Responsive Banner

Evaluasi hasil pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu

Maulana, Imron (2012) Evaluasi hasil pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text
05120046.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Pada umumnya pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cipta dan budinurani) dan jasmani (pancaindera serta ketrampilan-ketrampilan). Pada hakekatnya pendidikan merupakan kebutuhan yang utama bagi manusia, yang dimulai sejak manusia lahir sampai meninggal dunia, bahkan manusia tidak akan menjadi manusia yang berkepribadian utama tanpa melalui pendidikan.

Tujuan penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan proses perencanaan evalusi pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Batu, (2). Mendeskripsikan proses kegiatan evaluasi pembelajaran aqidah akhlak yang dilakukan oleh guru di MTs Negeri Batu, (3). Mendeskripsikan tindak lanjut program evaluasi pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Batu.

Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala MTs Negeri Batu, wakil kepala madrasah bagian kurikulum dan guru aqidah akhlak kelas VII A. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Perencanaan Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah guru diwajibkan membuat silabus dan diterapkan melalui RPP, yang berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan kemampuan siswa dalam mengevaluasi materi pelajaran. (2). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah penerapan dari RPP dengan menggunakan metode-metode yang dikembangkan saat ini. (3). Tindak Lanjut Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan tolak ukur untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh guru.

ABSTRACT

In general, education is a human activity and efforts to enhance her personality by developing personal potential, which is spiritual (thought, intention, taste, creativity and budinurani) and physical (sensory and skills). By the very nature of education is a major requirement for humans, which began in the human birth until death, even human beings would not be human without the main personality through education.

The purpose of this study were (1). Describes the planning process in the moral evaluation of learning Aqeedah MTs Stone, (2). Describe the process of evaluation of learning activities conducted by moral aqidah teacher at Stone MTs, (3). Describes a follow-up evaluation program of learning Aqeedah Stone character in MTs Negeri Batu.

The data was collected through a method of observation, interview and documentation. Informant was the head of MTs Batu, deputy head of the madrasah curriculum and teachers' moral aqeedah class VII A. Whereas for analyzing technical data using a qualitative descriptive analysis, which is to describe and interpret the data have been obtained that represent reality in accordance with the phenomenon.

The results showed that (1). Learning Evaluation Planning Aqidah Morals are teachers required to make the syllabus and implemented through RPP, which is based on standards of competence and basic competences in accordance with students' ability to
evaluate the subject matter. (2). Implementation Evaluation of Learning Aqeedah is the implementation of the RPP Morals by using methods developed at this time. (3). Follow- up Evaluation of Learning Aqeedah Morals is a benchmark to achieve the objectives desired by the teacher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahidmurni, WahidmurniUNSPECIFIED
Keywords: Evaluasi; Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Evaluation; Learning; Virtue Aqidah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:33
Last Modified: 09 Nov 2022 07:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41162

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item