Kusumawardani, Caesar Aldila (2021) Analisis tuturan guru dalam berinteraksi di kelas dengan pendekatan pragmatik SDN 4 Wandanpuro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tuturan adalah sesuatu yang dituturkan; ucapan; ujaran. Tuturan adalah suatu ujaran dari seorang penutur terhadap mitra tutur (pendengar) ketika sedang berkomunikasi. Sebuah usaha untuk mengungkapkan apa yang ada dalam diri mereka, orang-orang tidak hanya menghasilkan tuturan yang mengandung kata-kata dan gramatikal saja, tetapi mereka juga memperlihatkan tindakan-tindakan melalui tuturan itu. Disini guru sebagai penutur dan siswa adalah mitra tutur.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bentuk tuturan guru dalam berinteraksi di dalam kelas dengan pendekatan pragmatis di kelas III SDN Wandanpuro 04. (2) mendeskripsikan jenis kalimat dalam tuturan guru dalam berinteraksi di dalam kelas dengan pendekatan pragmatis di kelas III SDN Wandanpuro 04.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sebab tujuan penelitiannya adalah menganalisis tuturan guru ketika berinteraksi di kelas dengan pendekatan pragmatis, yang akan dipaparkan secara natural/alami apa adanya. Subyek penelitian ini adalah guru kelas III dengan siswa sebagai obyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan simak. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk tuturan yang sering dituturkan oleh guru ketika berinteraksi di dalam kelas dengan siswa adalah lokusi ketika berkomunikasi diluar pelajaran, ilokusi ketika guru memiliki maksud dan tujuan agar siswa melaksakan tuturan guru dan perlokusi ketika guru memuji atau memberi hukuman. (2) Jenis kalimat tuturan yang sering dituturkan oleh guru ketika berinteraksi di dalam kelas dengan siswa adalah representatif dituturkan ketika guru menjelaskan materi pelajaran, direktif dituturkan ketika guru memerintah siswa, ekpresif ketika guru memuji atau menghukum siswa, komisif ketika guru melaksakan hal telah dituturnya, dan deklaratif yaitu ketika guru memberikan pengumuman dan tugas rumah.
ENGLISH:
Speech is something that is spoken; saying; speech. Speech is an utterance from a speaker to a speech partner (listener) when communicating. In an attempt to express what is in themselves, people not only produce utterances that contain words and grammatical only, but they also show actions through the utterances. Here the teacher is the speaker and the student is the speech partner.
The aims of this study were to: (1) describe the teacher's speech form in interacting in the classroom with a pragmatic approach in class III SDN Wandanpuro 04. (2) describe the types of sentences in the teacher's speech in interacting in the classroom with a pragmatic approach in class III SDN Wandanpuro 04.
This research approach is a qualitative approach, because the purpose of the research is to analyze the teacher's speech when interacting in the classroom with a pragmatic approach, which will be explained naturally as it is. The subjects of this study were third grade teachers with students as objects. The data collection techniques used were observation, interviews, documentation, and listening. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presenting data and drawing conclusions.
The results showed that: (1) The forms of speech that are often spoken by teachers when interacting in class with students are locutions when communicating outside of lessons, illocutions when the teacher has the intent and purpose for students to carry out the teacher's speech and perlocutions when the teacher praises or gives punishment. (2) The types of speech sentences that are often spoken by the teacher when interacting in the classroom with students are representative when the teacher explains the subject matter, directive when the teacher orders the students, expressive when the teacher praises or punishes students, commissive when the teacher does what he has said, and declarative, namely when the teacher gives announcements and homework assignments.
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |