Responsive Banner

Penerapan teknik pembelajaran Card Short dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran Surat Pendek pilihan pada siswa kelas viii MTS Thoriqul Huda Catak Gayam Mojowarno Jombang

Shofiana, Eva (2012) Penerapan teknik pembelajaran Card Short dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran Surat Pendek pilihan pada siswa kelas viii MTS Thoriqul Huda Catak Gayam Mojowarno Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07110284.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Guru merupakan personel yang menduduki posisi strategis dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, dituntut untuk terus mengikuti berkembangan konsep-konsep baru dalam dunia pengajaran. Untuk itu guru perlu meningkatkan mutu pembelajarannya, dimulai dari rancangan pembelajaran yang baik dengan memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, materi yang diajarkan, dan sumber belajar yang tersedia. kenyataannya masih banyak ditemui proses pembelajaran yang kurang berkualitas, tidak efisien dan kurang termotivasi untuk belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, MTs Thoriqul Huda menunjukan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu dengan metode dan teknik pembelajaran yang tepat seseorang dapat meraih prestasi belajar secara berlipat ganda, Hal itu tentu saja merupakan peluang dan tantangan yang menggembirakan bagi kalangan pendidik. Pemilihan metode pembelajaran harus didasarkan pada analisis kondisi pembelajarn pendidikan yang ada. Hasil analisis akan menunjukkan kondisi pembelajaran yang bagaimana dan apa hasil pembelajaran pendidikan yang diharapkan.

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan proses perencanaan teknik pembelajaran Card Short dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran surah pendek pilihan siswa kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catak Gayam Mojowarno Jombang, 2). Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan teknik pembelajaran Card Short dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran surah pendek pilihan siswa kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catak Gayam Mojowarno Jombang, 3). Untuk mendeskripsikan proses dan hasil penilaian teknik pembelajaran Card Short dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran surah pendek pilihan siswa kelas VIII MTs Thoriqul Huda Catak Gayam Mojowarno.

Dengan disain penelitian tindakan kelasa (classroom Action Research) jenis kolaboratif. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi ,wawancara, dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa selama proses pembelajaran materi Al-Qur’an Hadits mulai dari siklus pertama hingga siklus kedua pada penelitian ini terjadi peningkatan motivasi siswa dalam belajar ketika menggunakan Teknik pembelajaran Card Short. Sebelum penelitian siswa cenderung pasif dan kurang memiliki antusias ketika mengikuti pelajaran. Kemudian pada pelaksanaan siklus pertama dan kedua, antusiasme siswa ketika mengikuti pelajaran meningkat drastis, khususnya pada saat dilaksanakan Teknik pembelajaran Card Short Peningkatan motivasi belajar ini juga berimbas pada peningkatan prestasi belajar siswa, dimana sebelum penelitian ini dilakukan nilai rata-rata siswa dalam materi pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah 58,3 dan kemudian setelah penelitian ini dilakukan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi
87,1

ABSTRACT

Teaching and learning process is at the core of educational activities in schools. Guru is the personnel who occupy strategic positions in order to develop human resources required to continue to follow berkembangan new concepts in the world of teaching. For that teachers need to improve the quality of learning, starting from the design of good learning with respect to objectives, student characteristics, the material being taught, and learning resources are available. encountered in reality there are many poor-quality learning process, inefficient and less motivated to learn. Low motivation to study the subjects of the Qur'an Hadith, Huda Thoriqul MTs show an indication of poor student performance and learning ability of teachers to manage quality. Therefore, the methods and techniques appropriate learning achievement a person can learn to multiply, That certainly is an exciting opportunity and a challenge to educators. The selection of teaching methods should be based on an analysis of existing conditions pembelajarn education. The analysis will show the condition of learning how and what the expected learning outcomes of education.

The purpose of this study is 1). To describe the planning process of learning techniques Short Card in increasing motivation to learn to read Al-Quran Surah VIII class students a choice of short MTs Thoriqul Huda Catak Gayam Mojowarno Jombang, 2). To describe the implementation process of learning techniques Short Card in increasing motivation to learn to read Al-Quran Surah VIII class students a choice of short MTs Thoriqul Huda Catak Gayam Mojowarno Jombang, 3). To describe the process of learning and assessment techniques Short Card in increasing motivation to learn to read Al-Quran Surah VIII class students the option of short MTs Catak Gayam Mojowarno Thoriqul Huda.

With the mat action research design (classroom Action Research) type of collaborative. Sequence of research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) observations and (4) reflection. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation.

From this research it is known that during the process of learning the Quran Hadith material from the first cycle to second cycle in this study there was an increase in student motivation to learn when to use learning techniques Short Card. Prior research students tend to be passive and lacked enthusiasm when to follow the lessons. Then in the implementation of the first and second cycle, the enthusiasm of the students when to follow the lessons increased dramatically, especially during the learning techniques implemented Card Short Increased motivation to learn is also an impact on improving student achievement, which prior to this study conducted the average student in the subject matter of Al Qur'an Hadith is 58.3 and later after the study was conducted an average of students increased to 87.1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahidmurni, WahidmurniUNSPECIFIED
Keywords: Teknik Pembelajaran Card Short; Motivasi Belajar; Membaca Al-Quran Surat Pendek Pilihan; Short Card Learning Techniques; Motivation; Reading Al-Quran Surat Short List
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:42
Last Modified: 07 Nov 2022 07:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41125

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item