Rahmawati, Ika Dian (2012) Implementasi pembelajaran kontekstual dengan teknik pemodelan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa SMP Islam 2 Madiredo Pujon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110187.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolahatau di madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan. Seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang Agama Islam. ” Mayoritas metode pembelajaran agama Islam yang selama ini lebih ditekankan pada hafalan dan metode ceramah yang digunakan oleh guru yang berakibat pada siswa yang kurang memahami apa yang telah dipelajari dalam materi PAI yang menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi PAI, kondisi ini pada gilirannya berdampak pada prestasi belajar.
Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari PAI yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknik pemodelan (modeling). Dengan penggunaan teknik ini diharapkan agar materi pelajaran PAI dapat mudah dipahami dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI.
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual dengan teknik pemodelam (modeling). Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kontekstual dengan teknik pemodelan (modeling)dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelasVII.1 SMP Islam 2 Madiredo Pujon pada mata pelajaran PAI. Indikator peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari bertambahnya semangat dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dari data di lapangan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pre-test 51.8 pada siklus pertama dan nilai rata-rata post- test 67.8, sedangkan pada pre-test dan post-test pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu 55.4 dan 68.8.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Pemodelan (modeling); PAI; Motivasi; Prestasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2022 08:22 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2022 08:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41147 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |