Aktualisasi budaya religius pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan siswa studi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Singosari Malang

Kiki, Rizqiah (2016) Aktualisasi budaya religius pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan siswa studi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini berangkat dari berbagai macam dampak arus globalisasi dan modernisasi yang demikian cepat sehingga perlu mempersiapkan manusia-manusia yang memiliki dua kompetensi sekaligus; yakni Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan spiritual keagamaan tentang Iman dan Taqwa (IMTAQ). Lahirnya madrasah dari rahim pesantren diharapkan kedua lembaga ini dapat memenuhi kebutuhan perkembangan siswa secara berimbang. Aktualisasi budaya religius yang tercermin dari berbagai kegiatan dan tata tertib yang dibuat dan disepakati bersama adalah upaya yang diberlakukan pesantren untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah yang terintegrasi dalam kesatuan pengelolaan lembaga pendidikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan budaya religius pesantren dalam pembentukan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Singosari Malang, (2) mendeskripsikan aktualisasi budaya religius pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Singosari Malang, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat aktualisasi budaya religius pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Singosari Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Singosari Malang. Tujuan agar memperoleh gambaran realitas sesuai fenomena yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrument kunci.

Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: 1) Budaya religius pesantren berupa menghafal Al-Qur’an, mengkaji kitab dan pembinaan shalat berjama’ah dengan keteraturan keseluruhan program yang telah terjadwal. 2) Aktualisasi budaya religius ditandai dengan meningkatnya kedisiplinan siswa di sekolah menggunakan upaya penanaman kedisiplinan melalui: a) Dengan pembiasaan, pada pembinaan shalat baik wajib atau sunnah. b) Dengan contoh dan teladan, seperti halnya pada budaya religius mengkaji kitab, secara pengetahuan santri diberikan contoh cara berwudhu dan shalat yang baik dan benar dan secara tindakan akan langsung diaktualisasikan santri pada saat beribadah. c) Dengan penyadaran, seperti santri terus membaca dan mengulang-ulang kembali hafalan Qur’annya, santri menyadari ketika ia malas maka akan tertinggal dengan teman-teman yang lain d) Dengan pengawasan atau kontrol, dalam menghafal Al-Qur’an yaitu dengan buku monitoring tahfidz juga pada pembinaan shalat jama’ah yang dikontrol berdasarkan presensi. 3) Faktor pendukung yakni adanya kerjasama penyelarasan peraturan sekolah dengan pesantren, kesamaan ketercapaian materi pelajaran yang ingin dicapai.

ENGLISH:

This study departs from the various effects of globalization and modernization is so fast that it needs to prepare human beings who have the two competencies at once; namely Science and Technology (Science and Technology) and the religious spiritual faith and Taqwa (IMTAQ). The birth of the uterus boarding madrassas of these two institutions are expected to be able to meet the developmental needs of students equally. Actualization of religious culture which is reflected in the various activities and procedures are created and agreed upon is the effort to improve discipline enforced boarding of students in the school are integrated in educational institution management unit.

The purpose of this study was to: (1) know the culture of the religious boarding school in the formation of student discipline in Government Elementary School Al-Maarif 02 Singosari Malang, (2) determine the actualization of the religious culture of schools in improving student discipline in Government Elementary School Al-Maarif 02 Singosari Malang, (3) determine the factors supporting and hindering the actualization of the religious culture of schools in improving student discipline in Government Elementary School Al-Maarif 02 Singosari Malang.

This research uses descriptive qualitative research approach. Object under investigation is the Government Elementary School students of Al-Maarif 02 Singosari Malang. The aim to obtain a picture of reality is a phenomenon that occurs in the field through data collection to avail ourselves of researchers as a key instrument.

The results of the study in the field shows that: 1) Culture religious boarding school in the form of memorizing the Quran, reviewing the book and coaching prayer congregation with the overall regularity scheduled programs. 2) Actualization of religious culture is characterized by increasing discipline students in schools using instill discipline through: a) By habituation, the coaching either mandatory or sunnah prayers. b) With the example and role model, as well as on religious culture reviewing the book, in the knowledge students are given an example of how to perform ablution and prayer is good and true and immediate action will be actualized students at the time of worship. c) With awareness, as students keep reading and repeating back his Quran recitation, students realize when he is lazy it will be left behind with other friends d) the supervision or control, in memorizing the Quran is the book monitoring Tahfidz also on building the congregation prayer is controlled by presence. 3) Factors supporting the cooperation alignment school rules with schools, equal achievement of the subject matter to be achieved.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Budaya Religius; Pesantren; Kedisiplinan; Cultural Religious; School; Discipline
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nugroho Dwi Setyanto
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:31
Last Modified: 04 Aug 2016 14:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item