Setiyowati, Eli (2008) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam usaha meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SDN Kedung Rawan I Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03140055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (623kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Mengelola dan mengembangkan Sekolah menjadi maju dan bermutu terletak pada mutu warga sekolah, misalnya: Kepala Sekolah, Guru, Staf administrasi, Siswa, Masyarakat serta iklim dan kultur disekitarnya. Untuk mengelola Sekolah, di perlukan Kepala Sekolah yang dapat mengatur seluruh potensi sekolah agar berfungsi dengan baik untuk mendukung tercapainya tujuan Sekolah. Sebagai pemimpin Pendidikan, Kepala Sekolah bertanggung jawab untuk pertumbuhan Guru secara continue. Dengan praktek Demokratis ia harus mampu membantu Guru untuk mengenal kebutuhan masyarakat sehingga tujuan Pendidikan bisa memenuhi syarat tersebut dan ia harus mampu membantu Guru untuk mengevaluasi program Pendidikan dan hasil belajar murid.
Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong Sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi dan sasaran Sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap.oleh karena itu, Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan pemimpin yang baik.
Salah satu unsur untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional lebih-lebih ditingkat Sekolah maka pertama tidak lepas dari usaha, yaitu dengan cara-cara tertentu. Akan tetapi SDN Kedung Rawan I Kabupaten Sidoarjo termasuk lembaga Negeri diwilayah Kabupaten Sidoarjo yang masih mampu bertahan dalam mutu pendidikan agama Islam.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Usaha Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SDN Kedung Rawan I. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk. Untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Penididikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam dan Mengetahui Usaha apa saja yang dilakukan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Penelitian penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatf, yaitu reduksi data penyajian data dan vertivikasi yang berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan pengecekan keabsahan data yaitu dengan tringulasi yaitu kredibilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas dan juga menggunakan bahan refrensin untuk memudahkan peneliti dalam pengecekan data.
Sebagai kesimpulan dari penelitian tersebut. Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam usaha maningkatkan mutu pendidikan Agama Islan menunjukkan tergolong baik, karena bapak kepala sekolah sudah melakukan supervisi guna untuk memperbaiki dan memberi pembinaan terhadap para guru khususnya guru pendidikan agama Islam dalam masalah proses belajar mengajar. Selalu membenahi ketrampilan para guru dan juga mendampingi para guru kesulitan dalam membuat suatu program pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Disamping itu juga,Usah kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam ini merupakan suatu lembaga yang tergolong baik dan sudah memiliki kreadibilitas yang baik dalam pandangan masyarakat desa Kedung Rawan maupun tingkat kecamatan.usaha yang dilakukan kepala sekolah yaitu adanya kontrol guru terhadap siswa, menganjurkan untuk berbusana muslim,adanya kegiatan keagamaan, menambah jam pelajaran pendidikan Agama Islam, perhatian pada peserta didik, pembinaan keagamaan dan melengkapi buku perpustakaan khususnya dalam bidang Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Satral, Satral | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala sekolah Sebagai Supervisor; Mutu Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 22:17 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2016 22:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4101 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |