Samsul, Samsul (2008) Konstruksi kebebasan manusia dan implikasinya dalam pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00110169.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (646kB) |
Abstract
ABSTRAK
Masalah kebebasan memang merupakan persoalan yang sangat penting (urgen) sekali untuk dibicarakan, karena menyangkut fitrah manusia yaitu menerima kebebasan di dunia ini. Kebebasan bukanlah sesuatu yang telah jadi, kebebasan adalah kemungkinan yang diberikan dan nilai yang harus dimenangkan dengan mengatasi sejumlah determinisme. Kebebasan juga berarti bahwa manusia deperlukan sebagai subyek. Manusia yang memiliki kebebasan atas kemauannya tidak dapat menentukan kehendaknya, karena kemampuan akal manusia terbatas. Dalam dunia pendidikan juga harus menerima dan mampu membebaskan manusia. Sebagaimana yang dikatakan oleh –M. Sastrapratedja- pendidikan yang otentik adalah pendidikan dalam kebebasan, yang selalu memberikan kesempatan kepada manusia (anak didik) seluas mungkin sehingga si terdidik dapat mensentisekan secara kaya. Pendidikan Islam juga mempunyai tujuan untuk menciptakan manusia yang mampu menggunakan akalnya sebagai sumber pemikirannya untuk mencapai pada kebenaran yang hakiki.
Berangkat dari beberapa hal di atas, maka diadakanlah penenilitian ini. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kajian pustaka, yaitu menampilkan argumentasi penalaran keilmuan yang memaparkan hasil kajian pustaka dan hasil pikir peneliti mengenai suatu masalah (topik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep konstruksi kebebasan manusia, konsep pendidikan Islam dan komstruksi kebebasan manusia dan implikasinya dalam pendidikan Islam. Kajian semacam ini memuat atau menggali gagasan proposisi yang berkaitan dan harus didukung oleh data atau informasi yang diperoleh dari sumber pustaka (literatur). Dengan landasan filosofis yang kualitatif dan rasionalistik. Pustaka untuk kajian ini, dapat berupa jurnal ilmiah, skripsi, makalah, seminar, diskusi ilmiah, atau terbitan resmi negara maupun balai penerbitan, manuskrip. Yaitu bahan-bahan dalam rangka mendukung gagasan- gagasan atau proposisi penulis untuk menghasilkan sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebebasan manusia adalah kemerdekaan dan pembebasan dari belenggu kebendaan dan kerohaniaan yang merupakan penindasan struktural maupun kultural, baik politik, hukum, ekonomi dan sebagainya. Pendidikan Islam adalah suatu proses penyiapan ganerasi muda baik mental maupun spiritual untuk menjalankan kehidupan serta proses penemuan eksistensinya dalam menghadapi masa depan. Konstruksi kebebasan manusia dan implikasinya dalam pendidikan Islam adalah usaha untuk menumbuhkan suasana yang kritis, kreatif dan konstruktif dalam mengembangkan potensi manusia untuk menghadapi tantangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kebebasan Manusia; Pendidikan Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 22:15 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2023 09:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4107 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |