Jazuli, Mochamad (2012) Internalisasi pendidikan akhlak dengan pengamalan Sholawat Wahidiyah di Madrasah Aliyah Ihsanniat Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat dan bangsa. Sebab jatuh bangunnya, jaya hancurnya, sejahtera rusaknya suatu bangsa dan masyarakat tergantung pada akhlak manusia yang mendiami bangsa tersebut. Apabila akhlak manusia baik akan sejahteralah lahir batinnya, akan tetapi apabila akhlaknya buruk rusaklah lahir dan batinnya. Oleh karena itu penting dilakukan penanaman akhlak sejak usia dini agar tercipta kebiasaan melakukan perbuatan yang baik berlandasakan ajaran agama Islam
Shalawat Wahidiyah yang merupakan salah satu bentuk shalawat dan doa yang disusun di Indonesia memberikan dampak yang positif sebagai filter dari dampak negatif yang timbul akibat globalisasi dan modernisasi dikalangan masyarakat pada umumnya termasuk dalam kalangan peserta didik pada khususnya. Berangkat dari latar belakang itulah penulis ingin membahasnya dalam skripsi ini dan mengambil judul Internalisasi Pendidikan Akhlak Dengan Pengamalan Shalawat Wahidiyah di Madrasah Aliyah Ihsanniat Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelaksanaan pengamalan Shalawat Wahidiyah di Madrasah Aliyah Ihsanniat. Untuk mengetahui internalisasi pendidikan akhlak dengan pengamalan Shalawat Wahidiyah serta manfaat atau faedah Shalawat Wahidiyah terhadap pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Ihsanniat Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisinya penulis menggunakan metode Analisis Interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung
uraian dari keadaan yang sebenarnya dilapangan, disini penulis sertakan lampiran- lampiran sebagai pelengkap data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan pengamalan Shalawat Wahidiyah yang dilakukan di Madrasah Aliyah Ihsanniat: (1) Mujahadah Usbuiyah, (2) Mujahadah Syahriyah, (3) Mujahadah Rubu’usannah, (4) Mujahadah Nisfusannah, (5) Mujahadah Kubro (6) Mujahadah Khusus yang terdiri dari Mujahadah Kecerdasan, Mujahadah Penerimaan Siswa Baru dan Mujahadah Peningkatan. Selain melalui pengamalan sholawat Madrasah Aliyah Ihsanniat juga mengadakan kegiatan Rihlah dan Latihan Dasar Kewahidiyahan yang berorientasi pada pengamalan Sholawat Wahidiyah itu sendiri. Intenalisasi pendidikan akhlak yang dilakukan di Madrasah Aliyah Ihsanniat menggunakan berbagai cara meliputi: (1) Ceramah dan diskusi, (2) Pembiasaan, (3) Keteladanan, (4) Mengajak dan mengamalkan, (5) Paksaan. Sedangkan manfaat atau faedah yang didapatkan dari internalisasi pendidikan akhlak dengan pengamalan Shalawat Wahidiyah dapat terbentuk akhlak-akhlak mulia didalam peserta didik yang meliputi: (1) Ikhlas, (2) Adil, (3) Bijaksana, (4) Ridha, (5) Mahabbah, (6) Kepedulian sosial. Pada intinya pengamalan Shalawat Wahidyah memberikan kemudahan dalam pembentukan akhlak yang berorientasi pada Allah SWT dan Rasululloh Shallahu Alaihi Wassalam.
ABSTRACT
The position morality in human life occupies an important place, both as individuals and as members of society and nations. Because of rising and fall, glorious destructions, the destructions of a nation and prosperous society, depending of their morals. If they are good enough, it will be prosperous matters of the inner self and the outward. but if their morals are bad, it will be bad either. Therefore, giving morals since early is necessary and that will make a good habituality base on Islamic religion.
Shalawat Wahidiyah is the one of shalawat type and prayer wicht is made from Indonesia that give the positive impact as filter from negative impact result to globalization and modernization in general society circle, specifically for aducate partisipant inside. For that reason, the writer wish to research it in this thesis under the title Internalisation of Morals Education With Doing Shalawat Wahidiyah at Ihsanniat Islamic Senior High School in Ngoro, Jombang.
The purpose of this research is to knowing the implementation curve of doing shalawat Wahidiyah at Ihsanniat Islamic Senior High School. And knowing the Internalisation of Morals Education with doing Shalawat Wahidiyah and the benefit of it about morals aducation at Ihsanniat Islamic Senior High School in Ngoro, Jombang.
The kind of this research that used the writer is Qualitative Description. The writer use an observation method, interview, and documentation to assembling the data. And the way to analysis it is using Interactive Miles method and Huberman. The step is collect the data, reduction, display, and make the conclution. For this way, writer make a serious efforts to create a research that describe about the real condition comprehensively. Beside that, writer gives the enclosures as data complement to advocate the real condition in the location.
The result of research shows that implementations of Doing Shalawat Wahidiyah in Ihsanniat Islamic Senior High School are: (1) Mujahadah Usbuiyah, (2) Mujahadah Syahriyah, (3) Mujahadah Rubu’usannah, (4) Mujahadah Nisfusannah, (5) Mujahadah Kubro (6) Special Mujahadah; they are intelligent Mujahadah, reception a new students, and excalation Mujahadah. Beside that, doing sholawat at Ihsanniat Islamic Senior High School create journey activity and base rehearsal of Wahidiyah oriented to the implementing of Sholawat Wahidiyah it self. The internalization of moral aducation has the ways: (1) speech and discussion, (2) habituality, (3) sequential, (4) allurement and implement, (5) compulsion. Whereas the benefit that obtained from internalization of moral aducation with doing Shalawat Wahidiyah can make a noble morals inside the aducate participant that include: (1) sincere, (2) fair, (3) wise, (4) willing, (5) Mahabbah (lover), (6) social attention. And the point of doing Shalawat Wahidiyah is giving ease for making morals that oriented to Allah SWT and Prophet Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Internalisasi; Pendidikan; Akhlak; Shalawat Wahidiyah; Internalization; education; morals; Shalawat Wahidiyah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2022 09:06 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2022 09:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41243 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |