Nurkholifah, Siti (2012) Pemanfaatan media pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik guna memberikan pembelajaran tentang suatu hal terhadap peserta didik. peran pendidik dalam kegiatan belajar mengajar ini sangatlah penting, disamping sebagai fasilitator pendidik juga sebagai pembimbing dan mengarahkan peserta didiknya untuk menjadi manusia yang lebih berpengetahuan, berakhlak mulia serta mampu mengembangkan potensi- potensi yang ada pada diri peserta didik.
Sebagai seseorang yang sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar, pendidik haruslah seorang yang professional yaitu orang yang mengusai apa yang diajarkan pada peserta didiknya serta memahami metode- metode yang tepat untuk digunakan pada materi, kondisi, dan lingkungan tertentu. Khususnya untuk pendidik materi agama, yang beberapa bagian peserta didik tidak terlalu meminati untuk mengikuti proses belajar mengajar dengan sungguh- sungguh karena tidak sedikit penyampaiannya dilakukan dengan metode yang kurang bervariatif.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Turen.
Dengan tujuan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan oleh guru MTs Negeri Turen khususnya guru mata pelajaran fiqih dalam kegiatan belajar mengajarnya sehingga peserta didiknya bisa lebih berminat untuk mengikuti pelajaran.
Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kulitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah negeri Turen ini sudah cukup efektif, guru pembimbing mata belajaran fiqih sudah menggunakan beberapa metode untuk menyampaiakan materi pada peserta didiknya sehingga peserta didik berminat untuk mengikuti proses belajar mengajar dengan baik.
Dengan demikian memang seharusnya setiap pendidik harus memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan media pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik dan dapat menarik minat belajar peserta didik, dan selanjutnya peserta didik akan lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemanfaatan; Media Pembelajaran; Mata Pelajaran Fiqih | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2022 08:17 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2022 08:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41144 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |