Wahyudi, Wahyudi (2012) Implementasi pendidikan karakter Di MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110239.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) pasal 3 menyebutkan, bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Namun dalam kenyataannya banyak sekali isu-isu moral/akhlak dikalangan remaja seperti penggunaan narkotika dan obat - obatan terlarang (narkoba), tawuran pelajar, pornografi, perkosaan, merusak milik orang lain, dan lain-lain, sudah menjadi masalah sosial yang sampai saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Adapun masalah yang terjadi di MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 yaitu banyak sekali siswa siswi yang tidak bisa membaca al-qur‟an dengan lancar, tidak jujur dalam ulangan harian, dan pelanggaran peraturan madrasah seperti datang terlambat, sering membolos sekolah dan sebagainya. Untuk itu madrasah perlu menerapkan pendidikan karakter agar masalah-masalah tersebut dapat teratasi dengan tuntas. Dari latar belakang diatas penulis ingin mengetahui lebih dalam tentang pemahaman guru MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 tentang pendidikan karakter, apa saja yang dilakukan guru MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 dalam implementasi pendidikan karakter, dan apa saja kendala yang dihadapi guru MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 dalam implementasi pendidikan karakter. Sebelumnya pemerintah telah mencanangkan pendidikan karakter yang terhimpun dalam delapan belas nilai karakter. Pendidikan karakter inilah yang akhir-akhir ini menjadi isu terhangat dalam dunia pendidkan Indonesia. Berangkat dari latar belakang itulah penulis ingin mengetahui lebih jauh tentang implementasi pendidikakan karakter di MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 yang penulis batasi pada tiga nilai karakter.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemahaman guru MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 tentang pendidikan karakter, (2) Untuk mengetahui apa saja yang dilakukan guru MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 dalam implementasi pendidikan karakter, dan (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 dalam implementasi pendidikan karakter.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, hal ini dikarenakan penelitian yang penulis lakukan berupa fenomena sosial yang terjadi di masyarakat sehingga kehadiran peneliti bertindak sebagai pengamat penuh. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kemudian pengecekan data mengunakan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Adapun tahapan penelitiannya yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 telah memahami pada tahap pelaksanaan pendidikan karakter. 2) Yang dilakukan guru dalam implementasi pendidikan karakter di MTs Negeri Bandar Kidul Kediri 1 yaitu pada aspek perencanaan adalah membuat Silabus dan RPP. Pada aspek pelaksanaannya yaitu melaui pembiasaan madrasah, keteladanan, pengkondisian, dan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan pada aspek evaluasi yaitu dengan cara melakukan penilai melalui teknik: (a) unjuk kerja (b) produk, (c) hasil, (d) penilaian diri, (e) ulangan harian. 3) kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter yaitu (a) pemahaman tentang pendidikan karakter masih belum mendalam, (b) latar belakang siswa yang mempunyai karakter bermacam-macam, (c) kepedulian warga madrasah terhadap pendidikan karakter yang masih variatif, (d) pergaulan sehari-hari yanag sangat dominan dalam kehidupan siswa, (e) kurang gregetnya beberapa elemen yang ada di madrasah akan pentinngnya pendidikan karakter akan siswa.
ABSTRACT
Law No. 20 of 2003 on National Education System Article 3 states, that "the functioning of national education to develop skills and form the character and civilization of the nation's dignity in the context of the intellectual life of the nation. National education aims to develop the potential of learners in order to become a man who is faithful and devoted to God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, skilled, creative, independent, and become cit izens of a democratic and responsible ". But in fact, so many issues of moral / morals among teenagers such as the use of narcotics and illicit drugs (drugs), student brawls, pornography, rape, damaging property of others, and others, has become a social problem to date can not be completely resolved. The problems that occur in MTs Bandar Kidul Kediri 1 is a lot of students are girls who can not read the Qur'an fluently, dishonest in daily tests, and as violation of Islamic rules come too late, often skipped school and so on. For that madrasas need to implement character education so that these problems can be solved completely. Of background on the author wanted to find out more about teachers' understanding of MTs Bandar Kidul Kediri 1 on character education, what teachers do MTs Bandar Kidul Kediri 1 in the implementation of character education, and what are the obstacles that teachers face MTs Bandar Kidul Kediri 1 in the implementation of character education. Previously the government has launched character education collected in eighteen character value. Character education is that lately become the hottest issue in the world of education Indonesia. Departing from the background that the author would like to know more about the characters in the implementation pendidikakan MTs Bandar Kidul Kediri 1 is the author of a limit on the three- character value.
The purpose of this study was (1) To determine the teachers' understanding of MTs Bandar Kidul Kediri 1 on character education, (2) To find out what teachers do MTs Bandar Kidul Kediri 1 in the implementation of character education, and (3) To determine the constraints that teachers face MTs Bandar Kidul Kediri 1 in the implementation of character education.
This type of study is a qualitative descriptive, this is because research by the author in the form of social phenomena that occur in society so that the presence of researchers to act as a complete observer. Sources of data derived from primary and secondary data. The collection of data through observat ion, interviews, and documentation. Data analysis techniques by reducing the data, presenting data, and draw conclusions. Then check the data using the participation, persistence of observation, and triangulation. The research stage is the preparation, implementation, and completion.
The results showed that, 1) Teachers MTs Bandar Kidul Kediri 1 has been understood at this stage of the implementation of character education. 2) What do teachers in the implementation of character education in the MTs Bandar Kidul Kediri 1 is the aspect of planning is to create a syllabus and lesson plans. In the aspect of implementation is through habituation madrasah, exemplary, conditioning, and implementation of learning. While the aspect of evaluation is by way of assessment of the technique: (a) performance (b) products, (c), (d) self- assessment, (e) daily tests. 3) constraints encountered in implementation of character education that is (a) an understanding of character education is still not deep, (b) students who have a background of various characters, (c) concern for the citizens of character education that madrassas are varied, (d) yanag daily life is very dominant in the lives of students, (e) less gregetnya some element in the character of madrassa education would be pentinngnya students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pendidikan Karakter; Implementation; Character Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2022 09:18 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2022 09:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41211 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |