Rozaq, Fatkhur (2012) Implementasi metode demonstrasi dan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110165.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan Islam, semakin meningkat semua itu dilihat dari berkembangnya sekolah berstatus Madrasah, baik dalam jumlahnya atau kurikulumnya, baik Madrasah Ibtidaiyah yang setingkat SD, atau Madrasah Tsanawiyah yang setingkat SMP, sebagai sekolah yang berciri khas agama, dalam madrasah diajarkan ilmu pengetahuan Agama seperti aqidah Akhlaq, Fiqih, Qur’an hadist, Bahasa Arab, dan SKI. Mata pelajaran Fiqih adalah salah satu pelajaran yang diajarkan di Madrasah dan Fiqih adalah mata pelajaran yang tidak kalah penting karena menyangkut tentang syari’at Islam dan tatacara beribadah yang memang dibutuhkan oleh setiap manusia, namun ironisnya dalam pembelajarannya mata pelajaran Fiqih masih kebanyakan menggunakan metode ceramah, padahal seharusnya siswa bisa lebih memahami Fiqih secara keseluruhan baik teori maupun prakteknya yang mana diukur dengan hasil belajar, oleh karena itu Metode Demonstrasi dirasa sangat tepat sebagai metode pembelajaran untuk mewujudkan semua itu, akan tetapi perlu pemetaan dalam penyampaian materi sehingga dapat di pilah materi yang akan di demonstrasikan, sehingga siswa mampu menguasai dalam segi materi maupun praktek.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam implementasi demontrasi dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Al-Ma’arif 01 Singosari Malang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penilaian hasil belajar dalam pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan Mind mapping dalam upaya untuk meningkatkan kreativitashasil belajar siswa kelas VIII F Madrasah Tsanawiyah Al-maarif 01 Singosari Malang dalam pelajaran fiqih, terjadi perubahan yang signifikan pada proses pembelajaran
fiqih. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil rata-rata dari pre test sebesar 66,87 meningkat menjadi 71,0 pada siklus pertama sedangkan pada siklus dua rata-rata nillai meningkat menjadi 75,27.
ABSTRACT
Phenomena that occur in the world of Islamic education, increasing all seen from the development status Madrasah schools, both in the number or curriculum, both at the primary Islamic Elementary School that, or a junior high junior secondary school, as a distinctively religious schools, madrasas taught in science Religious knowledge as aqidah Akhlaq, Fiqh, Hadith Quran, Arabic, and SKI. Fiqh subjects is one of the subjects taught at Madrasah and Fiqh subjects are no less important because of concerns about Islamic law and worship procedures that are needed by every human being, but ironically in learning Fiqh subjects still mostly use the lecture method, when it should be the students could better understand the overall Fiqh both theory and practice, which is measured by learning outcomes, and therefore considered very precise demonstration method as a learning method to realize all of that, but would need mapping in the delivery of the material so that it can be broken up material on demonstrated, so the students are able to master the material and practicalterms.
The purpose of this study was to describe how the planning, implementation and assessment of the implementation of the demonstration with mind mapping to improve student learning outcomes in subjects in the eighth grade MTs Fiqh Al-Ma'arif01SingosariMalang.
This research method uses classroom action research. Stages of the research are cycle covering planning, implementation, observation and reflection. Data collection was conducted using observation techniques, interviews, and documentation.
Assessment of learning outcomes in learning and demonstration using Mind mapping in an effort to improve student learning junior secondary school class VIII F Al-Maarif 01 Singosari Malang in learning fiqh, significant changes in the learning process jurisprudence. This is demonstrated by the results of the average of the pre-test of 66.87 increased to 71.0 peratama cycle while on cycle two nillai average increased to 75.27.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Walid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Demonstrasi; Mind Mapping; Hasil Belajar; dan Fiqih; Demonstration; Mind Mapping; Hasil Belajar; dan Fiqih | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2022 09:26 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2022 09:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |