Luqiyanto, Abdul Lathif (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi lingkungan alam dan buatan untuk peningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Hasanuddin Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar adalah suatu akibat dari proses belajar dengan menggunakan alat pengukuran, yaitu berupa tes yang disusun secara terencana, baik tes tulis, tes lisan maupun tes perbuatan. Untuk mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif untuk penunjang guru dalam pembelajaran agar siswa lebih tertarik dalam belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III, (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial materi lingkungan alam dan buatan melalui penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif di kelas III, (3) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III.
Dalam pengembangan media ini, peneliti menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall dengan sepuluh langkah yang sistematis di dalamnya. Akan tetapi dalam pengembangan ini hanya delapan tahap yang diambil oleh peneliti, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Perencanaan, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Prosedur produk pengembangan media pembelajaran ini ditempuh melalui beberapa tahap yang pertama, tahap studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan, kedua yaitu tahap pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif. Multimedia ini memiliki kelayakan dari para ahli (1) ahli isi mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sebesar 85%, (2) ahli desain media sebesar 85% dan (3) ahli pembelajaran sebesar 89%. Sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 2,57 ≥ 2,14 artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Dengan demikian, pengembangan sudah dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
The result of learning is a consequence from learning process using a measurement, such as tests arranged in a planned manner, writing test, oral test, and action test. In purpose to attain result which appropriate the learning objectives, then teacher need better efforts to choose and apply the strategy, the method, and the medium of instruction. So that way, needed developing of learning medium such as interactive multimedia to support a teacher to make students more interest in learning process.
The purpose in this research is (1) detect a development of the medium of instruction process multimedia interactive base on social science to improve result learning of student at grade three. (2) detect a expediency learning media development to improve result in social science on Subject of natural and experimental using learning media based on interactive multimedia at grade three. (3) detect a influence using learning media based on multimedia interactive in social science to improve result learning of student at grade three.
This development media, researcher use development model follow along Borg and Gall that has ten step which systematic. But in this development researcher only use eight step,(1) Potential and problem, (2) Planning, (3) Design, (4), Design validity, (5) Design revision, (6) Product tester, (7) Product revision (8) The test.
The result of this research sign that, Product learning media development procedure has two step. The first is introduction studies necessary analysis. Second is develop multimedia interactive as learning media. This multimedia has expediency from specialists, (1) specialist of social science subject 85% (2) specialist of media design 85% (3) specialist of learning 89%. Meanwhile on test count t manual sense degree 0,05 result obtained t count≥ t table is 2,57 ≥2,14. It is mean Ho rejected and H1 accepted. So there is influence which significance about learning media developed. Thus, development has been categorized proper to use in education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubaligh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Hasil Belajar; Learning Media Development; Multimedia Interactive; The Result of Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nugroho Dwi Setyanto | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2016 15:48 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2016 15:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4087 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |