Upaya guru agama dalam mengatasi kesulitan siswa belajar bahasa Arab: Studi kasus di MI Salafiyah Ketapang Tanggulangin

Munaharoh, Suud (2008) Upaya guru agama dalam mengatasi kesulitan siswa belajar bahasa Arab: Studi kasus di MI Salafiyah Ketapang Tanggulangin. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
00140006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (671kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Bahasa Arab bagi orang Indonesia dapat dikatakan sebagai bahasa kedua setelah bahasa Indonesia, karena sebagian penduduk Indonesia beragama Islam. Kaum muslimin di Indonesia ataupun di lur negeri menganggap bahwa bahasa Arab bukan bahasa asing, akan tetapi sebagai bahasa agama dan bahasa persatuan umat Islam. Di Indonesia ini umat Islam menganggap bahasa Arab sebagai sarana untuk mempelajari agama Islam lebih mendalam.

Dalam hal ini harus mengetahui dan menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh guru kepada murid sesuai dengan kurikulum yang ditentukan. Berpijak pada latar belakang di atas, maka permasaalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran bidang studi bahasa Arab di MI. Salafiyah Ketapang Tanggulangin 2) Apa kesulitan siswa belajar bahasa Arab MI. Salafiyah Ketapang Tanggulangin 3) Upaya apa saja yang dilakukan guru agama dalam mengatasi kesulitan siswa belajar bahasa Arab MI. Salafiyah Ketapang Tanggulangin.

Adapun tujuan yang ingin diketahui adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran bidang studi bahasa Arab di MI. Salafiyah Ketapang Tanggulangin 2) Untuk mengetahui kesulitan belajar bahasa Arab siswa MI. Salafiyah Ketapang Tanggulangin 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru agama dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab siswa MI. Salafiyah Ketapang Tanggulangin.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penelitian teoritis dan empiris, dalam penelitian teoritis penulis menggunakan metode induksi, deduksi dan komparasi. Dalam penelitian empiris penulis mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: metode interview/ wawancara, dokumentasi dan observasi, dengan jumlah sampel 68 siswa dan guru bidang studi bahasa Arab dengan menggunakan purposive sampling dan quota sampling.

Guru bahasa Arab berupaya mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab siswa yaitu: menggunakan berbagai macam variasi metode dalam mengajar, mengumpulkan data mengenai siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar, memberi perhatian khusus kepada siswa dengan cara sering memberi pertanyaan ketika proses belajar mengajar berlangsung, memberikan motivasi kepada siswa, sering memberi tugas baik tugas individu maupun kelompok, memberikan bimbingan secara individual kepada siswa dan banyak memberikan tugas-tugas tambahan.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam proses belajar mengajar bahasa Arab di MI. Salafiyah Ketapang Tanggulangin hendaknya ditingkatkan efektifitasnya dengan melengkapi media pembelajaran yang sudah ada, guru hendaknya membangun interaksi belajar mangajar yang lebih kondusif dengan siswanya, guru hendaknya memberikan perhatian khusus pada kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sutiah, Sutiah
Keywords: Guru Agama; Kesulitan Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 04 Aug 2016 15:14
Last Modified: 04 Aug 2016 15:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item