F, Moch. Hafidz (2012) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Nabi Musa As dan Nabi Khidir As: Telaah tafsir Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 06-28. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110261.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an yang merupakan sumber utama pendidikan Islam berbicara banyaktentang pendidikan, baik mengenai tujuan, materi, serta metode pendidikandiantaranya adalah metode kisah. Diantara sekian banyak kisah yang dipaparkandalam Al-Qur’an, ada satu kisah yang paling bagus dan indah, yaitu kisah nabi Kisah Nabi Musa As dan Nabi Khidir Asyang hanya terdapat dalam Surat Al- Kahfi. Menariknya kisah ini tidak hanya berbicaratentang masalah akidah saja, di dalamnya juga dijumpai masalah etika/akhlak, seni,interaksi sosial, politik, persahabatan dan cinta dengan menampilkan tokoh utamaseorang pemuda yang tampan, cerdas, tangguh, berani, dan berakhlak mulia. Diaadalah nabiyullah Kisah Nabi Musa As dan Nabi Khidir Asyang tumbuh dibawah asuhan orang tua yang bijaksana,penuh pengertian dan sabar.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali nilai-nilaipendidikan Karakter terkait dengan pendidikan etika/moral yang terkandungdalam Surat Al- Kahfi , serta relevansinya dengan pendidikan remaja untuk kemudianbisa dijadikan pedoman dalam bertingkah laku.
Jenis penelitian yang penulis gunakan disini adalah penelitian murni deskriptifkualitatif dengan metode library research , yaitu suatu riset kepustakaan. Data- datadiperoleh dengan dokumentasi yang diambil dari Sumber utama yaitu Al- Qur’an,Hadis, kitab-kitab tafsir baik klasik maupun kotemporer dan karangan ilmiah.
Disini,penulis menggunakan teknik analisis isi (content analisis) dari ayat-ayat dalam suratAl-Kahfi sekaligus dari tafsirannya untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Karakter yangrelevan dengan remaja.
Hasil dari penelitian yang dapat penulis paparkan disini bahwa dalam Surat Al- Kahfi mengandung nilai-nilai Pendidikan Karakter terhadap Tuhan meliputi sabar, syukur,taqwa, iffah dan al- haya’, dan berdoa; pendidikan terhadap terhadap diri sendiri meliputi etika berilmu, dalam proses belajar mengajar, tidak sombong, cinta Ilmu, menghormati Guru, etika remaja terhadap sesama meliputi mempererat persaudaraan,pemaaf dan tidak memiliki rasa dendam, menutup aib orang lain, amanah, dantawadhu; menghargai orang lain, serta etika remaja terhadap negara meliputi menyelamatkan negara dari bahaya, mengantarkan Negara pada kemajuan, serta mematuhi peraturan yangditetapkan Negara.
Adapun Relevansi Kandungan Surat Al-Kahfi dengan Pendidikan Karakter ada dua, yaitu relevansi metode kisah dalam pendidikan rKarakter dalam proses belajar dan relevansisikap gurudan Murid. Nilai-nilai pendidikan etika bagi remaja yang penulis sampaikan di atas,diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki karakter kita agar tujuanpendidikan Islam untuk membentuk generasi bangsa yang beriman, berakal, danberakhlak sesuai dengan Al-Qur’an bisa terwujud.
ABSTRACT
Al-Bukhari, Äôan which is the main source of Islamic education speaks volumes about the education, both on the objectives, materials, and methods of such education is a method of story. Among the many stories presented in Al-Qur, Äôan, there is a story of the most beautiful and good, the story of the Prophet Stories of the Prophet Moses and Prophet Khidr As of As that is only found in Surat Al-Kahf. Interestingly this story is not just talk about faith issues alone, it also found problems in the ethics / morals, art, social interaction, politics, friendship and love to show the main character a young man handsome, smart, tough, brave, and noble. He is nabiyullah story of Prophet Moses and Khidr As of As that grows under the care of parents who are wise, understanding and patient.
The purpose of this study was to explore the values associated with character education educational ethics / morality is contained in Surat Al-Kahf, and the relevance of education for theyouth could then be used as guidelines in the act. Kind of research that the authors use here is purely descriptive qualitative research methods of library research, a research library. The data acquired with the documentation taken from the main source of Al-Bukhari, Äôan, Hadith, tafseer and kotemporer both classical and scientific articles. Here, the authors used content analysis techniques (content analysis) of the verses in Surat al-Kahf as well as of interpretation to find the values of character education that is relevant to teens.
The results of research that can be the writer explained here that in Surat Al-Kahf contains the values of God's Character Education includes patience, gratitude, piety, and al-haya Iffah, AO, and pray; education to include the ethics of self-knowledge, in teaching and learning process, not boastful, love science, respect for Teachers, youth ethics of neighbor includes strengthening brotherhood, forgiveness and have no sense of revenge, closing disgrace of others, trust, and tawadhu; respect for others, and the ethics of the country covering teens save the state of danger, led the State in advance, as well as comply with regulations set out the State. The relevance of the content-Kahf SuratAl with Character Education There are two stories in the educational relevance of the method rKarakter in the learning process and the relevance of teacher and student attitudes
The values of ethics education for adolescents author gave at the top, is expected to be one solution to improve our character for the purpose of Islamic education to form a generation of people who believe, intelligent, and a certain character in accordance with Al-Bukhari, Äôan can be realized.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amin, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Kisah Nabi Musa As dan Nabi Khidir As; Surat Al Kahfi; Character Education Values; The story of Prophet Musa and Prophet Khidr As As; Surat Al-Kahf | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2022 14:43 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2022 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41275 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |