AM, Ahmad Aly Syukron (2011) Pendekatan Quantum Teaching dalam proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Quantum Teaching adalah penggubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya. Quantum Teaching merupakan sesuatu yang baru dan asing bagi kebanyakan sekolah yang ada di Indonesia, sehingga masih jarang sekolah- sekolah yang menerapkan metode ini dalam melaksanakan pembelajaran. Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching, karena strategi tersebut bisa diterapkan di Madrasah. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui metode yang ada pada Quantum Teaching di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari. berpijak dari hal inilah peneliti tertarik mengambil judul “Pendekatan Quantum Teaching dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang”
Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah yang diangakat oleh peneliti adalah 1) Bagaimana pelaksanaan dan model pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang? 2) Hambatan-hambatan dalam penerapan Quantum Teaching pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang?
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang ada di lokasi penelitian. Data yang diambil penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun secara sistematis maka langkah- langkah peneliti dalam menganalisis data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam memfokuskan kepada hal-hal yang penting, kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel dan lain sebagainya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang di rumuskan sejak awal.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan dan model pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang adalah pertama menjelaskan manfaat materi bagi kehidupan siswa (tumbuhkan), kedua mengaitkan materi dalam kehidupan sehari-hari (alami), Ketiga memberikan kata kunci, rumus dan strategi sebagai masukan (namai), Keempat guru dan siswa menyimpulkan materi (demontrasikan), kelima siswa mencatat materi (ulangi). selanjutnya memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa
(rayakan) dan model pembelajaran berbentuk U. (2) Hambatan yang dihadapi dalam penerapan Quantum Teaching pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang antara lain yaitu terbatasnya pengetahuan dan penguasaan yang dimiliki oleh para guru tentang quantum teaching sebagai metode yang masih baru, terbatasnya sarana dan fasilitas pendidikan dan terbatasnya waktu yang dialokasikan.
ABSTRACT
Quantum Teaching something new and unfamiliar to most schools in Indonesia, so it is still rare for schools that use these methods in the study. Teaching Quantum is the ideal model of learning, because it emphasizes collaboration among students and teachers to achieve a common goal. Learning model is also effective because it allows students to learn with all the atmosphere. Therefore the author would like to solve problems with Quantum Teaching learning strategies, because such a strategy could be applied in the Madrasah. Penilitian goal is to find methods that exist in Teaching at the Madrasah Aliyah Quantum Almaarif Singosari Malang. On this basis the researchers are interested to take the title “Quantum Teaching in the Process of Learning Subjects of Aqidah Akhlak the Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang”.
Based on the above background, the researchers investigated of problems are: 1). How is the implementation and model of learning by using Quantum Teaching methods in the subjects of Aqidah Akhlak in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. 2). Any obstacles encountered in using learning Quantum Teaching methods in subjects Aqidah Akhlak in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang.
The study was conducted using qualitative research methods with the aim to explain or describe the phenomena that exist at the site. Data taken from research through observation, interviews, and documentation. In order to study systematically arranged, then investigators step in analyzing the data were: First, by selecting things that are important in focusing on things that are important. Second, the present data carried in the form of brief descriptions, tables, and so on. Third, draw conclusions, in order to answer the formulation of the problem was initially formulated.
The results can be concluded that: (1). Implementation and model of Quantum Teaching learning by using the method on the subjects of Aqidah Akhlaq Teaching in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang there are several steps, namely: first explain items benefit to life of student ( grow), second hooking;correlating items in everyday life ( natural), Third give keyword, strategy and formula as input (name), Fourthly of student and teacher conclude items (demontrasikan), fifth of student note items (repeat). hereinafter give praise or appreciation to student (study model and celebrate) in form of U. (2). the obstacles encountered in using the techniques of quantum subjects teaching of Aqidah Akhlak in the Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang, inter alia, the limited knowledge and skill which belongs to the quantum teacher training methods, which are new, limited opportunities and educational institutions, as well as the limited time available.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Quantum Teaching; Aqidah Akhlak; Quantum Teaching; Aqidah Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 10:00 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 10:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41332 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |