Mukarromah, Nuckfi (2016) Persuasive strategies used in slogan of IPhone advertisements. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12320107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini meneliti tentang stategi persuasif yang digunakan pada slogan iklan IPhone. Penelitian ini difokuskan untuk menemukan macam-macam strategi persuasif pada slogan iklan IPhone dan juga bagaimana pembuat iklan mengimplementasikan strategi persuasif pada slogan iklan IPhone. Persuasi adalah fungsi komunikatif yang digunakan untuk membujuk dan meyakinkan seseorang di berbagai keadaan yang berbeda melalui perantara bahasa. Kebanyakan orang menggunakan persuasi untuk mencapai tujuan mereka berkomunikasi. Dan persuasi paling sering digunakan pada iklan atau sponsor untuk membujuk konsumen agar membeli produk mereka.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif qualitatif dan menggunakan pendekatan analisis wacana. Sedangkan data pada penelitian ini adalah segala bentuk kalimat, ujaran dan gambar yang ada pada iklan IPhone yang menggandung strategi persuasif. Peneliti menggunakan teori strategi persuasif menurut Gorys Keraf dan teknik persuasi menurut Aristotle untuk menganalisis data.
Berdasarkan data yang telah dianalisis, peneliti menemukan 6 macam strategi persuasif yang digunakan pada slogan iklan IPhone. Strategi tersebut yaitu rasionalisasi, identifikasi, hipnotis, persesuaian, penggantian dan pemindahan strategi. Strategi yang paling banyak digunakan yaitu rasionalisasi, penggantian dan hipnotis strategi. Pembuat iklan menggunakan teknik ethos, logos dan pathos dalam mengimplementasikan strategi persuasif pada slogan iklan IPhone. Kebanyakan, pembuat iklan berusaha memperlihatkan perbedaan keunggulan yang dimiliki pada setiap IPhone (ethos). Pembuat iklan juga memilih kata-kata yang kuat dan meyakinkan pada slogan. Disamping itu, pembuat iklan juga mengkombinasikannya dengan memperlihatkan gambar layar dengan keunggulan aplikasi yang dimiliki pada iklan (logos). Dan juga, pembuat iklan berusaha untuk mendapatkan respon emosi dari pembeli untuk mendapatkan perhatian mereka. Hal tersebut yang akan membuat iklan menjadi semakin menarik dan meyakinkan.
Pada akhirnya, peneliti berharap agar penelitian ini akan memberikan kontribusi untuk para pelajar dalam mempelajari tentang strategi persuasif dan juga untuk peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti tentang strategi persuasif.
ENGLISH:
This research investigates the persuasive strategies used in slogan of IPhone advertisements. The investigation focuses to find out the kind of persuasive strategies in slogan of IPhone advertisements and also the way the advertiser implemented persuasive strategies in slogan of IPhone advertisements. Persuasion is communicative function use to persuade people in many different situations through language. Mostly, people use persuasion to achieve the goal of the communication. It is frequently used in the advertising to persuade the consumers to buy their products.
This research is a descriptive qualitative research and uses discourse analysis approach. The data of this research are all sentences, utterances and pictures in the IPhone advertisements which contain and perform persuasive strategies. The researcher uses Gory’s keraf and Aristotle theory about persuasive strategies to analyze the data collection.
Based on the data analysis, the researcher found that there are six kinds of persuasive strategies used in slogan of IPhone advertisements. They are rationalization, identification, hypnotic, conformity, compensation, and displacement strategy. The most frequent strategy used in slogan of IPhone strategy is rationalization, compensation, and hypnotic strategy. The advertiser used ethos, logos and pathos techniques in implementing the persuasive strategies in slogan of IPhone advertisement. Mostly, the advertiser showed the credibility and superiority of each IPhone in every advertisement (ethos). The advertiser also chooses strong and convincing words in the slogan of statements. Besides, the advertiser also combines with display screen of the superiority application as the evidences (logos). In addition, the advertiser also tried to take the consumer’s emotion to get their attention (pathos). It makes the advertisement more interesting and convincing.
Finally, the researcher hopes that this research will give contribution to the students in learning persuasive strategies and for the next researchers who interested in persuasive strategy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Persuasive; Slogan; Iklan IPhone; Persuasive Strategies; IPhone Advertisements | ||||||
Departement: | Fakultas Humaniora > Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2016 16:45 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2016 16:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4063 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |