Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Pasuruan

Masruroh, Ninik (2008) Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (779kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan merupakan faktor utama dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu dalam melaksanakan proses belajar mengajar suatu lembaga harus memiliki kurikulum. Dengan adanya kurikulum proses belajar mengajar dapat terarah. Fokus masalah skripsi ini telah diarahkan kepada studi tentang implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di SMAN 3 Pasuruan, yang meliputi: kompetensi pendidikan agama Islam, pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam, evaluasi pendidikan agama Islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan pemilihan metode kualitatif berdasarkan tujuan, yaitu memperoleh paparan data berdasarkan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah, setelah berbagai data terkumpul maka untuk menganalisanya digunakan tehnik analisa deskriptif, artinya peneliti berupaya menggambarkan kembali data-data yang terkumpul. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 difokuskan pada proses belajar mengajar dikelas. Standar kompetensi pendidikan agama Islam di SMAN 3 sudah tergolong bagus baik dari segi kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh guru agama maupun dari segi kemampuan anak didik dalam menerima pelajaran, sehingga anak didik dapat mendemonstrasikan hasil belajarnya sebagai penerapan dari pengetahuan yang telah diperoleh selama proses belajar mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pihak sekolah melalui wakil kepala bagian kurikulum telah membuat program untuk memperlancar kegiatan pembelajaran yaitu meliputi: perencanaan kalender pendidikan, pembagian jadwal jam pelajaran, jadwal kegiatan diluar kelas, serta melengkapi buku-buku referensi. Sedangkan program evaluasi pendidikan agama Islam telah terlaksana setiap satu tahun sekali yang meliputi evaluasi metode pembelajaran, materi-materi pembelajaran, serta masalah lainnya terkait dengan proses belajar mengajar.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut: dalam melaksanakan kurikulum pendidikan agama Islam di SMAN 3 Pasuruan, agar kepala sekolah bersama wakil kepala bidang kurikulum terus melakukan pengawasan dan evaluasi dalam proses pembelajarannya, mengadakan studi banding, dan orang tua siswa, bahwa keberhasilan dalam menerapkan kurikulum pendidikan agama Islam telah menjadi tanggung jawab bersama, sehingga mereka juga harus memberikan kontribusi yang nyata terhadap berbagai program pendidikan yang dilakukan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Maimun, Agus
Keywords: Implementasi; Kurikulum; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 04 Aug 2016 15:12
Last Modified: 04 Aug 2016 15:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item