Mukaromah, Hanifatul (2012) Penerapan metode membaca menulis dan menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an: Studi kasus di TPQ Nurul Huda Karangbesuki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an adalah kitab Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad yang harus diyakini oleh umat Islam, belajar dan mengajar Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat Islam. Namun saat ini banyak generasi muda yang belum bisa membaca, menulis serta menghafal Al-Qur’an, maka dari itu diperlukan sebuah metode yang praktis, efektif dan efisien untuk mengajar mereka agar dapat membaca, menulis serta menghafal Al-Qur’an dengan cepat, mudah dan benar sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan.
Dari latar belakang tersebut diambil rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda. (2) Bagaiman efektivitas penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an di kalangan santri TPQ Nurul Huda. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Yanbu’a di TPQ Nurul Huda, efektivitas penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal santri, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Yanbu’a. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian yaitu, dalam pembelajaran setiap santri harus lulus dari jilid satu sampai lima, mampu menulis huruf hijaiyah, serta hafal surat-surat pendek dan do’a sehari-hari. Kemudian dilanjutkan jilid enam dan tujuh yang diiringi dengan pembelajaran Al-Qur’an. Penerapan metode ini cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal santri, hal ini dapat dilihat dari hari ke hari kemampuan santri dalam membaca Al - Qur’an semakin baik dan fasih, dan dari sepuluh santri hanya satu santri yang mendapat nilai khoto’ (ﺥ) atau mengulang. Untuk faktor pendukungnya adalah ustadzah sudah banyak pengalaman dari berbagai pelatihan pembelajaran Al- Qur’an. Untuk faktor penghambatnya adalah kurangnya jumlah ustadz/ustadzah, kurangnya sarana dan prasarana seperti alat peraga dan kelas. Solusinya adalah memberi guru tambahan yang diambil dari para santri pondok Sabilurrosyad dan untuk kurangnya alat peraga bisa diganti dengan ustadz/ustadzah memberi contoh yang ditulis di papan tulis. Serta untuk kurangnya jumlah kelas, kepala TPQ bekerja sama dengan ta’mir masjid Nurul Huda untuk menggunakan masjid Nurul Huda sebagai tempat pembelajaran.
ABSTRACT
Al-Quran is the book of Allah revealed to Prophet Muhammad to be believed by Muslims learning and teaching of the Qur'an is an obligation for every Muslim. But today many young people who can not read, write and memorize the Koran, and therefore required a method of practical, effective and efficient to teach them to read, write and memorize the Qur'an quickly, easily and correctly in accordance with predetermined rules.
Background was taken from the formulation of the problem as follows: (1) How does the application of the method Yanbu'a in learning the Qur'an in TPQ Nurul Huda. (2) How the effectiveness of the implementation of the method Yanbu'a in improving the ability to read and memorize the Quran among the students TPQ Nurul Huda. (3) What are the factors supporting and inhibiting the application of the method Yanbu'a in learning the Qur'an in TPQ Nurul Huda. The purpose of this study was to determine learning the Quran by using the method in TPQ Yanbu'a Nurul Huda, the application of the method Yanbu'a effectiveness in improving students ability to read and memorize, as well as enabling and inhibiting factors of learning the Quran by Yanbu'a method. This study used a qualitative approach to the type of case study research. In order to obtain the required data, the researchers used a technique of collecting data through observation, interview and documentation.
The results obtained in this study is, in learning students must pass each of the volumes of one to five, good at writing letters hijaiyah, and memorize short letters and prayers everyday. Then followed volumes six and seven are accompanied by learning the Quran. Application of this method is quite effective in improving reading and memorizing students, this can be seen from day to day ability students in reading the Quran better and fluent, and only one of ten students who scored khoto students' (خ) or repeat. For supporting factor is the cleric had a lot of experience from a variety of training learning the Quran. For inhibiting factor is the lack of cleric / cleric, the lack of facilities and infrastructure such as props and classes. The solution is to provide additional teachers drawn from the students PP. Sabilurrosyad and to the lack of props can be replaced with a cleric / cleric gave the example that was written on the board. As well as to the shortage of classrooms, working with chief TPQ ta'mir Nurul Huda mosque to use Nurul Huda mosque as a place of learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Metode Membaca Menulis dan Menghafal A-Qur’an; Learning; Writing and Reading Method A-Qur'an Memorization | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2022 09:30 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2022 09:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41249 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |