Yuliana, Yuliana (2016) Pengaruh keterampilan mengajar guru dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Dinoyo 01 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12140112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kegiatan belajar-mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah guru. Guru sebagai pendidik dituntut semakin berperan dalam mempersiapkan dan membenahi diri untuk dapat menjadi guru yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh keterampilan mengajar guru (X₁) terhadap hasil belajar siswa (Y), 2. Pengaruh kedisiplinan belajar siswa (X₂) terhadap hasil belajar siswa (Y), 3. Pengaruh keterampilan mengajar guru (X₁) dan kedisiplinan belajar siswa (X₂) terhadap hasil belajar siswa (Y).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SDN Dinoyo 01 Malang. Subyek penelitian berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel keterampilan mengajar guru dan kedisiplinan belajar siswa menggunakan angket. Sedangkan untuk variabel hasil belajar siswa diperoleh dari data nilai rata-rata ujian akhir semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ada pengaruh yang negatif siginifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t, hasil yang diperoleh yaitu t hitung -2,436 > 2,021 t table, dengan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 dan coefficient -0,599. Hal tersebut terjadi karena siswa SDN Dinoyo 01 Malang menganggap kualitas mengajar guru tergolong kategori kurang. Sedangkan kedisiplinan belajar siswa secara parsial berpengaruh positif atau siginifikan terhadap hasil belajar siswa, karena t hitung 2,436 > 2,021 t tabel, dengan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 dan coefficient 0,499. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik kedisiplinan belajar siswa, hasil belajar siswa semakin meningkat.Secara simultan ada pengaruh yang positif atau siginifikan antara keterampilan mengajar guru dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajr siswa dengan f hitung 4,238 > 3,23 f tabel dengan nilai signifikan < 0,05. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin baik keterampilan mengajar guru yang didukung dengan kedisiplinan belajar siswa yang baik, maka hasil belajar akan semakin baik pula.
ENGLISH:
Teaching and learning activities are activities that are most central to the whole process of education in schools, this means that the success or failure of education goals a lot depends on how the learning process experienced by students as a protege. One of the factors that affect learning outcomes is a teacher. Teachers as educators demanded increasingly play a role in preparing and transform itself to become a qualified teacher.
This study aims to determine: 1. The influence of teachers 'teaching skills (X₁) on student learning outcomes (Y), 2. The discipline of student learning (X₂) of the student learning outcomes (Y), 3. teachers' teaching skills (X₁) and the discipline of learning students (X₂) of the student learning outcomes (Y).
This research is quantitative research conducted in SDN Dinoyo 01 Malang. The subjects included 41 students. Data collection techniques for variable discipline teachers' teaching skills and student learning using a questionnaire. As for the variables of student learning outcomes obtained from data on the average value of first semester final exams of the school year 2015-2016. For testing using a test instrument validity and reliability. As for the technique of data analysis using multiple linear regression with t test and f.
The results showed that the partial no significant negative effect between teaching skills of teachers to student learning outcomes. This is evidenced by the t test, the results obtained by the t -2.436> 2.021 t table, with a significance value of 0.02 <0.05 and a coefficient -0.599. This happens because the students of SDN 01 Dinoyo Malang consider teaching quality of teachers belonging to the poor category. While the students learn discipline by partial or significant positive effect on student learning outcomes, because t count 2.436> 2.021 t table, with a significance value of 0.02 <0.05 and a coefficient of 0.499. It can be concluded that the better discipline of student learning, increasing student learning outcomes. Simultaneously there is a positive influence or significantly between teachers' teaching skills and discipline of student learning to the learning outcomes of students with f count 4.238> 3.23 f table with significant values <0.05. From the analysis of these data, it can be concluded that the better the teaching skills of teachers are supported with good discipline student learning, the learning outcomes will be better anyway.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keterampilan Mengajar; Kedisiplinan Belajar; Hasil Belajar; Teaching Skills Learning; Dicipline Study; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nugroho Dwi Setyanto | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 21:31 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2016 21:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4112 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |