Muzakki, Hawwin (2011) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Balerejo Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta perkembangan motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo Madiun. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan selama II Siklus.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi siswa kelas VIII D, dengan mendapat nilai rata-rata 72 dan skor pertambahan nilai 23,6 yang pada nilai awal hanya mendapat nilai rata-rata kelas 58. Dalam STAD skor pertambahan nilai 23,6 diartikan sebagai kelas yang sangat baik. Karena, mampu mendapat perkembangan skor antara 20-25. Siklus II dengan rata-rata nilai 77 dan mendapat rata-rata skor pertambahan nilai 25,6 yang diartikan sebagai kelas yang sempurna karena mampu mendapat perkembangan skor antara 25-30. Dan rata-rata nilai kelas kontrol mendapat 70 dan 71,5.
Motivasi berprestasi siswa VIII D SMP Negeri 2 Balerejo dalam siklus I dan II juga mengalami kenaikan. Pada siklus I mendapat prosentase keseluruhan 76,3%, sedangkan siklus II naik menjadi 84,8%, yang artinya ada kenaikan sejumlah 8,5%. Kenaikan itu dikarenakan 10 siswa pada siklus I aspek dorongan berprestasi dalam kelompok yang masuk kategori cukup baik, pada siklus II sudah berusaha diperbaiki dan menjadi baik. Kenaikan juga terjadi di aspek partisipasi dalam kelompok, 10 siswa yang berkategori cukup baik naik menjadi baik. Aspek motivasi dalam mendalami Pendidikan Agama Islam, 5 siswa yang berkategori cukup baik naik ke kategori sangat baik. 10 siswa juga mengalami kenaikan dari kategori baik ke sangat baik dalam aspek usaha menyelesaikan tugas dengan baik. Dan dalam aspek motivasi dalam berprestasi individu meningkat 9 anak, dengan rincian 1 anak kategori kurang baik naik ke kategori baik, dan 1 anak kategori cukup baik menjadi sangat baik, dan 7 anak kategori baik naik ke kategori sangat baik.
ABSTRACT
PAI purpose of this study is to investigate the implementation of STAD cooperative learning model types and the development of motivation and learning achievement of the Islamic Religious Education in the VIII D State Junior High Schools 2 Balerejo Madiun. This research includes studies class action (Classroom Action Research) type of collaborative. Phase of this study follows a model developed by Kemmis and Mc Taggart, namely in the form of a spiral cycle which includes planning, implementing action, observation, and reflection committed during the Second Cycle.
Based on research results, it can be concluded that the improvement in student achievement VIII D, with an average score of 72 and 23.6 is the value- added score at the initial value only gets an average rating value 58. In STAD 23.6 score is defined as a very good class. Because, can get a score between 20-25 developments. Cycle II with an average rating of 77 and get the average value added score of 25.6 which translates as the perfect class to be able to get a progress score between 25-30. And class control can get average rating of 70 and
71,5.
Student achievement motivation VIII D State Junior High Schools 2 Balerejo in cycles I and II also increases. In cycle I get a percentage of 76.3% overall, while the second cycle increased to 84.8%, which means there is an increase of 8.5%. This increase was caused by the 10 students on aspects of the first cycle of performance boost in the incoming group category is good enough, on the second cycle has been trying to improve and become better. Improvement also occurred on the aspects of participation in the group, 10 students who are categorized well enough to be a good trip. Aspects of motivation in studying the Islamic Religious Education, 5 students who were categorized into either until the very good category. 10 students also increased from good to very good category in the business aspects of a job well done. And in the aspect of motivation in the achievement of individuals increased by 9 children, with details of a child ride in the category of categories is not good either, and 1 child is either very good category, and 7 children ride a good category to category very well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD; Motivasi dan Prestasi Belajar; PAI; Model type STAD Cooperative Learning; Motivation and Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 10:03 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 10:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41353 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |