Mufidah, Asrorul (2012) Peran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Adanya degradasi moral yang terjadi di kalangan generasi Indonesia menimbulkan keresahan yang tidak berkesudahan. Hadirnya beberapa kasus yang tidak mencerminkan karakter Indonesia yang bermartabat sering terjadi. Karenanya pemerintah tergerak untuk menata kembali pola pendidikan Indonesia dengan menghadirkan program pendidikan karakter. Gagasan ini bercita-cita besar dapat melahirkan generasi Indonesia yang unggul. Mengingat pentingnya karakter dalam membangun SDM yang kuat, maka perlunya pendidikan karakter yang dilakukan dengan tepat. SMK Muhammadiyah 2 Malang merupakan salah satu sekolah yang memiliki perhatian pada program pendidikan karakter dengan melakukan beberapa kegiatan pembiasaan-pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah.
Dari adanya fenomena yang demikian memprihatinkan, maka peneliti merumuskan dua masalah, yaitu terfokus pada bagaimana peran pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam membentuk karakter siswa dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 2 Malang, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa. Yang mana dengan adanya penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi SMK Muhammadiyah 2 Malang, UIN Maliki Malang, serta peneliti selanjutnya.
Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan sumber datanya sendiri, peneliti menggunakan dua sumber data, yaitu primer dan skunder. Selain itu dalam hal teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik, diantaranya ialah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif terkadang data yang terkumpul sangat banyak dan dapat terdiri dari jenis data, baik berupa catatan lapangan dan komentar peneliti. Oleh karena itu dalam hal analisis data, peneliti menggunakan reduksi data dan display data.
Adapun hasil dari penelitian skripsi ini adalah pendidikan agama Islam yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Malang bisa dibilang sangat baik, hal itu bisa dilihat dari kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan. . Selain itu pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 2 Malang sudah masuh dalam tahap penyempurnaan, karena bisa dilihat SMK Muhammadiyah 2 Malang mulai membiasakan kebiasaan-kebiasaan ringan yang nantinya bisa membawa dampak besar bagi siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang.
ABSTRACT
The existence of moral degradation that occurred in Indonesia cause unrest among the generation that never faileth. The presence of several cases that do not reflect the character of a dignified Indonesia are common. Therefore, the government moved to restructure the pattern of education in Indonesia by presenting a character education program. This idea of aspiring to give birth to a superior generation of Indonesia. Given the importance of character in building a strong human resources, the need for character education is done properly. SMK Muhammadiyah Malang is one of two schools that have a focus on character education program by doing some activity-habituation habituation performed well in school.
Of the existence of such a worrying phenomenon, the researcher formulated two issues, which focused on how the role of Islamic religious education teaching in SMK Muhammadiyah Malang in forming the character of students and what are the factors supporting and inhibiting character education at SMK Muhammadiyah Malang, which aims to determine learning how the role of Islamic education in shaping the character of student. In which the existence of this research can provide benefit to SMK Muhammadiyah Malang, UIN Malang Maliki, as well as further research.
The type of research that researcher used is type of qualitative research. While the sources of their own data, researchers used two data sources, namely primary and secondary. Also in terms of data collection techniques, researchers used several techniques, such as, observations, interviews, and documentation. In qualitative research the data collected is sometimes very much and can consist of data types, such as notes and comments field investigators. Therefore, in term of data analysis, researcher used data reduction and display data.
The result of this thesis is the study of Islamic education at SMK Muhammadiyah Malang can be spelled out very well, it can be seen from the religious activities are conducted. Addition of character education at SMK Muhammadiyah Malang already in the stage of consummation, as can be seen in SMK Muhammadiyah Malang begin to get mild habits that will bring a big impact on student of SMK Muhammadiyah Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Karakter Islamic Education; Character | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2022 08:32 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2022 08:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41163 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |