Hidayati, Nurul (2012) Penggunaan bahan ajar berbasis Multimedia dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-J pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kediri II Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110208.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Bahan ajar/ materi merupakan komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar memiliki posisi penting dalam pembelajaran, yakni sebagai representasi (wakil) dari penjelasan guru di depan kelas. Keterangan-keterangan guru, uraian-uraian yang harus disampaikan guru, dan informasi yang harus disajikan guru dihimpun di dalam bahan ajar. Searah dengan perkembangan zaman saat ini bahan ajar sudah banyak disajikan dalam bentuk multimedia atau CD Interaktif. Untuk itu perlu bagi seorang pendidik untuk menyusun bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, karena apabila dalam penyusunan bahan ajar disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik maka ia akan termotivasi dalam belajar.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan bahan ajar berbasis multimedia dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah-akhlak di MAN Kediri II kota Kediri. Sehingga fokus rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pola penggunaan bahan ajar berbasis multimedia dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah-akhlak? (2) Apakah penggunaan bahan ajar berbasis multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-J pada mata pelajaran akidah-akhlak di MAN Kediri 2 kota Kediri?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali tatap muka. Penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yaitu perencanaan tindakan (Planning), penerapan tindakan (Action), mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (Observation and evaluation), dan melakukan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (criteria keberhasilan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-J MAN Kediri II kota Kediri.
Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwasannya Pola Penggunaan bahan ajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Aqidah akhlak di MAN Kediri II Kota Kediri dengan menggunakan multimedia berbasis komputer yakni berupa software power point dan LCD, dengan dilengkapi gambar, animasi dan video. Penggunaan Bahan ajar berbasis multimedia berhasil meningkatkan motivasi siswa kelas X J MAN kediri II Kota Kediri dengan perbandingan prosentase antara hasil pre test dengan post tes atau siklus III adalah dari hasil pre test 20 menjadi hasil post test atau siklus III 40 dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan perbandingan hasil pre test 73, 9 menjadi hasil post test atau siklus III 85, 25. Jadi Setelah penggunaan bahan ajar berbasis multimedia motivasi siswa kelas X J MAN Kediri II Kota Kediri meningkat 50 %, sedangkan hasil belajar siswa meningkat 86 %.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, bahwasannya penggunaan multimedia sofware power point perlu diterapkan pada bidang studi Akidah Akhlak dan pada mata pelajaran yang lain, agar guru senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dalam pengajarannya guna meningkatkan motivasi belajar siswa, serta perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan penggunaan multimedia terhadap motivasi belajar siswa desain eksperimen dengan menggunakan kelompok kontrol, sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih akurat, valid dan reliable.
ABSTRACT
Teaching material / materials is an important component in teaching and learning activities. Teaching materials has an important position in learning, ie as a representation (representative) of explanation to the class teacher. Teachers' descriptions, the descriptions are to be delivered teacher, and teacher information gathered should be presented in the materials. In keeping with the times now are a lot of teaching materials presented in the form of multimedia or interactive CD. It is necessary for an educator to develop teaching materials tailored to the characteristics and needs of the students, as if in preparation of teaching materials tailored to the needs of the students he will be motivated to learn.
The study was conducted to determine the use of multimedia-based teaching materials to improve students' motivation on subjects moral creed. So the focus formulation of the problem in this study are: (1) How does the pattern of use of multimedia-based teaching materials in increasing the motivation to learn in MAN of Kediri II City of Kediri? (2) Is the use of multimedia-based teaching materials can increase the motivation and results belajarsiswa XJ classes on the subjects of moral theology at the MAN of Kediri II City of Kediri?
This research is action research, using qualitative approaches. The study was conducted with three cycles and each cycle consists of two face to face. This study follows the model of Kemmis and Mc Taggart is planning act (planning), the implementation of the action (action), to observe and evaluate the process and outcome measures (observation and evaluation), and reflection (reflection), and so on until the repairs or improvements are expected to be achieved (success criteria). The sample in this study were students in grade II XJ MAN of Kediri II City of Kediri.
Based on proven research results, Usage Patterns in a multimedia-based teaching materials of learning Akidah Akhlak MAN Kediri II Kediri using computer-based multimedia software in the form of power point and LCD, complete with pictures, animations and video. The use of multimedia-based teaching materials increased the motivation of students in grade X-J MAN kediri II Kediri the percentage ratio between the pre test to post test or cycle III is from the pre test 20 to post test results or III 40 cycles and improve student learning outcomes in comparison pre-test results of 73, 9 to the post test or cycle III 85, 25. So after the use of multimedia-based teaching motivated students in grade X-J MAN Kediri II Kediri increased 50%, while the learning outcomes of students increased by 86%.
From the results of this study, researchers gave some suggestions for consideration for several parties, including the teachers, the use of multimedia powerpoint software needs to be applied on fields of study Akidah Akhlak and other subjects, for teachers to constantly make efforts in improving the teaching to enhance students 'motivation, as well as further research needs to be done to prove the use of multimedia on students' motivation experimental design using control groups, so as to produce research that is more accurate, valid and reliable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Multimedia; Motivasi; Hasil Belajar; Akidah-Akhlak; Teaching Materials; Multimedia; Motivation; Learning Outcomes; Akidah Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2022 09:03 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2022 09:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41288 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |