Responsive Banner

Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa di SMA Islam Almaarif Singosari Malang

Rifki, Mustofa (2008) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa di SMA Islam Almaarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03160015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (938kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Yang mana tujuan dari pendidikan adalah memanusiakan manusia seutuhnya. Siswa sebagai agen penentu keberhasilan dalam sebuah lembaga pendidikan tentu diharapkan berprestasi dengan baik, baik didalam belajarnya maupun dalam kegiatan lainnya, siswa sebagai individu diharapkan dapat menggali potensi diri dan mengembangkan rasa percaya diri didalam kehidupannya sehari-hari. Dengan rasa percaya diri yang dimilikinya, individu siswa akan sangat dengan mudah berinteraksi didalam lingkungan belajarnya.

Rasa percaya diri adalah sikap percaya dan yakin akan kemampuan yang dimiliki, yang dapat membantu seseorang untuk memandang dirinya dengan positif dan realitis sehingga ia mampu bersosialisasi secara baik dengan orang lain. Seseorang yang selalu beranggapan bahwa dirinya tidak mempunyai kemampuan, merasa dirinya tidak berharga, merupakan gambaran diri orang yang mempunyai rasa percaya diri rendah. Setiap individu siswa memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian dan pembentukan rasa percaya dirinya dan tentu berpengaruh terhadap prestasi belajar disekolahnya. Dari latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana rasa percaya diri dan prestasi belajar serta pengaruhnya rasa percaya diri terhadap prestasi siswa di SMA Islam Almaarif Singosari Malang.

Tujuan penelitian ini untuk mnegetahui bagaimana tingkat rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa sertapengaruhnya rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berusaha untuk

mengetahui bagaimana pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode angket, wawancara dan dokumentasi di gunakan sebagai data pelengkap. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, dan Reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dengan uji t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif atau siginifikan antara rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan t hitung = 3,15 dan t tabel = 1,99 maka t hitung > t tabel. Sedang nilai R Squere sebesar 0,113 berarti bahwa variabel bebas percaya diri (X) mampu menerangkan variabel terikat prestasi belajar (Y) sebesar 11,3 % sedangkan sisanya sebesar 88,7 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rasmianto, Rasmianto
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRasmianto, RasmiantoUNSPECIFIED
Keywords: Percaya Diri; Presatasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 04 Aug 2016 21:30
Last Modified: 04 Aug 2016 21:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4134

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item