Pengaruh perilaku guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI di MAN Trenggalek

Luthfi, Abdul Haris (2008) Pengaruh perilaku guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI di MAN Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03160007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (997kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Tujuan dan fungsi pendidikan seperti yang tercantum dalam UU SISDIKNAS Bab II Pasal 2 yaitu: pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggunng jawab. Dilihat dari tujuan dan fungsi pendidikan maka pendidikan merupakan hal yang utama karena dapat membawa dampak yang besar terhadap kemajuan peradaban bangsa. Dengan demikian pendidikan harus dikelola secara profesional, sehinggga dapat memberikan hasil lulusan yang berkualitas. Ukuran keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari seberapa tinggi prestasi yang diraih siswa dalam belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari luar siswa (ekstern) dan faktor dari dalam siswa (intern).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perilaku guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Trenggalek, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Trenggalek, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perilaku guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Trenggalek.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (penelitian menjelaskan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Dalam penelitian ini instrumen utama yang digunakan adalah angket untuk mengungkap perilaku guru dan motivasi siswa yang dipersepsikan oleh siswa dan dokumentasi untuk mengungkap data prestasi belajar siswa. Adapun analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian yang didapat bahwa: (1) Tidak ada pengaruh yang positif signifikan antara variabel perilaku guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Trenggalek, ditunjukkan dengan nilai t hitung = 0,897<t tabel=2,000. (2) Ada pengaruh Yang positif signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Trenggalek, ditunjukkan dengan nilai t hitung =15,121>t tabel = 2,000. (3) Ada pengaruh yang positif signifikan antara variabel perilaku guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Trenggalek, ditunjukkan dengan nilai F hitung = 125,759>F tabel = 3,17. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi semua pihak yang terkait dapat menjadikannya sebagai masukkan dan sumber-sumber informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yunus, Muh
Keywords: Perilaku Guru; Motivasi Belajar; Pretasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:30
Last Modified: 04 Aug 2016 14:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item