Ghufron, Moch. (2011) Implementasi metode Gallery Walk dan Small Group Discussion dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII E di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (973kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode merupakan salah satu unsur yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dan banyak sekali variasi yang bisa diterapkan guru guna untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru adalah metode Gallery walk dan Small group discussion, dengan penggunaan metode Gallery walk dan Small group discussion dalam pembelajaran pendidikan agama Islam diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran. Karena metode Gallery walk dan Small group discussion ini merupakan metode yang tidak hanya komunikasi satu arah (antara guru dan murid) akan tetapi bisa dua ataupun tiga arah (antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru). Di samping itu, metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memecahkan masalah dan siswa tidak hanya menjadi pendengar saja akan tetapi mereka ikut aktif di dalamnya. Dan mengingat betapa pentingnya ketepatan penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka penulis tertarik untuk membahas tentang “Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group Discussion dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII E Di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan implementasi metode Gallery walk dan Small group discussion dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Elliot, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan selama tiga Siklus.
Dengan diterapkannya metode ini, maka suasana kelas akan menjadi lebih hidup dan perhatian siswa akan terpusat pada materi yang disampaikan, karena siswa tidak hanya mendengar atau melihat penyajian materi tetapi dapat juga mengalami dari apa yang telah disajikan sebagaimana dalam kehidupan nyata. Sehingga siswa akan mendapatkan pemahaman yang cepat dan tepat, jika ada kesalahan, Guru dapat membetulkannya secara langsung. Pembelajaran yang efektif sangat penting diterapkan pada materi yang membutuhkan banyak praktek sehingga memakan banyak waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode Gallery Walk dan Small Group Discussion dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VIII E di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peningkatan efektitas yaitu: pre test skor perolehan: 6.80, skor ideal: 16, persentase: 40% menjadi skor perolehan: 9.47, skor ideal: 16, persentase: 59%. Sedangkan hasil observasi kegiatan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pada siklus 1 tergolong baik dengan perolehan skor 51 atau 75% sedangkan skor idealnya adalah 68. Pada siklus II skor perolehan: 10.45, skor ideal: 16, persentase: 65 %. Sedangkan hasil observasi kegiatan guru mengalami kemunduran dari siklus pertama. Dari skor ideal 68 nilai yang diperoleh adalah 45 atau 66%. Dan pada siklus III peningkatan efektifitas belajar siswa yaitu skor perolehan: 12,9 skor ideal: 16, persentase: 80 %. Sedangkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus ketiga memperoleh skor perolehan 63 dari skor ideal 68 atau 93 %. Sehingga nantinya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih metode yang dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa.
ABSTRACT
The method is a necessary element in the achievement of the objectives of learning of Islamic religious education and a large number of variations that can be applied to teachers in order to achieve the objectives of Islamic religious education learning. One method that can be used by teachers methode of Gallery walk dan Small group discussion, with the use of the methods of the Gallery walk and Small group discussion in the teaching of Islamic religious education is expected to increase the effectiveness of learning. Because the method of the Gallery walk and Small group discussion is a method that not only a means of communication between teachers and students), but it could be two or three tracks (among students and students and students with teachers). In addition, this method is intended to improve the ability to think, solve problems and students not only to be so only oidores, but that they are actively involved in it. And given how important accuracy method in teaching and learning activities, in particular, to achieve the objectives of the study, the authors are interested in discussing “Implementation Method of Gallery Walk and Small Group Discussion Discussion to Improve The Effectiveness Of The Training Of Islamic Religious Education Class VIII E In The State SMP 1 Banyuanyar Probolinggo”.
The purpose of this study was to determine methods of implementation and application Gallery walk dan Small group discussion to improve the effectiveness of the learning by the Islamic Organization for the religious education Class VIII E In The State SMP 1 Banyuanyar Probolinggo. This research includes studies class action (Class Action Research) types of collaborative. Phase of this study should model developed by Elliot, namely in the form of spiral cycle, which includes the planning, execution, monitoring and reflection is for three cycles.
With the implementation of this method, then the atmosphere will become more lively classroom and students attention will focus on the material presented, because the students not only listen to or watch the presentation of the material, but also the experience of what has been presented as in real life. So that students will develop understanding of fast and accurate, if there are errors, teachers can fix it right. Very important for effective learning applied to material that requires lots of practice that takes a long time.
The results showed that, the implementation of the Gallery walk and Small group discussion is improving the effectiveness of student learning in topics Islamic Religious Education Class VIII E In The State SMP 1 Banyuanyar Probolinggo. This can be seen in the results of the research that has been implemented, the increase effectiveness to know: the acquisition of skills in the previous tests: 6.80, perfect score: 16, percentage: 40% to a score of acquisition: the score of 09: 47ideal: 16, percentage: 59%. While the observation of teachers in the learning activities of Islamic religious education in cycle 1 are classified as good with the score of the acquisition of 51 or 75%, while the perfect score is 68. In cycle II score of acquisition:, 10:45 ideal value: 16, percentage: 65%. While the results of teacher observations to decline from the first cycle. Of the 68 values obtained by the ideal score is 45 or 66%. And on the third cycle of increasing effectiveness of student learning is the acquisition score: 12.9 ideal score: 16, percentage: 80%. While observing the activities of teachers in the third cycle of acquisition score 63 of the ideal score 68 or 93%. So that later the results of this study can be used as consideration in choosing a method that can increase the effectiveness of student learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Gallery Walk dan Small Group Discussion; Efektifitas Pembelajaran; PAI; Method Gallery Walk And Small Group Discussion; Effectiveness Of Learning; PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 10:04 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 10:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41354 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |