Pengembangan bahan ajar berbasis praktikum pada materi sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketidur Kutorejo Mojokerto

Arini, Nimas Permei (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis praktikum pada materi sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketidur Kutorejo Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12140044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan bahan ajar berbasis praktikum pada materi sifat-sifat cahaya merupakan salah satu sarana guna membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran, karena siswa memperoleh pengalaman nyata dan bermakna sehingga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dipahami dan diingat dengan baik oleh siswa. Bahan ajar ilmu pengetahuan alam yang dikembangkan adalah dengan berbasis praktikum pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD/MI semester II.

Tujuan peneliti mengembangkan bahan ajar ini adalah: (1) Menghasilkan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam berbasis praktikum pada materi sifat-sifat cahaya. (2) Mengetahui tingkat efektifitas dan kemenarikan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam berbasis praktikum pada materi sifat-sifat cahaya. (3) Mengetahui pengaruh bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam berbasis praktikum pada materi sifat-sifat cahaya terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Ketidur Kutorejo Mojokerto.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D), dengan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur rancangan dan pengembangannya. Subyek penilaian produk untuk kelayakan bahan ajar terbatas pada tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD/MI, sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas V B SDN Ketidur Mojokerto yang berjumlah 20 siswa.

Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam berbasis praktikum memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 94%, ahli desain mencapai 94%, ahli pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V mencapai 90%. Nilai rata-rata post-test kontrol mencapai 77,3%, dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 94,7%. Pada uji-t manual dan SPSS diperoleh thitung sebesar 7,98 dengan tingkat kemaknaan 0,05 (5%) denngan derajat kebebasan (db=19) adalah 2.093, jadi thitung (7,98) > ttabel (2,093). Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima, karena thitung lebih besar dari ttabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas V B SDN Ketidur Mojokerto yang menggunakan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam berbasis praktikum dari produk pengembangan.

ENGLISH:

Development of instructional materials of natural sciences based on practicum of nature light material is one of the means to help improve understanding of the concept of students in learning, because students gain real experience and meaningful so that the subject matter presented by the teacher can be understood and remembered well by the students. An instructional material science has developed is based on practicum of nature light material class V SD / MI the second semester.

The goals of teaching materials development are: (1) Produce development of instructional materials of natural sciences based on practicum of nature light material. (2) Determine the effectiveness and attractiveness of instructional materials of natural sciences based on practicum of nature light material. (3) Determine the influence of instructional materials of natural sciences based on practicum of nature light material towards an improved understanding of the concept of class V students of SDN Ketidur Kutorejo Mojokerto.

The research method used the Research and Development (R & D), with Borg and Gall development model that has ten steps in the procedure design and development. The subject of product assessment for eligibility of teaching materials was limited to three experts that materials experts, design experts and learning experts of Natural Sciences class V SD / MI, target product trials were all students of class V B SDN KetidurMojokertowith totaling of 20 students.

The results of the research development of instructional materials of natural sciences based on practicumwith valid criteria with the test results matter experts reached the level of validity of 94%, reached 94% of design experts, teaching experts of Natural Sciences V class reached 90%. The average value of post-test control reached 77.3%, and the average value of the post-test experimental group 94.7%. In the t-test and SPSS manual obtained tcount of 7.98 with a significance level of 0.05 (5%) with degrees of freedom (db = 19) was 2,093, so tcount (7.98)> t table (2,093). The hypothesis results showed that Ha was accepted, because tcount was greater than ttable, so it can be concluded that there were significant differences on the understanding of the concept of fifth grade students of SDN Ketidur B Mojokerto which usedinstructional materials of Natural Sciences based on practicum of development product.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bashith, Abdul
Keywords: Bahan Ajar; Praktikum; Pemahaman Konsep Siswa; Instructional Materials; Practicum; Studentsconcept Understanding
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nugroho Dwi Setyanto
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:48
Last Modified: 03 Aug 2016 08:48
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item