Mahfud, Elfa Rosyida (2016) Strategi guru dalam mengatasi rasa jenuh siswa kelas 2A di Full Day School SD Islam Tompokersan Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah hal yang penting dalam kehidupan seseorang, pendidikan juga merupakan bagian terpenting bagi negara maupun pemerintah. Pada era reformasi ini, pembaharuan demi pembaharuan selalu diupayakan agar pendidikan benar-benar memberikan kontribusi yang signifikan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Jika memperbincangkan tentang dunia pendidikan saat ini, pasti tidak terlepas dengan istilah Full Day School. Full Day School merupakan suatu sekolah yang dirancang sedemikian rupa layaknya sekolah formal, selain itu juga di desain mampu memberikan harapan pasti terhadap masyarakat. Kesuksesan sebuah pendidikan terletak pada kurikulum, kurikulum yang diterapkan harus relevan dengan kebutuhan anak didik dan tuntutan orang tua. Selain sekolah harus menampilkan ciri khas yang dapat dilirik oleh masyarakat, selain itu yang paling utama, sekolah mampu memastikan bahwa sekolah tersebut benar-benar mempunyai kelebihan dalam berbagai hal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pelaksanaan Full Day School di SD Islam Tompokersan Lumajang, (2) mengetahui strategi guru dalam mengatasi rasa jenuh pada siswa kelas 2a di Full Day School SD Islam Tompokersan Lumajang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis secara induktif. Teknik analisa data terdiri dari 3 pokok, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan full day school di SD Islam Tompkersan Lumajang di mulai sejak tahun 1997. Strategi guru dalam mengatasi rasa jenuh siswa kelas 2a di SD Islam Tompokersan Lumajang yaitu menggunakan beberapa metode/teknik dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Metode/teknik yang digunakan oleh guru kelas 2a adalah Metode tutor sebaya, bermain peran, karya wisata, bernyanyi, metode demonstrasi, permainan, outing class, ceramah, diskusi, pemberian motivasi, reward, ice breaking, merubah tempat duduk. Selain menggunakan beberapa metode di atas untuk mengatasi rasa jenuh siswa di kelas 2a juga harus pandai dalam menggunakan keterampilan dalam menggunakan variasi dalam kegiatan pembelajaran. keterampilan menggunakan variasi di kelas 2a meliputi :a.Variasi gaya mengajar: variasi suara, variasi gerak, variasi perubahan posisi, b. Variasi media pengajaran, c.Variasi dalam penggunaan metode.
ENGLISH:
Education is a part of someone life. Education is not only importance for country, but also goverment. In the reformation period, development by development has always been effortin order to education gives real significant contribution to enrich the life of nation. If we are talking about education right now, it is not separated by the name of Full Day School. It is planned for formal school. In other that, it is designed to give wishes for society. The success of education is on curriculum. It has to relevant on the student need and parents demand. Beside, school has showed charactetistic to be intended by society. In other hands, the school must be able to prove that it is better than other.
The aim of this researchis to (1) know full day school implementation in SD Islam Tompokersan Lumajang, (2) to know the teacher strategy to solve bored feel for second grade student in full day school of SD Islam Tompokersan Lumajang.
In this case, the writer used qualitative research. This research used descriptive qualitative by collecting the data, such as: interview, observation, and documentation. After colleting the data, the write tried to analyze by inductive method. Data analyzed method consist of three parts. They are education data, presentation data, and concluding data.
The result of the research for full day school implementation since 1997. The school uses Diknas Curriculum and SDI curriculum. The teacher’s strategy for overcoming bored feel of students in second a class in Islamic Elementary School Tompokersan Lumajang is using some methods for giving the chapter in learning until the learning purpose can reach by well. The method used by teacher is a peer tutor, role play, field trips, singing, demonstration, games, outing class, lectures, discusion, giving a motivation, reward, ice cream and changing the seat. Except the teacher use some methods above, the teacher must be clever for using a creativity in learning. The creativity using a variation in class 2a likes: a. Variation in learning style, Variation in learning motion, Variation in changing the position, b. Variation in learning media, c. Variation in methods.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru; Rasa Jenuh; Full Day School; Teacher Strategy; Bored | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nugroho Dwi Setyanto | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 21:31 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2016 21:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4100 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |