Witron, M. Miftakhul (2011) Penerapan metode bandongan dalam memahami kitab Adabul Alim Wa Al-Muta’alim di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fakta yang mengemuka di lapangan, istilah kitab kuning atau kitab klasik adalah istilah kitab-kitab berbahasa Arab, yang dicetak dengan kertas warna kuning (karena belum ada kertas putih seperti sekarang) dengan alat cetak sederhana, monoton, kaku, dan cenderung kurang nyaman dibaca. Kitab-kitab ini seringkali tidak dijilid, melainkan hanya dilipat saja dan diberi cover dengan kertas yang lebih tebal. Pada umumnya pada pembelajaran kitab kuning memakai dua sistem. Pertama, sistem sorogan (individual) dan bandongan/wetonan (kolektif). Kedua sistem ini masih tetap dilakukan sampai sekarang untuk mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik sebagai inti pendidikan di pondok pesantren. Walaupun sebagian Pondok Pesantren berorientasi modern, termasuk Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng berusaha mengabadikan sejarah dengan mengintegrasikan sistem salafi pada sekolah formal (madrasah).
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1). Bagaimana penerapan metode Bandongan terhadap kitab Adabul ‘Alim Wa al-Muta’allim di Madrasah Aliyah Syalafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang?, (2).Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran kitab Adabul ‘Alim Wa al-Muta’allim dengan menerapkan metode bandongan di Madrasah Aliyah Syalafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang?, (3). Upaya apa saja yang akan dilakukan untuk menghadapi penghambat dalam pembelajaran kitab Adabul ‘Alim Wa al-Muta’alim di Madrasah Aliyah Syalafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang?
Dari rumusan tersebut bertujuan untuk; (1). Mendeskripsikan penerapan metode Bandongan terhadap kitab Adabul ‘Alim wa al-Muta’alim di Madrasah Aliyah Syalafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang, (1).Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran kitab Adabul ‘Alim wa al-Muta’alim dengan menerapkan metode bandongan di Madrasah Aliyah Syalafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang, (3). Untuk mengetahui upaya apa saja yang akan dilakukan untuk menghadapi faktor penghambat dalam pembelajaran kitab Adabul Alim wa al-Muta’alim di Madrasah Aliyah Syalafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pemahaman siswa terhadap kitab klasik (gundul) khususnya kitab Adabul alim wa al-muta’alim tidak lepas dari peran para pendidik, karena sebuah proses pembelajaran pendidik dituntut menguasai metode-metode pembelajaran dan menguasai dalam menyampaiaan materi, sebab sebaik apapun materi yang akan disajikan pada peserta didik, jika tidak diikuti oleh metode penyampaian yang sesuai, maka materi tersebut tidak akan dapat dicerna oleh peserta didik dengan maksimal.
Metode bandongan digunakan pada pembelajaran kitab Adabul alim wa al- muta’alim di Madarasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas dan keaktifan siswa agar lebih giat mempelajari kitab kuning, sebab dengan metode ini siswa akan terlatih kemandiriannya dan kesabarannya dengan demikian nantinya mereka mampu menerapkan dan mengamalkan intisari kitab Adabul alim wa al-muta’alim dalam kehidupan sehari-hari.
ABSTRACT
The fact that surfaced in the field, the term yellow book or a classic book is the term Arab-language books, which are printed with a yellow paper (because there is no white paper as it is now) with a simple print, monotonous, rigid, and tend to be less comfortable to read. These books are often not bound, but just folded it and given a cover with a thicker paper. In general, the yellow book on learning to use the two systems. First, the system sorogan (individual) and bandongan/wetonan (collectively). Both of these systems still remain to this day to defend the teaching of classical books as the core of education in boarding school. Although some modern-oriented boarding school, including Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng trying to capture history by integrating the system salafi in formal schools (madrassas).
Based on the above background, then the problems that arise are (1). How the application of the method bandongan of the book Adabul alim wa al-muta'alim in Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang?, (2). What are the supporting factors and obstacles encountered in learning the book Adabul' Alim wa al-muta'alim by applying the method bandongan in Madrasah Aliyah Syalafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang?, (3). The effort is what will be done to face the obstacles in learning the book Adabul alim wa al-muta'alim in Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang?
From the formulation aims to: (1). Describe the application of the method bandongan of the book Adabul alim wa al-muta'lim in Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang (1). To know the supporting factors and obstacles encountered in learning the book Adabul Alim wa al-Muta'alim with applying the method in Madrasah Aliyah bandongan Syalafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang, (3). To find out what efforts will be made to face the obstacle of learning the book Adabul alim wa al-muta'lim in Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng Jombang.
By type of research include qualitative descriptive study with a phenomenological approach. Methods of data collection using the method of observation, interviews, documentation. And analysis of qualitative data is descriptive. From the results it can be concluded that the quality of students' understanding of classical texts (bald), especially the book of pious Adabul alim wa al-muta'alim not be separated from the role of educators as a learning process educators are required to master the methods of learning and mastering the material menyampaiaan, because as well as any material that will be presented to the learners, if not followed by the appropriate delivery method, then the matter
will not be digested by learners with a maximum.
Bandongan learning methods used in the book of pious Adabul alim wa al-muta'alim in Madarasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng aims to foster creativity and liveliness to be more enterprising students studying yellow book, because with this method students will be trained independence and thus eventually their patience able to apply and practice the essence of the book of pious Adabul wa al-muta'alim in everyday life.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Bandongan; Kitab Adabul Alim Wa Al-Muta’alim; Methods bandongan; Book Adabul Alim Wa Al-Muta'alim | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 10:01 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 10:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41336 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |