Shulton, Minhajus (2012) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Ma’arif NU MTS Sunan Bonang Pujon Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text
05110200.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau macam-macam kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kualitas kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan karena faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah lembaga pendidikan yang berkualitas, maka dengan lembaga pendidikan yang berkualitas secara otomatis akan dapat mencetak generasi yang berkualitas pula.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs Sunan Bonang Pujon-Malang. (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs Sunan Bonang Pujon-Malang. (3) Apakah solusi kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs Sunan Bonang Pujon-Malang.
Adapun tujuannya adalah (1) untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MTs Sunan Bonang Pujon- Malang. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs Sunan Bonang Pujon-Malang. (3) untuk mengetahui solusi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangan lembaga pendidikan Islam di Sunan Bonang Pujon-Malang.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas kepemimpinan kepala madrasah di MTs Sunan Bonang diantaranya mempunyai tanggung jawab yang kuat seperti mengakui kekurangan dan kesalahan dalam segala aktifitasnya sebagai kepala madrasah, mengikutsertakan seminar dan penataran yang berada di luar sekolah serta mempunyai keberanian dalam mengambil keputusan. Dan usaha-usahanya yaitu dengan mengembangkan kurikulum, SDM, sarana prasarana dan peran serta masyarakat. Adapun faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang menunjang, guru dengan adanya kebersamaan dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar. Disamping itu sebagai faktor penghambatnya adalah masalah guru, dana, kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbeda-beda serta peran serta masyarakat yang masih rendah.
ABSTRACT
Leadership is defined as a model madrasah or a variety of leadership appropriate to the situation madrasas in order to influence, direct, guide to subordinates by strengthening confidence, support, encouragement and cooperation in order to achieve the goals and objectives of the institution. Development of an educational institution depends on the quality of the heads of madrasas as educational leaders as a very important factor in the educational process is a quality educational institution, then the qualified educational institution will be able to print automatically qualified generation anyway.
Based on the above background, the problems that arise are (1) How is the role of the madrassas in developing Islamic educational institutions in MTs Sunan Bonang Pujon-Malang. (2) What are the factors supporting and inhibiting the Islamic leadership in the development of Islamic educational institutions in MTs Sunan Bonang Pujon-Malang. (3) Does the solution madrasa leadership in the development of Islamic educational institutions in MTs Sunan Bonang Pujon- Malang.
The objective is (1) to determine the role of head of madrassa Islamic schools in developing MTs Sunan Bonang Pujon-Malang. (2) to determine the factors supporting and inhibiting the Islamic leadership in the development of Islamic educational institutions in MTs Sunan Bonang Pujon-Malang. (3) to find solutions in developing leadership madrassa Islamic schools in Sunan Bonang Pujon-Malang.
According to this research, including the type descriptive qualitative study with a phenomenological approach. Methods of data collection using observation, interview and documentation. And qualitative data analysis is descriptive.
From the results of this study concluded that the quality of leadership in MTs Sunan Bonang madrasas which are of such a strong responsibility to admit shortcomings and errors in all his activities as head of the madrassah, involving seminars and inservice training are out of school and have the courage to take decisions. And his efforts is to develop curriculum, human resources, infrastructure and community participation. The supporting factor is the support infrastructure, together with the teacher in the management of the curriculum and the teaching and learning process. Besides, as an inhibiting factor is the issue of teachers, funding, skills and psychological lives of different students, and community participation is still low.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Madrasah; Mengembangan Lembaga Pendidikan Islam; Principals Leadership; Developing the Islamic Education Institute | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2022 08:35 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2022 08:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41157 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |