Romli, Nurul Faizah (2016) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jerukpurut 1 Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki siswa yang sudah seharusnya dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek psikologis yang sangat perlu untuk diperhatikan dan dipahami oleh guru. Karena pada saat anak memasuk usia sekolah, perkembangan psikologis anak mengalami perkembangan yang sangat cepat. Dengan memasuki sekolah berarti dunia dan minat anak bertambah luas, dan dengan meluasnya minat maka bertambah pula pengertian tentang manusia dan objek-objek yang sebelumnya kurang berarti bagi anak. Dalam keadaan normal, pikiran anak usia sekolah berkembang secara berangsur-angsur.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis seberapa tinggi kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru Sekolah Dasar Negeri Jerukpurut 1; (2) seberapa tinggi kemampuan berpikir kritis siswa; serta (3) adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian korelasional merupakan studi korelasi yang mempelajari hubungan dua variabel atau lebih, yakni sejauh mana variasi dalam suatu variabel berhubungan dengan variasi dalam variabel lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar Negeri Jerukpurut 1 kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dapat dipengaruhi oleh kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru. (2) Berdasarkan hasil pengujian regresi linear sederhana maka diperoleh nilai Intercept (a) sebesar 47,971, sedangkan koefisien regresi (b) sebesar 0,318 dengan tanda positif. Berdasarkan hasil tersebut maka diperoleh model persamaan regresi Y=47,971+0,381X. (3) Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dengan cara mengkuadratkan koefisien korelasi yang menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,468 dengan R Square sebesar 0,219 atau setara dengan 21,9% yang berarti bahwa Pengaruh Kompetensi Profesinoalisme Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sebesar 21,9% sedangkan 78,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
ENGLISH:
Critical thinking skill is one of the most important capabilities that must be developed by educators during their teaching and learning process inside the classroom. Seen from the psychological perspective, in order to succeed its implementation, teacher must very understand about it. During the school age, children are engaged in a continuous process of learning about themselves and their world. As they mature, that world expands from their home and parents to siblings to peers and, eventually, to people and places they know about but may never actually see. Thus, under normal circumstances, the thought of school age children growing gradually.
There are many factors affect the student’s critical thinking. Accordingly, this research aimed to (1) analyse the level of teacher’s professionalism competencies toward the student’s critical thinking skills at SDN Jerukpurut 1, (2) how was the student'S critical thinking skill ability, and (3) is there any correlation between the teacher’s professional competencies with the student’s critical thinking skill ability.
This study used correlational research design. Correlational research design aimed to see the relationship between two or more variable. It is trying to determine if there is a relationship or co-variation between the two variables.
The result of the study showed (1) that there is a correlation between the teacher’s professional competencies with students’ critical thinking skills at SDN Jerukpurut 1 Gempol, Pasuruan. (2) The test result of simple linear regression analysis showed that the value of Intercept (a) 47.971, while the regression coefficient (b) + 0.318. Accordingly, it obtained regression model Y = 47.971 + 0,381X. (3) Furthermore, in regards to the calculation of coefficient determination by squaring the correlational coefficient, the value obtained was 0.468 with R Square 0.219, equivalent to 21.9% which means the Influence of Teacher’s Professional Competencies toward the Student’s Critical Thinking Skills was 21.9%, while 78.1% are influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Profesional Guru; Kemampuan Berpikir Kritis; Teacher’s Professionalism Competencies; Critical Thinking Skills | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nugroho Dwi Setyanto | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2016 21:32 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2016 21:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4093 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |