Ningsih, Siti Rofi'ah (2008) Korelasi antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Disiplin adalah hal yang sangat penting ditanamkan pada diri setiap individu, lebih-lebih kepada diri seorang peserta didik. Tidak ada hal yang lebih penting dalam manajemen diri dibandingkan dengan disiplin. Selain pentingnya menemukan arah dan tujuan hidup yang jelas, disiplin merupakan syarat mutlak untuk mencapai impian atau melaksanakan misi hidup. Peserta didik harus dilatih disiplin dalam mengembangkan diri (life time improvements) dalam segala aspek, harus disiplin dalam mengelola waktu, mengelola uang, serta harus disiplin dalam mengelola ketrampilan mereka dalam setiap bidang yang mereka pilih.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang hanya menggambarkan gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya dan data yang bersifat angket. Pengambilan sampel berdasarkan asumsi apabila subyek berjumlah lebih dari 100 maka peneliti dapat mengambil sampel antara 10%-25% atau lebih. Dalam hal ini, sampel diambil sebesar 100 responden dari populasi (siswa kelas I, II, dan kelas III sejumlah 100).
Hubungan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri Paiton Probolinggo sebesar 19,5 ini menandakan bahwa ada korelasi antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa kesiplinan peserta didik di MTs Negeri Paiton Probolinggo yang tinggi dapat membuahkan hasil yang baik, selain prestasi yang diraih dalam proses belajar mengajar sehari-hari, dengan disiplin juga dapat memperoleh prestasi yang berupa penghargaan dari setiap kompetisi (perlombaan) yang diikutinya.
Dari hasil perhitungan rumus KK (Koefisien Kontigensi) diperoleh nilai 0,403 nilai sebesar ini apabila dimasukkan dalam standar nilai dengan kriteria nilai terletak pada 0,400 – 0,600 yang berarti dalam kategori agak rendah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan dan prestasi belajar peserta didik MTs Negeri Paiton Probolinggo yaitu berupa faktor intern yang timbul dari dalam diri mereka sendiri dan faktor ekstern yang timbul dari lingkungan sekitar mereka baik keluarga, sekolah, guru, teman dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kedisiplinan Peserta Didik; Prestasi Belajar Peserta Didik | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 22:16 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2016 22:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4129 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |