score because student will be found direct contribution if achievement in general learning have achievement very good and gratified. whereas Islamic Education is first pondation for incrase achievement study pada mata pelajaran umum.
For cogitation mentioned so researcher application learning strategy Murder to leasson Islamic Education for incrase achievement student is study with applying brain, study carefully concept, fine problem solution, and application what to application inside class XI Sience 3 SMAN 10 Malang Sampoerna Academy.
This application design reserch classroom action reserch class (Classroom Action Reserch) is follow lewin mode have 4 concept, is: a) Planing, b) Acting, c) Observing, and d) Reflecting. To make technique aggregation data can cara to application write test and abstract test in aspect (Kognitif. Afektif dan Psikomotor) and give student some kuesioner when pre tes and finishing cycle III. grounded date for write test, non tes in aspect (Kognitif. Afektif dan Psikomotor) and give kuesioner, Application learning Strategy Murder (mood, understand, recall, digest, expand, review) can proof incrase achievement study student for Islamic Education. Application strategy Murder can incrase achievement study student. This proof with score write test and non test have a high score after make murder strategy in student class XI SIENCE 3 for aspect kognitif, afektif, dan psikomotorik in every cycle have a high score, in cycle I high score is 20% in cycle II high score is 40% and in cycle I high score is 50-60% student so score test them more and more have a high score from cycle 1 until cycle III.
Application learning strategy Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) can incrase achievement study student. His proof with score non test in XI SIENCE 3 with score subjection mean is: in cycle I =125,40 %, in cycle II =147,27 % and in cycle III =159,90 %. With incrase score student more and more from cycle I until cycle III. In here we can see the proof of achievement study student can incrase with application learning strategy Murder (mood, understand, recall, digest, expand, review).
I hope this research can all to the good and amandable inside education world specially in management effective learning in class so can deliver output student high grade, professional, and kind hearted glorious. With this research I hope also teacher can solve problem difficulty study in student for incrase quality learning Islamic education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Murder; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Strategy; Murder; Achievement Study; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 11:11 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41359 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |